Wednesday, October 28, 2015

latihan soal kelas sembilan


1. perhatikan gambar!
  
Jika diketahui luas penampang A1 = 30 cm2 dan luas penampang A2 adalah 90 cm2 maka gaya pada F1 adalah …

2. perhatikan grafik pemanasan 2,5 kg es berikut!



Bila kalor jenis es 2100 J/kgoC, kalor jenis air 4200 dan kalor lebur es 336.000 J/kg.  berapa banyak kalor yang dibutuhkan dalam proses P-Q-R
 
3. perhatikan gambar!


Massa jenis air adalah 1000 kg/m3. Gravitasi ditempat tersebut adalah 10 m/s. tekanan hidrostatis yang dirasakan oleh ikan adalah....  

4. perhatikan gambar!

Apabila ikan berada di akuarikum seperti terlihat pada gambar, maka tekanan yang dialami oleh ikan tersebut adalah....

5. perhatikan gambar!
 jika gravitasi di tempat tersebut adalah 10 m/s2. carilah perbandingan energi potensialnya!
6. perhatikan gambar!


Agar timbangan menjadi seimbang maka harus ditambah …. Gram

Tuesday, October 13, 2015

RPP IPA kelas 9. 12



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
SMP NEGERI 1 CISALAK
Mata pelajaran:
IPA
Kelas/Semester:
IX / 1
Alokasi Waktu:
3 JP ( 3 X 40 menit)

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI.1   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       KOMPETENSI DASAR
C.       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

1.1.1           Mengagumi anugrah dan rahmat yang telah Tuhan berikan kepada manusia berupa pikiran

2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan

2.2.1.         Menghargai anugrah dan rahmat yang telah Tuhan berikan kepada manusia berupa pikiran


3.6  Mendeskripsikan karakteristik rangkaian listrik, transmisi energi listrik, sumber-sumber energi listrik alternatif (termasuk bioenergi), berbagai upaya dalam menghemat energi listrik, serta penggunaan teknologi listrik di lingkungan sekitar
3.6.1 Menjelaskan prinsip kerja baterai alternatif dari buah.

3.6.2 Menghitung besar arus listrik dalam suatu kawat penghantar.


4.5 Melakukan penyelidikan untuk menemukan karakteristik rangkaian listrik, serta hubungan energi listrik dengan tegangan, kuat arus dan waktu pemakaian

4.4.1.    Mengidentifikasi jenis rangkaian listrik terbuka dan rangkaian listrik tertutup
4.4.3.    Menyelidiki hubungan antarakuat arus, hambatan, dan  tegangan listrik pada suatu rangkaian listrik



D.       Materi Pembelajaran
1.       Materi reguler
A.    Batre dari Buah
Batre dapat dibuat dari buah dengan cara memasang lempeng seng dan lempeng besi pada kedua sisi buah. Lempeng seng berperan sebagai kutub negatif sedangkan lempeng besi berperan sebagai kutub positif sehingga terdaapat beda potensial. Beda potensial inilah yang mendorong elektron – elektron untuk bergerak sehingga timbul arus listrik.
B.     Rangkaian Terbuka dan Rangkaian Tertutup
Rangkaian listrik adalah rangkaian alat-alat listrik yang terdiri dari sumber arus listrik, saklar, lampu (atau alat listrik lain) dan penghantar (kabel).
Rangkaian terbuka adalah rangkaian listrik ketika saklar pada posisi off, tidak ada arus listrik yang mengalir.
Rangkaian tertutup adalah rangkaian listrik pada saat saklar pada posisi on, arus listrik akan mengalir.
C.     Arus Listrik
Arus listrik adalah muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Arus listrik akan mengalir bila ada beda potensial listrik. Arus listrik mengalir dari potensial tinggi ke potensial rendah.
2.       Materi pengayaan
A.    Soal – soal tingkat tinggi tentang rumus arus listrik
B.     Rangkaian Listrik dalam kehidupan sehari-hari
3.       Materi remedial
A.    Rumus arus listrik
I 
Dengan I = arus listrik (A)
              Q=muatan Listrik ( C )
               T= waktu ( s )
B.     Hubungan antara arus listrik, hambatan dan tegangan listrik
V = I . R
Dengan V = tegangan listrik ( volt )
                I = arus listrik ( ampere)
               R = hambatan listrik ( ohm )

E.        Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan Pertama: ( 3 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan

·         guru mengucapkan salam dan mengajak peserta didik untuk berdoa, kemudian mengecek kehadiran peserta didik
·         Guru menyampaikan Kompetensi yang akan dicapai kemudian mengaitkan pembelajaran dengan materi sebelumnya.
·         Peserta didik diarahkan untuk bisa  mengagumi keagungan Tuhan atas apa yang diciptakan Nya
·         Guru menyampaikan rencana penilaian

10 menit
Kegiatan Inti


Stimulation (pemberian rangsangan )
· Disajikan tayangan percobaan tentang buah jeruk yang dihubungkan dengan amperemeter dengan menggunakan kabel, peserta didik mengamati apa yang terjadi
· Disajikan rangkaian listrik yang terdiri dari papan rangkaian, batre, saklar, lampu dan amperemeter. Peserta  didik mengamati rangkaian listrik tersebut
5 menit
Problem Statement (identifikasi masalah)
·   Diharapkan peserta didik bertanya mengapa jarum amperemeter bergerak
·   Kemungkinan peserta didik bertanya:
ü Apa nama alat-alat yang ada pada rangkaian listrik tersebut
ü Apa yang harus dilakukan terhadap rangkaian listrik tersebut
ü Bagaimana cara membaca alat ukur yang ada pada rangkaian
·   Setelah peserta didik menggerakan saklar, mereka akan bertanya mengapa pada saat saklar posisi on lampu menyala tetapi pada saat saklar off lampu mati
·   Setelah menambah jumlah batre, peserta didik bertanya mengapa lampu menyala lebih terang dan mengapa jarum amperemeter bergerak lebih jauh
10 menit
Data collection (pengumpulan data)

·       Peserta didik menggerakan saklar (on dan off )
·       Peserta didik menambah jumlah batre, kemudian memperhatikan nyala lampu, amperemeter dan voltmeter kemudian mencatat angka yang ditunjuk oleh amperemeter dan voltmeter
·       Peserta didik mengamati perubahan pada amperemeter
·       Peserta didik bertanya tentang kesulitan yang mereka hadapi dalam percobaan

15menit
Data Processing (pengolahan data)
·       Peserta didik membuat grafik dari data hasil pengamatan
·       Peserta didik bertanya mengenai kesulitannya  dalam membuat grafik

20 menit
Verification (pembuktian)
·       Mencari informasi melalui buku zat apa yang ada dalam air jeruk sehingga jarum amperemeter bergerak
·       Mengali informasi dalam buku tentang hubungan antara arus listrik, hambatan dan tegangan listrik

10 menit
Generalization (menarik kesimpulan)
·       Setelah mengamati batre dari buah jeruk, peserta didik dapat menyimpulkan bahwa ada arus listrik yang dihasilkan dari air jeruk
·       Setelah menggerakan saklar pada posisi on dan off peserta didik dapat menyimpulkan ada arus listrik yang mengalir pada rangkaian
·   Setelah membuat kesimpulan peserta didik mempresentasikan hasil pengamatannya di depan kelas
·   Membuat laporan hasil praktikum
30 menit
Kegiatan Penutup

·   Menyimpulkan / merangkum materi secara klasikal
·   Melakukan refleksi tentang pembelajaran hari ini
·   Memberikan reward pada kelompok terbaik
·   Memberikan tugas membuat laporan percobaan
·   Menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya
·   Berdoa dan mengucapkan salam

20 menit
Jumlah waktu
120 menit

F.        Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
·       Penilaian sikap
observasi
·       Penilaian pengetahuan
Tes tertulis
·       Penilaian keterampilan
Tes unjuk kerja / praktik
2.       Instrumen penilaian
Pertemuan Pertama
·       Instrumen Penilaian sikap
Lembar Observasi

No.
Nama Peserta Didik
Disiplin
Bertanggung jawab
Teliti
Peduli Lingkungan

























Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan. Kriterianya yaitu:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

Keterangan :
Nilai =  x 4
Skala nilai 1 - 4



·       Instrumen Penilaian pengetahuan
Soal Uraian :
1.       Pada sebuah percobaan lempeng seng dan lempeng besi ditempelkan pada dua sisi buah jeruk yang berbeda, kemudian lempeng seng dan lempeng besi dihubungkan dengan amperemeter. Bila diamati, jarum amperemeter akan bergerak. Jelaskan mengapa bisa terjadi hal tersebut !
2.       Pada sebuah penghantar mengaliir muatan listrik sebesar 5 Coulomb dalam waktu 10 sekon. Hitunglah arus listrik yang mengalir !

Kunci Jawaban :
Jarum ampermeter bergerak berarti dalam rangkaian tersebut ada arus listrik yang mengalir. Hal ini terjadi karena terdapat beda potensial antara lempeng seng dan lempeng besi,  air jeruk berperan sebagai elektolit.
No. Soal
Kunci jawaban
Skor
Skor maksimal
1
Jarum ampermeter bergerak berarti dalam rangkaian tersebut ada arus listrik yang mengalir
10
Skor maksimal untuk no. 1 adalah 30
Hal ini terjadi karena terdapat beda potensial antara lempeng seng dan lempeng besi
10
Air  jeruk berperan sebagai elektolit.

10
2
Menuliskan :
Diketahui :  Q = 5 coulomb
                      t = 10 sekon
5
Skor maksimal untuk no.2 adalah 30
Ditanyakan : I = ...?
5
Jawab : I =
5
I =  
I = 0,5 A
15
Skor total
60

Keterangan :

 Nilai =  x 4
Skala nilai 1 – 4

·       Penilaian keterampilan
Tes unjuk kerja / praktik

Instrumen                               
Nama Siswa
Skor
Total Skor
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
..........




..........
















Rubrik Penilaian
No.
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan
30
·       Menyediakan alat dan bahan dengan lengkap
·       Duduk dalam berkelompok dengan tertib
·       Mempersiapkan lembar kerja
20
Bila hanya 2 aspek terpenuhi
10
Bila hanya 1 aspek terpenuhi
0
Bila tidak ada satupun aspek yang terpenuhi
2
Pelaksanaan Percobaan
30
·       Merangkai alat dengan benar
·       Membaca amperemeter dengan benar
·       Membaca voltmeter dengan benar
20
Bila hanya 2 aspek terpenuhi
10
Bila hanya 1 aspek terpenuhi
0
Bila tidak ada satupun aspek yang terpenuhi
3
Kegiatan Akhir Percobaan
30
·       Mencopot alat-alat praktikum dari papan rangkaian
·       Menyimpan kembali alat praktikum
·       Membersihkan meja praktikum
20
Bila hanya 2 aspek terpenuhi
10
Bila hanya 1 aspek terpenuhi
0
Bila tidak ada satupun aspek yang terpenuhi
Keterangan :
Nilai =  x 4
Skala nilai 1 – 4

3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Pembelajara remedial dan pengayaan dilaksanakan setelah melaksanakan ulangan harian

G.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat
       Alat – alat praktikum listrik yaitu :
·         Papan rangkaian
·         Kabel penghubung
·         Amperemeter
·         Voltmeter
·         Saklar
·         Lampu
Alat penunjang pembelajaran
·         LCD Proyektor
·         Laptop

2.     Bahan
·         Batre dan bahan – bahan lain sesuai LKS

3.     Sumber Belajar
·         Buku siswa
·         Buku guru
·         Internet
·         Lembar kerja siswa

H.       Lampiran

LEMBAR KERJA SISWA
Judul  Percobaan: 
                 Kuat arus dan Tegangan
Tujuan                    :  
                Menghitung kuat arus dan tegangan pada rangkaian dengan menggunakan            basicmeter
Alat dan Bahan:
1.       Voltmeter                                      4.   Sakelar
2.       Ampermeter                                 5.   Baterai 4 buah               
3.       Lampu                                           
Cara Kerja              :
1.       Buatlah rangkaian tertutup sederhana seperti gambar dengan menggunakan 1 buah baterai 














2.       Tutup sakelar, amati voltmeter dan ampermeter, catat hasil pengukuran ke dua alat tersebut ke dalam table
3.       Ulangi langkah 2 dengan mengganti sumber tegangan dengan 2 baterai, 3 baterai dan 4 baterai
4.       Catat hasil pengukuran ke dua alat tersebut ke dalam table
5.       Buka sakelar
6.       Hitunglah hambatan lampu dengan membandingkan kolom beda potensial (V) dan kolom kuat arus (I)
7.       Buatlah grafik hubungan V – I di buku kerjamu


                 
Table hasil pengamatan
Jumlah baterai
Beda potensial
(volt)
Kuat arus
(ampere)
Hambatan
(ohm)
1



2



3



4






Pertanyaan dan Diskusi
Dari kegiatan di atas, diskusikanlah hal-hal di bawah ini :
1.       Bagaimanakah hasil perbandingan beda potensial dengan kuat arus listrik dalam tiap-tiap percobaan ?
2.       Bagaimanakah nyala lampu dalam tiap-tiap percobaan ?
3.       Bagaimanakah bentuk grafik V – I
4.       Apa kesimpulanmu setelah melakukan percobaan ?