Tuesday, September 2, 2014

jalan lintas selatan jawa barat

ok langsung saja. kali ini mau nulis tentang jalan lintas selatan jawa barat. jalan lintas jawa barat bermula dari palabuan ratu. tapi gak terlalu tau yang dari palabuan ratu ke kiara dua.
yang ane tau nih dari kiara dua kabupaten sukabumi hingga ke pangandaran kabupaten pangandaran. perlananan dimulai dari surade kabupaten sukabumi. belok pas ada insomaret (bukan promosi yah tapi emang adanya minimarket itu) menuju ke perkebunan cikaso. menelusuri jalan yang lumayan bagus. setelah melewati perkebunan cikaso maka akan melewati daerah yang dinamakan dengan tegal buleud.
memasuki kabupaten cianjur ketemu lagi dengan perkebunan agrabinta. perkebunan ini lumayan panjang dan jalannya pun hancur pas kecamatan pasir ipis. diawal lumayan bagus jalannya (jika perjalanan dimulai dari surade kabupaten sukabumi.
setelah sampai ke sindang barang yang ditandai dengan jembatan panjang dan lebar yang dipinggirnya ada masjid agung sindang barang. jalan sudah di cor. oh iya informasi SPBU dari mulai pertigaan surade tidak ada SPBU hingga nanti melewati sindang barang cianjur. dari sindang barangpun SPBU masih jauh. tapi jangan khawatir pedagang BBM jenis premium dan solar berserakan di mana2.
perjalanan dilanjutkan hingga nanti ketemu cidaun kabupaten cianjur. setelah itu lanjut ke perempatan rancabuaya kabupaten garut. tapi gak ke pantainya. lanjut ke pameungpeuk masih kabupaten garut. di sini ada SPBU. tapi beberapa kali lewat ngantrinya lumayan panjang terus 8 sampai 10 antrian roda dua.
dari pameungpeuk belok ke arah sancang. jangan lurus yang ke bandung. sancang cibalong dan diteruskan ke perkebunan lagi. perkebunan yang dinamai perkebunan miramare. selanjutnya ke cipatujah dan sudah masuk ke kabupaten garut.
akhirnya sampai ke kecamatan cimerak kabuaten pangandaran. kecamatan paling selatan dari kabupaten pangandaran.
perjalanan dengan sepeda motor dari surade kabupaten sukabumi ke kabupaten pangandaran memerlukan waktu kurang lebih 14 jam dengan 3 kali istrirahat makan






















No comments:

Post a Comment