Friday, July 30, 2010

ujian komprehensif UIN SGD bandung

Pada tanggal 28 juli 2010 avep ahmad muasir mengikuti ujian komprahensif di fakultas tarbiyah dan keguruan Universitas Islam Negeri Sunan gunung Djati Bandung. Ketika upacara pembukaan oleh Pembantu dekan I, Bpak Uus ada beberapa orang yang dikeluarkan. Alasan mereka dikeluarkan berbeda-beda. Ada yang rambutnya panjang. Ada yang karena tidak memakai dasi. Adayang cuma tida menyisir rambutnya. Satu orang perempuan di keluarkan hanya karena tertawa (itupun tidak bersuara) ketika Pak Uus memberikan sambutan.

Namun demikian acara tetap berlanjut. Setalah sambutan pembantu dekan 1 diumumkan para penguji tiap jurusan, dimulai dari jurusan biologi, bahasa inggris kemudian fisika, dan terakhir matematika. Di jurusan fisika ada beberapa penguji yaitu:

1. Drs. Yudi Dirgantara M.Pd,











2. Dra. Hj. Ade Yeti N, M.M.Pd, M.Si.

3. Drs. H. Chaerul Rochman,M.Pd,

4. Bapak Dadan,

5. Drs. Dedi Kumtadi,M.Pd dan

6. Bapak Asep.

Setiap penguji mengajukan pertanyaan sesuai tema yang sudah ditentukan dari Fakultas. Tiga komponen yang harus diujikan yakni keagamaan, kependidikan dan konten keilmuan yang sesuai dengan prodi masing-masing.

Penguji pertama yang dihadapi oleh saya adalah Bapak Dadan. Saya diuji bersama dengan teman saya Ai Rohimah. Begitu menghadap Beliau mempersilahkan kami berdoa, maka kami pun berdoa. ternyata pertanyaan pertama adalah “apa yang anda baca?” pada waktu itu saya membaca doa robbisrohli shodri wa yasir lii amri wahlul ukdata nillisani yafqohu qauli. Kemudian setelah membacakan doanya, saya ditanya arti doa tersebut. Arti doa tersebut adalah ‘ya Allah lapangkanlah dadaku, mudahkanlah urusanku, hilangkanlah kekakuan dari lidahku dan fahamkanlah orang pada apa yang aku katakan.

Pertanyaan selanjutnya adalah pahala saolat qobla shubuh yang nilainya sama dengan salat sunat sepanjang malam. Berlanjut pada konten materi kefisikaan. Beliau berkata “keagungan apa yang terkandung pada materi kefisikaan yang kamu ajarkan?” yang kebetulan yang saya kuasai adalah tentang gerak dalam 1 dimensi, berhubungan dengan gravitasi. saya sudah muter-muter bikin jawabab dari GLBB sampe ke gravitasi.. eh ternyata bukan itu yang di maksud pak dadan. malah dia jawab sendiri pertanyaannya. jwabannya ya... 'gravitasi itu keagungan Allah, coba saja allah tidak menciptakan grafitasi, mau seperti apa kita di bumi'. hhmm mudah sekali kan jawabannya. setelah itu saya dan ai disuruh menulis surat alfatihah dengan baik dan benar. padahal saya melihat tulisan orang lain (orang yang diuji sebelum saya) banyak yang nulis tentang ayat kefisikaan. disini sekali lagi faktor keberuntungan.

Penguji yang paling ditakuti oleh semua peserta di prodi fisika adalah Pak Yudi. Pertanyaan yang diajukan seputar kependidikan dan kefisikaan. Pertanyaan yang pertama adalah tentang interaksi komponen pendidikan yang terdiri dari lima komponen. Kemudian pejelasan merenncanakan pembelajaran sampai praktek pembelajarannya. saya memaparkan dari mulai komponen yaitu nama sekolah ; kelas; alokasi waktu; dll sampe evaluasi. Setelah itu tentang fisika. Ada 4 pertanyaan yang berbeda yang saya ketahui. Pertanyaan tersebut yaitu gerak parabola(ditanyakan ke teh jaki), pembentukan bayangan pada cermnin lengkung( petanyaan untuk Ai), gerak bandul yang lebih dari satu (pada teh Yani) dan gaya pada benda miring (pertanyaan untuk saya). tidak hanya sampai di situ, tapi juga ada pertanyaan yang bersifat rebutan. siapa tahu dia angakt tangan atau siapa cepat dia dapat lah. pertanyaannya hanya dua, yaitu siapa yang bisa menjelaskan tetang efek rumah kaca? dan bagaimana proses terjadinya alam semesta. saya selslu saja keduluan sama teh yani. kirain udah selesai ternyata masih ada pertanyaan lagi untuk tiap-tiap orang. yaitu pertanyaan aplikatif tentang benda sekitar. ada yang ditanya kenapa keltika ada mobil truk lewat depan rumah, kaca rumah ikut bergetar (ai), ada juga pembiasan cahaya(teh jaki), terus bagaimana bila sebuah kelereng yang selang mengelinding di meja kita gebrak mejanya dari bawah (tteh Yani) dan saya sendiri ditanya 'inikan korek gas (tergolerdi atas meja) apa saja gaya yang ada padanya... apakah terjadi aksi reaksi'? lagi-lagi faktor keberuntungan memihak kepada saya. gaya terus dari tdi ahamduilillah mudah banget. kemudian Pertanyaan terakhir yang diajukan adalah rencana masa depan setelah menyelesaikan studi di UIN SGD bandung.

Ujian yang paling kacau adalah Pak Chaerul menurut saya. Karena menurut saya ujian tersebut yang hanya asal-asalan. dan satu lagi Diluar prediksi. saya kira mo di tanya tentang pendidikan kompetensi guru atau semisalnya. Saya mengahadpi beliau kurang sari 7 menit saja. selain itu terbengkalainya jadwal, yaitu harusnya dimulai pukul 8.00 baru dimulai pada pukul 14.30. tapi tidak apa apa. pertanyaan dari pak haerul terdiri dari 3 lembar kertas. setiap mahasiswa mendapatkan tugas yang harus di isi. isi pertanyaanya sebagai berikut (seingat saya)

A. setandar kompetensi:...(sudah disediakan)

B. kompetensi dasar:... (sudah disediakan)

C. tujuan pembelajaran:...

D. peta konsep :...

E. Rumus Esensial :...

F. proses pembelajaran untuk mencapai salah satu tujuan:

G. Contoh Soal:...

H nilai spiritual yang dapat kamu sampaikan berdasarkan tujuan:...

kira-kira seperti itulah gambarannya. dari poin C-H kita isis sendiri. temanya pun berbeda beda. ada tentang termodinamika kinematika. mekanika klasik dll. dasaya kebagian KALOR sodara-sodara (mudah bukan?) lagi-lagi faktor Nasib berbicara

tapi agak kecewa juga pada pak haerul. karena jadwal terlambat mambuat kelompok kami terlambat untuk mengikuti penutupan dan pengumuman perolehan nilai oleh pembantu dekan I. pada akhirnya kami pun melakukan penutupan sendiri yang dipimpin oleh ketua jurusan, Ibu Nunung Sobarningsih dan pengumuman perolehan nilai oleh ketua prodi yaitu Bapak Yudi Dirgantara. Alhamdulillah saya mendapat nilai B dengan perolehan angka 79 (nilai tertinggi lho daripada 10 orang tadi, satu poin lagi dapet nilai A).

teman saya Ea cahya memiliki pengalaman berbeda. karena diuji oleh Ibu Ade, pak Dedi dan Pak Asep Jamal. pengujiannya berjalan lancar karena semua pengujinya tepat waktu. ketika di uji oleh ibu ade ea ditanya tentang kefisikaan. diantara pertanyaan yang membrendel ea adalah berapa persen mata kuliah yang anda kuasai, perbedaan fisika modern dan fisika klasik. mekanika, termodinamika, gelombang.

namun ketika ditanya oleh pak Dedi, pertanyaanyang diajukan oleh beliau dirasa kurang difahami. sedangkan oleh pak asep di uji tentang praktek ibadah dan praktek tilawah.

بالله التوفيق والهداية. والسلام عليكم ورحمة الله وبركاته

1 comment: