KURIKULUM
2013 UNTUK FISIKA
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR
FISIKA
SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)/MADRASAH ALIYAH (MA)
KELAS X
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1.
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan
kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan air sebagai unsur
utama kehidupan dengan karakteristik yang memungkinkan bagi makhluk hidup
untuk tumbuh dan berkembang
|
|
2.
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli, santun, ramah lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai,
responsif dan proaktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif;
jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka;
kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap
dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas
sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan
hasil percobaan
|
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dalamilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya,
dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
|
3.1
Memahami konsep besaran fisika
dan pengukurannya
3.2
Menganalisis hubungan antara
gaya, massa, dan gerakan benda pada gerak lurus
3.3
Menganalisis besaran fisika pada
gerak melingkar dengan laju konstan dan penerapannya dalam teknologi
3.4
Mendeskripsikan sifat elastisitas
bahan dan pemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari
3.5
Mendeskripsikan hukum-hukum pada
fluida statik dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.6
Menganalisis pengaruh kalor dan
perpindahan kalor pada berbagai kasus nyata
3.7
Mendeskripsikan cara kerja alat
optik menggunakan sifat pencerminan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan
lensa
|
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
|
4.1
Menggunakan peralatan dan teknik
yang tepat dalam melakukan pengamatan dan pengukuran besaran fisika untuk suatu penyelidikan
ilmiah
4.2
Menyajikan data dan grafik hasil
percobaan untuk menyelidiki sifat gerak benda yang bergerak lurus beraturan
(GLB) dan tidak beraturan (GLBB)
4.3
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki hubungan antara gaya, massa, dan percepatan pada gerak lurus
4.4
Merancang dan membuat suatu
peralatan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu
pekerjaan
4.5
Menyelidiki sifat elastisitas
suatu bahan melalui percobaan
4.6
Menyajikan rancangan sebuah alat
optik dengan menerapkan prinsip pemantulan dan pembiasan pada cermin dan
lensa
4.7
Melakukan percobaan untuk
menyelidiki karakteristik termal suatu bahan, terutama kapasitas dan konduktivitas kalor
|
|
KELAS XI
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1
Bertambah keimanannya dengan menyadari
hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran
Tuhan yang menciptakannya
1.2
Menyadari kebesaran Tuhan yang mengatur
karakteristik matahari dan bumi sehingga memiliki gaya gravitasi, orbit, dan
temperatur yang sesuai untuk kehidupan manusia di muka bumi
|
|
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
|
3. Memahami, menerapkan, dan
menjelaskan pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban
terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian
yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
|
3.1 Menganalisis gerak lurus, gerak melingkar dan gerak parabola dengan menggunakan
vektor
3.2 Menganalisis keteraturan gerak planet
dalam tatasurya berdasarkan hukum-hukum Newton
3.3 Mendeskripsikan momentum, gaya, dan impuls serta penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari
3.4 Mendeskripsikan konsep usaha, perubahan energi, kekekalan
momentum, dan kekekalan energi
3.5 Menerapkan hukum kekekalan
momentum dan kekekalan energi mekanik untuk menyelesaikan permasalahan
3.6 Mendeskripsikan konsep torsi, momentum sudut, dan momen inersia
pada benda tegar serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
3.7 Mendeskripsikan prinsif pada fluida dinamik dan penerapannya
dalam teknologi
3.8 Menerapkan teori kinetik gas dalam menjelaskan karakteristik gas
pada ruang tertutup.
3.9 Mendeskripsikan hukum-hukum termodinamika dan penerapannya dalam
teknologi
3.10 Menganalisis permasalahan perubahan keadaan gas ideal dengan
menerapkan hukum-hukum termodinamika
|
|
4. Mengolah,
menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
|
4.1 Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya yang
terkait konsep gaya, momentum, impuls, kekekalan momentum, dan kekekalan
energi
4.2 Menyajikan data dan informasi tentang satelit buatan yang
mengorbit bumi dan permasalahan yang ditimbulkannya
4.3 Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara tekanan,
suhu, dan volume gas pada sebuah ruang tertutup
4.4 Mengolah dan menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki
karakteristik gerak parabola
4.5 Menyelesaikan permasalahan dengan menerapkan prinsif dinamika
fluida
4.6 Membuat proyek sederhana yang menerapkan prinsif dinamika fluida
|
|
KELAS XII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
|
1. Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Bertambah
keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan
jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2 Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan keseimbangan perubahan medan listrik dan
medan magnet yang saling berkaitan sehingga memungkinkan manusia
mengembangkan teknologi untuk mempermudah kehidupan
|
|
2. Mengembangkan perilaku (jujur,
disiplin,
tanggung jawab, peduli, santun,
ramah
lingkungan, gotong royong,
kerjasama, cinta damai, responsif dan proaktif),
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
bangsa, serta memosisikan diri sebagai agen transformasi masyarakat dalam
membangun peradaban bangsa dan dunia
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa
ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung
jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
percobaan dan berdiskusi
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam
aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
|
3. Memahami,
menerapkan, dan menjelaskan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalamilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena
dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan
minatnya untukmemecahkan masalah
|
3.1 Mendeskripsikan gejala dan ciri-ciri
gelombang secara umum
3.2 Menganalisis parameter gelombang
tegak dan gelombang berjalan pada berbagai kasus nyata
3.3 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang
bunyi dan cahaya dalam teknologi
3.4 Mendeskripsikan rangkaian dan prinsif kerja peralatan listrik
searah (DC) dan bolak-balik (AC) dalam kehidupan sehari-hari
3.5 Memformulasikan gaya listrik, kuat medan
listrik, fluks, potensial listrik, energi
potensial listrik serta penerapannya pada berbagai kasus
3.6 Mendeskripsikan induksi dan gaya magnetik pada berbagai produk
teknologi
3.7 Memformulasikan induksi listrik dan induksi magnetik serta
penerapannya
3.8 Memahami radiasi elektromagnetik, dampaknya pada kehidupan, dan
pemanfaatannya dalam teknologi
3.9 Menerapkan konsep kuantum dalam menjelaskan radiasi benda hitam,
efek foto listrik, dan hamburan Compton
3.10 Memformulasikan teori relativitas serta kesetaraan massa
dan energi untuk menjelaskan beberapa fenomena alam
3.11 Mendeskripsikan karakteristik inti atom, radioaktivitas,
dan pemanfaatannya dalam teknologi
|
|
4. Mengolah,
menalar, menyaji, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri
serta bertindak secara efektif dan kreatif, dan mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan
|
4.1 Menyelidiki karakteristik gelombang mekanik melalui percobaan
4.2 Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya yang
terkait konsep gelombang bunyi
4.3 Mengolah data hasil percobaan menggunakan prinsif interferensi
gelombang cahaya
4.4 Melakukan percobaan untuk menyelidiki karakteristik rangkaian
arus searah (DC)
4.5 Menyelidiki karakteristik piranti elektronik dalam sebuah
rangkaian arus bolak-balik (AC) melalui percobaan
4.6 Menyajikan permasalahan nyata dan usulan penyelesaiannya terkait
dengan rangkaian listrik arus searah dan arus bolak-balik
4.7 Membuat proyek sederhana dengan menggunakan prinsif induksi
listrik dan induksi magnetik
4.8 Menyajikan informasi tentang pemanfaatan radioaktivitas dan
dampaknya bagi kehidupan
|
|
No comments:
Post a Comment