CONTOH Silabus IPA FISIKA
NAMA SEKOLAH : SMP
KELOMPOK MATA AJAR : Ilmu Pengetahuan Alam
MATA AJAR : Fisika
KELAS :
VIII
SEMESTER : Ganjil
STANDAR KOMPETENSI : 1. Menerapkan konsep dan prinsip
gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
WAKTU :
18 x 45 menit
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
POKOK
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN *)
|
PENILAIAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
KARAKTER & KET. SOSIAL
|
||
TEKNIK
|
BENTUK
INSTRUMEN
|
CONTOH
INSTRUMEN
|
|||||||
1.1. Mendeskrip-sikan gejala dan ciri-ciri
gelombang secara umum
|
KOGNITIF
1.1.1 Mengidentifikasi besaran-besaran f,
T, λ, A, dan v pada gelombang trnsversal
dan longitudinal
|
A. Besaran-besaran
gelombang
|
· Menyimak dengan baik demonstrasi gelombang transversal dan longitudinal dengan slinky.
· Menyampaikan pendapat tentang besaran-besaran gelombang
|
Tes tertulis
|
Pilihan Ganda
|
LP-1
|
2 x 45 menit
|
·
Buku Fisika SMA Kelas 3
·
Foto
·
Slinky,
peng-garis, stop-watch
·
Animasi
·
Video
|
§ Menjadi penyimak yang baik
§ Menyam-paikan pendapat
|
|
1.1.2 Menurunkan
persamaan-persamaan yang menghubungkan f, T, λ, dan v
|
|
· Menyimak dengan baik penjelasan guru tentang penurunan rumus gelombang
· Menyampaikan pendapat tentang besaran-besaran gelombang
|
Tes Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
LP-1
|
|
|
§ Menjadi penyimak yang baik
§ Menyam-paikan pendapat
|
|
1.1.3 Menerapkan
persamaan-persamaan yang menghubungkan f, T, λ, dan v
|
|
Mengerjakan soal-soal latihan tentang gelombang secara teliti
|
Tes Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
LP-1
|
|
|
Bekerja dengan
teliti
|
|
1.1.4
Merencanakan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh frekuensi pada besaran-besaran gelombang
lainnya
|
|
Merencanakan percobaan secara kreatif, logis, dan teliti
|
Tes Tertulis
|
Pilihan Ganda
|
LP-1
|
|
|
Berfikir kreatif, logis, dan teliti
|
|
PSIKOMOTOR
1.1.5 Mendemonstrasikan
gelombang transversal dan longitudinal dengan slinky
|
|
Melakukan praktek dengan teliti
|
Lembar Obser-vasi
|
Rating Scale
|
LP-2
|
|
|
Bekerja dengan
teliti
|
|
AFEKTIF
1.1.6 Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja dengan teliti, jujur, dan berperilaku
santun
|
|
Menyimak dengan baik
demonstrasi dan penjelasan guru
|
Skala Sikap
|
Skala Sikap
|
LP-3
|
|
|
Menjadi penyimak yang baik
|
|
1.1.7 Keterampilan sosial: bekerjasama,
menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat
orang lain
|
|
Menyampaikan
pendapat dalam diskusi tentang peristiwa yang diamati
|
Skala Sikap
|
LP-3
|
LP-3
|
|
|
Menyam-paikan pendapat
|
* Yang tercetak miring adalah Karakter atau Ket. Sosial
No comments:
Post a Comment