Wednesday, April 3, 2013

silabus fisika


CONTOH Silabus IPA FISIKA

NAMA SEKOLAH                            : SMP
KELOMPOK MATA AJAR             : Ilmu Pengetahuan Alam
MATA AJAR                                     : Fisika
KELAS                                                 : VIII
SEMESTER                                        : Ganjil
STANDAR KOMPETENSI              : 1. Menerapkan  konsep dan prinsip gejala gelombang dalam menyelesaikan masalah
WAKTU                                              : 18 x 45 menit

KOMPETENSI
DASAR
INDIKATOR
MATERI
POKOK
KEGIATAN
PEMBELAJARAN *)
PENILAIAN
ALOKASI
WAKTU
SUMBER
BELAJAR
KARAKTER & KET. SOSIAL
TEKNIK
BENTUK
INSTRUMEN
CONTOH
INSTRUMEN
1.1. Mendeskrip-sikan gejala dan ciri-ciri gelombang secara umum

KOGNITIF
1.1.1    Mengidentifikasi besaran-besaran f, T, λ, A, dan v pada gelombang trnsversal dan longitudinal
A.  Besaran-besaran gelombang
·   Menyimak dengan baik demonstrasi gelombang transversal dan longitudinal dengan slinky.
·   Menyampaikan pendapat tentang besaran-besaran gelombang
Tes tertulis
Pilihan Ganda
LP-1
2 x 45 menit
·     Buku Fisika SMA Kelas 3
·     Foto
·     Slinky, peng-garis, stop-watch
·     Animasi
·     Video
§ Menjadi penyimak yang baik
§ Menyam-paikan pendapat



1.1.2   Menurunkan persamaan-persamaan yang menghubungkan f, T, λ, dan v

·   Menyimak dengan baik penjelasan guru tentang penurunan rumus gelombang
·   Menyampaikan pendapat tentang besaran-besaran gelombang
Tes Tertulis
Pilihan Ganda
LP-1


§ Menjadi penyimak yang baik
§ Menyam-paikan pendapat

1.1.3   Menerapkan persamaan-persamaan yang menghubungkan f, T, λ, dan v

Mengerjakan soal-soal latihan tentang gelombang secara teliti
Tes Tertulis
Pilihan Ganda
LP-1


Bekerja dengan teliti

1.1.4   Merencanakan percobaan untuk menyelidiki pengaruh frekuensi pada besaran-besaran gelombang lainnya

Merencanakan percobaan secara kreatif, logis, dan teliti
 Tes Tertulis
Pilihan Ganda
 LP-1


Berfikir kreatif, logis, dan teliti

PSIKOMOTOR
1.1.5   Mendemonstrasikan gelombang transversal dan longitudinal dengan slinky

Melakukan praktek dengan teliti
Lembar Obser-vasi
Rating Scale
LP-2


Bekerja dengan teliti

AFEKTIF
1.1.6   Karakter: Berpikir kreatif, kritis, dan logis; bekerja dengan  teliti, jujur, dan berperilaku santun

Menyimak dengan baik demonstrasi dan penjelasan guru
 Skala Sikap
 Skala Sikap
 LP-3


Menjadi penyimak yang baik

1.1.7   Keterampilan sosial: bekerjasama, menyampaikan pendapat, menjadi pendengar yang baik, dan menanggapi pendapat orang lain

Menyampaikan pendapat dalam diskusi tentang peristiwa yang diamati
 Skala Sikap
 LP-3
 LP-3


Menyam-paikan pendapat

* Yang tercetak miring adalah Karakter atau Ket. Sosial

No comments:

Post a Comment