RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Darul Fatwa
Kelas/Semester : X / Satu
Mata Pelajaran : FISIKA
Pertemuan / waktu : Pertama / 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
B. Kompetensi Dasar
2.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
C. Indikator
o Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari.
o Menerapkan satuan besaran pokok dalam sistem internasional
o Menentukan dimensi suatu besaran pokok dan menerapkan analiasis dimensional dalam pemecahan masalah.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menyebutkan alat ukur yang sesuai untuk mengukur massa, panjang , dan waktu
2. Siswa mampu membaca alat ukur
3. Siswa mampu menuliskan angka hasil pengukuran berdasarkan ketelitian masing-masing alat ukur
4. Siswa mampu menyebutkan kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi pada saat pengukuran
5. Siswa mampu melakukan operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian
E. Materi Pembelajaran
Pengukuran adalah proses membandingkan besaran yang diukur dengan alat ukur.
1. Alat ukur panjang dan ketelitiannya.
No | Nama alat ukur | Satuan | Skala terkecil | ketelitian |
1 | Mistar | Meter | 1 mm | 0,05 cm |
2 | Jangka sorong | Meter | 0,1 mm | 0,005 cm |
3 | Mikrometer sekrup | Meter | 0,01 mm | 0,0005cm |
2. Alat ukur waktu
No | Nama Alat ukur | Satuan | Skala terkecil | ketelitian |
1 | Stopwatch | Sekon | 0,1 sekon | 0,05 sekon |
2 | Jam | Sekon | 1 sekon | 0,5 sekon |
3. Alat ukur massa
No | Nama Alat ukur | Satuan | Skala terkecil | ketelitian |
1 | Neraca 3 lengan | Kg | 1 gram | 0,5 gram |
2 | Neraca digital | Kg | | |
Gambar
∆x = ½ x skala terkecil (ketelitian)
Cara penulisan angka hasil pengukuran
X= x0 ± ∆x
Beberapa kesalahan yang mungkin terjadi pada pengukuran
- Keteledoran yang disebabkan oleh faktor keterbatasan pengamat
- Kesalahan acak disebabkan adanya fluktuasi-fluktuasi yang halus pada kondisi-kondisi pengukuran
- Kesalahan sistematis yang menyebabkan kumpulan acak bacaan hasil ukur distribusi secara konsisten di sekitar nilai rata-rata yang cukup berbeda dengan nilai sebenarnya.
Aturan angka penting
- Semua angka bukan nol adalah angka penting
- Angka nol yang terletak diantara dua angka bukan nol termasuk angka penting
- Semua angka nol yang terletak pada deretan akhir dari angka-angka yang ditulis dibelakang koma desimal termasuk angka penting
- Angka nol yang digunakan hanya untuk tempat desimal adalah bukan angka penting
Aturan penjumlahan dan pengurangan angka penting. Pada penjumlahan dan pengurangan angka penting, hasil akhirnya hanya boleh mengandung satu angka taksiran.
Aturan perkalian dan pembagian angka penting. Pada perkalian dan pembagian angka penting hasil akhirnya hanya boleh mengandung angka penting sebanyak angka penting dari bilangan angka penting yang angka pentingnya paling sedikit dari semua bilangan peting yang tersedia dalam operasi
Pada operasi dengan angka eksak hanya boleh memiliki angka penting pada bilangan pentingnya
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan apersepsi | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Memahami definisi pengukuran o Mengenal alat-alat ukur dan satuan standar internasional o Menentukan ketelitian dan skala alat ukur o Menuliskan angka hasil pengukuran dari alat ukur o Mengenal angka penting dan aturannya o Mengenal aturan operasi angka penting | (70 menit) |
3. Penutup o Meminta salah satu siswa untuk merefleksikan pelajaran o Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah | (5 menit) |
G. Metode pembelajaran
Model : cooperative learning
Metode : ceramah
Tanya jawab
H. Sumber Belajar
o Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga
o Tipler,P.A.2006.Fisika untuk sains dan tehnik, Jakarta: erlangga
I. Penilaian
Teknik penilaian : tes tulis
Bentuk instrumen : essay
Contoh instrumen
1. Apa yang dimaksud dengan pengukuran?
2. Sebutkan alat ukur panjang waktu dan massa masing-masing 2 alat ukur!
3. Perhatikan gambar mistar diatas! Tulis angka hasil pengukuran yang terbaca
4. Sebutkan kesalahan yang mungkin terjadi dalam melakukan pengukuran!
5. Diketahui
a. 4,5 cm
b. 0,05 cm
c. 23 cm
d. 25 buah
Tentukanlah
a) Angka penting dari masing-masing
b) a + b
c) a x d
d) b x d
e) a + c
Guru Pamong (Dinul Bachri,S.Pd) | | Jatinangor, Mahasiswa Praktikan (Avep Ahmad Muasir) |
| Mengetahui Kepala sekolah Muh.Supriadi,S.Ag,S.H,M.H | |
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Darul Fatwa
Kelas/Semester : X / Satu
Mata Pelajaran : FISIKA
Pertemuan / waktu : Kedua / 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep Besaran Fisika dan pengukurannya
B. Kompetensi Dasar
1.1 Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
C. Indikator
o Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan, memberikan contohnya dalam kehidupan sehari-hari serta Menentukan dimensi suatu besaran pokok dan menerapkan analiasis dimensional dalam pemecahan masalah.
D. Tujuan pembelajaran
1. Siswa mampu mendefinisikan besaran pokok dan besaran turunan
2. Siswa mampu menyebutkan 7 besaran pokok dengan benar
3. Siswa mampu menyebutkan satuan dari setiap besaran dengan benar
4. Siswa mampu menyebutkan ukuran standar internasional besaran pokok
5. Siswa mampu menyebutkan dimensi tiap besaran pokok
6. Siswa mampu menentukan dimensi besaran turunan
7. Mengetahui cara penulisan notasi ilmiah
E. Materi Pembelajaran
Besaran pokok adalah besaran yang satuannya ditetapkan lebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain
Besaran turunan adalah besaran yang diturunkan dari satu atau lebih besaran pokok.
No | Besaran pokok | Satuan | singkatan | dimensi |
1 | panjang | meter | m | [L] |
2 | massa | kilogram | kg | [M] |
3 | waktu | sekon | s | [T] |
4 | kuat arus listrik | ampere | A | [I] |
5 | suhu | kelvin | K | [q] |
6 | jumlah zat | mol | Mol | [N] |
7 | Intensitas cahaya | kandela | cd | [J] |
1. Panjang
Panjang adalah jarak dalam suatu ruang. Satu meter didefinisikan samadengan 1650761,73 kali panjang gelombang sinar jingga yang dipancarkan oleh atom-atom gas kripton-86 (KR-86) didalam ruang hampa pada suatu loncatan listrik(CGMP ke-11, 1960
Satu meter adalah jarak yang ditempuh cahaya (dalam vakum) dalam selang waktu 1/299792458 sekon (CGMP ke 17, 1983)
2. Massa
Massa berkaitan dengan jumlah zat (materi yang dikandung suatu benda. Satu kilogram adalah massa sebuah kilogram standar (sebuah silinder terbuat dari platinum-iridium yang disimpan di lembaga timbangan dan ukuran unternasional.
3. Besaran waktu
Satu sekon didefinisikan sebagai selang waktu yang diperlukan oleh atom
sesium-133 untuk melakukan getaran sebanyak 9192631770 kali dalam transisi antara dua tingkat energi di tingkat energi dasarnya (CGMP ke-13 1967)
4. Kuat arus listrik
Saru ampere adalah kuat arus yang tetap yang jika dipertahankan mengalir dalam masing-masing dari dua penghantar lurus sejajar dengan panjang tak hingga dan penampang lintang lingkaran yang dapat diabaikan dengan jarak pemisah satu meter, dalam ruang hampa akan menghasilkan gaya interaksi antara kedua penghantar sebesar 2x 10-7 newton setiap meter penghantar.
5. Suhu
Satu kelvin adalah 1/273,16 kali suhu termodinamika titik tripel air.
6. Intensitas cahaya
Satu kandela adalah intensitas cahaya suatu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik pada frekuensi 540 x 1012 hertz dengan intensitas sebesar 1/683 watt per steradian dalam arah tersebut.
7. Jumlah zat
Satu mol adalah zat yang merkandung unsur elementer zat tersebut dalam jumlah sebanyak jumlah atom karbon dalam 0,012 kg karbon-12
Notasi imiah (notasi baku) ditulis sebagai a, … x 10n
a= bilangan asli dari 1-9
n= eksponen dan merupakan bilangan bulat
contoh
6.000.000.000 ditulis 6 x 109
Dimensi. Contoh
= = [L][T]-1
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
o Mengulang materi pertemuan sebelumnya | (5 menit) |
o Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya o Guru menyampaikan informasi tentang besaran pokok dan besaran turunan o Guru mengetes siswa tentang nama-nama besran dan satuannya. o Guru menyampaikan informasi tentang standar besaran pokok o Guru menyampaikan informasi tentang dimensi dan notasi ilmia o Siswa diberi kesempatan untk menentukan dimensi dari beberapa besaran turunan | (65 menit) |
o Memberikan kesimpulan tantang besaran pokok dan turunan, kegunaan dimensi serta notasi ilmiah, adalah cara penulisan bilangan secara ilmiah o Guru memberikan tugas kepada siswa | (10 menit) |
G. Metode pembelajaran
Model : cooperative learning
Metode : ceramah
Tanya jawab
H. Sumber Belajar
o Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga
o Tipler,P.A.2006.Fisika untuk sains dan tehnik, Jakarta: erlangga
I. Penilaian
Teknik penilaian : tes tulis
Bentuk instrumen : essay
Contoh instrumen
1. Sebutkan definisi besaran pokok dan besaran turunan!
2. Tentukan dimensi dari percepatangaya dan usaha!
3. Sebutkan 7 macam besaran pokok serta satuannya!
4. Sebutkan standar 1 meter yang terbaru!
5. Tulis angka berikut dalam notasi ilmiah
a. 6.000.000
b. 5.240.000
c. 0,000023
Guru Pamong (Dinul Bachri,S.Pd) | | Jatinangor, Mahasiswa Praktikan (Avep Ahmad Muasir) |
| Mengetahui Kepala sekolah Muh.Supriadi,S.Ag,S.H,M.H | |
No comments:
Post a Comment