Monday, August 2, 2010

silabus

SILABUS

Nama Sekolah : SMA DARUL FATWA

Mata Pelajaran : FISIKA

Kelas : X/SMA

Semester : Ganjil

Alokasi Waktu : 10 x 40 menit

Standar Kompetensi : 1. Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Pengalaman Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)

BESARAN DAN SATUANNYA

o Besaran pokok dan satuan standar

o Besaran turunan

o Dimensi besaran

o Notasi ilmiah

o Pengukuran

o Angka penting

o Memahami peta konsep tentang besaran fisika

o Mengenal besaran pokok dan satuan standar

besaran pokok

- Panjang

- Massa

- Waktu

- Suhu

- Kuat arus listrik

- Intensitas cahaya

- Jumlah zat

o Memahami keunggulan satuan SI

o Mengenal besaran turunan

- Luas

- Volume

- Percepatan

- Gaya

- Massa jenis

- Kecepatan

- Tekanan

- Usaha

- daya

o Mengenal dimensi dari besaran pokok

o Mempelajari contoh soal 1.1,1.2

o Mempelajari contoh soal 1.3,1.4

o Mempelajari contoh soal 1.5

o Mempelajari notasi ilmiah

o Memahami tabel 1.5

o Mengetahui sumber kesalahan sistematik seperti kesalahan pada :

- Alat

- Pengamatan

- Lingkungan

- teoritis

o Menuliskan hasil pengukuran berulang

o Menyetakan kesalahan pengukuran

o Membuat analisis kesalahan dan merepresentasikan dalam bentuk grafik

o Mengenal alat pengukuran panjang dan cara pengunaannya seperti mistar ukur, jangka sorong

o Mengenal alat pengukuran massa dan cara pengunaannya

o Mengenal alat pengukuran massa dan cara pengunaannya

o Mempelajari ketentuan pada angka penting

o Menghitung penjumlahan dan pengurangan lalu dituliskan dalam bentuk angka pentingnya

o Menghitung perkalian dan pembagian lalu dituliskan dalam bentuk angka pentingnya

o Membandingkan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contohny dalam kehidupan sehari-hari.

o Menerapkan satuan besaran pokok dalam sistem internasional

o Menentukan dimensi suatu besaran pokok dan menerapkan analiasis dimensional dalam pemecahan masalah.

o Jenis Tagihan

Tugas Individu

o Bentuk Instrumen

Laporan pekerjaan rumah

o Contoh Instrumen

1. Apa yang dimaksud dengan pengukuran?

2. Sebutkan alat ukur panjang waktu dan massa masing-masing 2 alat ukur!

3. Perhatikan gambar mistar diatas! Tulis angka hasil pengukuran yang terbaca

4. Sebutkan kesalahan yang mungkin terjadi dalam melakukan pengukuran!

5. Diketahui

a. 4,5 cm c. 23 cm

b. 0,05 cm d. 25 buah

Tentukanlah

a) Angka penting dari masing-masing

b) a + b

c) a x d

d) b x d

e) a + c

6. Sebutkan definisi besaran pokok dan besaran turunan!

7. Tentukan dimensi dari percepatangaya dan usaha!

8. Sebutkan 7 macam besaran pokok serta satuannya!

9. Sebutkan standar 1 meter yang terbaru!

10. Tulis angka berikut dalam notasi ilmiah

a. 6.000.000

b. 5.240.000

c. 0,000023

4 jp

Sumber:

Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga

Kelas X

Alat:

- Mistar, jangka sorong, mikrometer sekrup, neraca, stopwatch

Melakukan penjumlahan vektor

BESARAN DAN SATUANNYA

o Besaran vektor dan besaran skalar

o Mempelajari cara menjumlahkan vektor dengan metode Poligon, jajar genjang, persamaan kosinus

o Mempelajari sifat penjumlahan vektor

- A + B = B + A

- A + B + C = A + B + C

- A + (–B) = A – B

o Mempelajari contoh 1.6 dan 1.7

o Mempelajari cara menguraikan vektor pada contoh soal

Ax = A cos a

Ay = A sin a

o Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang, poligon, dan rumus kosinus

o Menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus.

o Jenis Tagihan

Tugas Individu

o Bentuk Instrumen

Laporan pekerjaan rumah

o Contoh Instrumen

1. Jelaskan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar

2. Lukislan vektor-vektor perpindahan berikut secara terpisah

A = 4 km pada 00

B = 3 kilo meter pada 300

C = 3 km pada -600

3. Dari vektor pada soal no 1 gambarlah penjumlahan vektor berikut

a. A + B

b. B + 2C

c. A – C

d. A+ B+ C

e. A - 2B – C

4. Diketahui

A = 5 satuan

B = 7 Satuna

= 600

Tentukan besar resultan gaya tersebut

12 jp

Sumber:

Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga

Dosen pembimbing

(Dinul Bachri,S.Pd)

Jatinangor,

Mahasiswa Praktikan

(Avep Ahmad Muasir)

Mengetahui

Muh.Supriadi,S.Ag,S.H,M.H

SILABUS

Nama Sekolah : SMA DARUL FATWA

Mata Pelajaran : FISIKA

Kelas : X/SMA

Semester : Ganjil

Alokasi Waktu : 26 x 40 menit

Standar Kompetensi : 2. Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika

Kompetensi Dasar

Materi Pokok dan Uraian Materi

Pengalaman Belajar

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber/ Bahan/ Alat

Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan

GERAK LURUS

o Jarak dan perpindahan

o Kelajuan dan Kecepatan

o Percepatan dan perlajuan

o Gerak Lurus Beraturan

o Gerak Lurus Berubah Beraturan

o Gerak Jatuh Bebas

o Siswa mengemukakan konsep tentang gerak, gerak lurus. guru meluruskan jika ada kekurangan

o Menahami tentang jarak dan perpindahan dengan memepelajari Menuliskan persamaan kelajuan rata-rata , kecepatan rata-rata

o Mengambarkan grafik jarak terhadap waktu

o Mempelajari prosedur menghitung kelajuan sesaat Memahami peta konsep tentang gerak lurus yang bersifat beraturan

o Siswa mempelajari tentang cara menggambar grafik pada gerak lurus berubah beraturan

o Memperalajari persamaan pada gerak lurus berubah beraturan

o Mempelajari contohSiswa mengemukakan pendapat mereka tentang gerak lurus berubah beraturan

o Guru meluruskan konsep gerak lurus berubah beraturan

o Memahami konsep tentang gerak lurus yang bersifat tidak beraturan

o Memahami pengertian gerak lurus berubah beraturan

o Percepatan rata-rata

o Percepatan sesaat

o Guru memberikan persamaan yang digunakan pada gerak lurus berubah beraturan

o Siswa mempelajari soal-soal pada gerak lurus berubah beraturan Guru memberikan data benda yang mengalami percepatan tetap dalam bentuk kolom. Kemudian memberi kesempatan siswa untuk menggambar grafik (percepatan terhadap waktu, kecepatan terhadap waktu, dan posisi terhadap waktu berdasarkan data yang diberikan.

o Guru meminta dua orang siswa untuk membantu demontrasi mengenai gerak jaruh bebas (langkah demo terlampir)

o Guru memberikan penjelasan tentang konsep gerak jatuh bebas

o Siswa mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

o Guru memberikan data benda yang mengalami percepatan tetap dalam bentuk kolom. Kemudian memberi kesempatan siswa untuk menggambar grafik (percepatan terhadap waktu, kecepatan terhadap waktu, dan posisi terhadap waktu berdasarkan data yang diberikan.

o Guru meminta dua orang siswa untuk membantu demontrasi mengenai gerak jaruh bebas (langkah demo terlampir)

o Guru memberikan penjelasan tentang konsep gerak jatuh bebas

o Siswa mempelajari contoh soal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari

o

o Menganalisis gerak lurus pada kehidupan sehari-hari dengan tepat

o Menganalisis besaran fisika pada Gerak Lurus Beraturan

o Menganalisis besaran fisika pada Gerak Lurus berubah beraturan Beraturan

o Menerapkan besaran-besaran fisika dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan dalam bentuk persamaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.

o Jenis Tagihan

Tugas Individu

o Bentuk Instrumen

Laporan pekerjaan rumah

o Contoh Instrumen

1. Benda dikatakan bergerak jika

2. Jelaskan istilah-istilah berikut dengan tepar

a. Jarak

b. Perpindahan

c. Lintasan

d. Posisi

3. Ahmar berenang menempuh kolam renang yang panjangnya 50 m selama 20 sekon. Lalu dia putar balik dan kembaloke posisi semula dalam waktu 22 sekon. Hitung rata-rata kecepatan ahmad

a. Bagian pertama prjalanannya

b. Bagian kedua perjalanannya

c. Seluruh perjalanan

4. Perhatikan gambar!

a. Jika titik nol ditetapkansebagai acuan, tentukan

i. Posisi A, B, D, dan E

ii. Perpindahan dari A ke B, A ke C, D ke B, dan E ke A

b. Jawablah pertanyaan a jika titik C ditetapkan sebagai titik acuan

5. Apa yang dimaksud GLB

6. Buatlah grafik kecepatan terhadap waktu dari data dibawah ini

Data mobil B

Kecepatan (m/s)

30

30

30

30

30

30

Waktu (s)

0

1

2

3

4

5

7. Buatlah grafik posisi terhadap waktu dari data dibawah ini

a. Mobil dengan kecepatan 60 m/s

Data mobil B

Posisi (m)

0

10

20

30

40

50

Waktu (s)

0

1

2

3

4

5

b. Mobil dengan kecepatan 20 m/s

Data mobil B

Posisi (m)

0

10

20

30

40

50

Waktu (s)

0

1

2

3

4

5

8. Dari soal no 3 a dan b coba tulis apa yang dapat kamu simpulkan antara besarnya kecepatan dengan bentuk grafik posisi terhadap waktu

9. Jelaskan apa yang dimaksud gerak lurus beraturan!

10. Sebuah mobil bergerak pada lintasan lurus dengan kecepatan tetap: (a) 72 km/jam (b) 60 km/jam. Untuk setiap kecepatan mobil diatas tentukan jarak yang ditempuh mobil setelah melajuselama 15 menit.

11. Posisi batu yang dijatuhkan dari keadaan diam dari pinggir jurang dinyatakan dengan persamaan x=(5ms-2)t2, denagn x dalam meter dan t dalam sekon. Hitunglah kecepatan sesaat batu pada saat t=2 sekon

12. Dua kereta api saling mendekati pada jalur rel paralel masing-masing bergerak dengan kelajuan 120 km/jam. Jika keduanya mula-mula terpisah sejauh 8,5 km, dimana kedua kereta ini berpapasan?

13. Jelaskan apa yang dimaksud dengan gerak jatuh bebas!

14. Seorang anak melempar bola tenis vertikal ke bawah dari atap rumahnya dengan kecepatan 5 m/s. selang 1,5 sekon kemudian dia mendengan bunyi bola mengenai tanah. Tentukan

a, Kecepatan bola saat menumbuk tanah

b. Tinggi atap rumah

15. sebuah batu dilempar vertikal ke atas dengan laju 10 m/s. tentukan:

a. Selang waktu untuk mencapai titik tertinggi

b. Ketinggian maksimum

c. Kelajuan batu setelah ¼ s, ½ s, dan ¾ s.

16. Gambarlah gravik posisi terhadap waktu pada GLBB dari suatu benda yang mempunyai percepatan 20 m/s2. Benda tersebut bergerak dari keadaan diam!

17. Isilah data mobil A pada kolom kecepatan berdasarkan perhitungan!

Data mobil A dengan percepatan 15 m/s2

kecepatan (m/s)

Waktu (s)

0

1

2

3

4

5

18. Dari soal no 5 Gambarlah grafiknya!

20 jp

Sumber:

Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga

Kelas X

Alat:

- Ticker timer, papan luncur

Dosen pembimbing

(Dinul Bachri,S.Pd)

Jatinangor,

Mahasiswa Praktikan

(Avep Ahmad Muasir)

Mengetahui

Muh.Supriadi,S.Ag,S.H,M.H

No comments:

Post a Comment