RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Darul Fatwa
Kelas/Semester : X / Satu
Mata Pelajaran : FISIKA
Pertemuan / waktu : Ketiga / 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep Besaran Fisika dan pengukurannya
B. Kompetensi Dasar
2.1 Melakukan penjumlahan vektor
C. Indikator
o Menjumlahkan dua vektor atau lebih dengan metode jajargenjang, poligon, dan rumus kosinus
o Menguraikan sebuah vektor dalam bidang datar menjadi dua vektor komponen yang saling tegak lurus.
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mendefinisikan besaran vektor
2. Siswa mampu membedakan besaran vektor dan besaran skalar
3. Siswa mampu melakukan penjumlahan vektor dengan metodegrafis (jajargenjang dan poligon)
4. Siswa mampu menjumlahkan 2buah vektor dengan metode analisis (persamaan kosinus)
5. Siswa mampu menentukan arah resultan dari penjumlahan dua buah vektor
E. Materi Pembelajaran
Besaran vektor adalah besaran yang memiliki besar (nilai) dan juga arah. Contohnya gaya, kecepatan dan percepatan. Sedangkan besaran skalar adalah besaran yang hanya mempunyai nilai. Contoh massa, panjang, dan waktu.
Penulisan lambang vektor
atau bila ditulis tangan diberi tanda anak panah diatas huruf
a atau F bila ditulis dengan komputer di cetak tebal
penulisan besar vektor
atau bila ditulis tangan diberi tanda anak panah diatas huruf
a atau F bila ditulis pada buku cetak di cetak miring
vektor juga dilambangkan dengan anak panah. Contoh
vektor itu disebut vektor PQ
penjumlahan vektor
contoh A + B metode poligon A + B metode jajargenjang
Penjumlahan vektor dengan metode analitik
Menggunakan persamaan
B
Diketahui
A = 5 satuan
A
B = 7 Satuna
= 600
Maka besar vektor =
Komponen vektor ditulis dengan cara
Beras reseultan
Arah vektor
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Siswa mempelajari cara penulisan vektor o Siswa menerima informasi tentang definisi vektor o Mempelajari cara menjumlahkan vektor dengan metode Poligon, jajar genjang, persamaan kosinus o Mempelajari sifat penjumlahan vektor i. A + B = B + A ii. A + B + C = A + B + C iii. A + (–B) = A – B o Mempelajari contoh soal o Mempelajari cara menguraikan vektor | (70 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa - Dua vektor adalah sama jika kedua vektor memiliki besar dan arah yang sama walaupun pangkal vektornya berbeda. o Memberikan tugas | (5 menit) |
G. Metode pembelajaran
Model : cooperative learning
Metode : ceramah
Tanya jawab
H. Media Belajar
o Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga
o Ruswanto,Bambang.2006.asas-asa fisika 1A 1 SMA.
I. Penilaian
Teknik penilaian : tes tulis
Bentuk instrumen : essay
Contoh instrumen
1. Jelaskan perbedaan besaran vektor dan besaran skalar
2. Lukislan vektor-vektor perpindahan berikut secara terpisah
A = 4 km pada 00
B = 3 kilo meter pada 300
C = 3 km pada -600
3. Dari vektor pada soal no 1 gambarlah penjumlahan vektor berikut
a. A + B
b. B + 2C
c. A – C
d. A+ B+ C
e. A - 2B – C
4. Diketahui
A = 5 satuan
B = 7 Satuna
= 600
Tentukan besar resultan gaya tersebut!
Guru Pamong (Dinul Bachri,S.Pd) | | Jatinangor, Mahasiswa Praktikan (Avep Ahmad Muasir) |
| Mengetahui Kepala sekolah Muh.Supriadi,S.Ag,S.H,M.H | |
Catatan. Pertemuan ke empat pemantapan soal-soal vektor
RENCANA PELAKSANAAN PENGAJARAN
Satuan Pendidikan : SMA Darul Fatwa
Kelas/Semester : X / Satu
Mata Pelajaran : FISIKA
Pertemuan / waktu : Kelima / 2 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
Menerapkan konsep dan prinsip dasar kinematika dan dinamika
B. Kompetensi Dasar
2.1 Menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan konstan
C. Indikator
o Menganalisis gerak lurus pada kehidupan sehari-hari dengan tepat
D. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa mampu mendefinisikan pengertian gerak dan gerak lurus
2. Siswa mengetahui definisi lintasan dan posisi
3. Membedakan jarak dan perpindahan
4. Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
5. Siswa mampu menyelesaikan persoalan sehari-hari dengan konsep gerak lurus.
E. Materi pembelajaran
Suatu benda dikatakan bergerak apabila kedudukannya senantiasa berubah terhadap suatu acuan tertentu.
Lintasan adalah tempat posisi titik-titik yang dilalui oleh suatu benda yang bergerak. Posisi adalah letak suatu benda pada suatu waktu tertentu terhadap suatu acuan tertentu.
Jarak didefinisikan sebagai panjang lintasan yang ditempuh oleh suatu benda dalam selang waktu tertentu. Perpindahan didefinisikan sebagai perubahan posisi suatu benda dalam selang waktu tertentu.
Kelajuan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi antara jarak total yang ditempuh dengan selang waktu untuk menempuhnya.
Kecepatan rata-rata didefinisikan sebagai hasil bagi antara perpindahan denganselang waktunya.
Contoh soal
1. Sebuah mobil bergerak ke timur sejauh 400m dengan kelajuan tetap 20 m/s. kemudian mobil itu bergerak ke selatan sejauh 300m dengan kelajuan yang sama selama 20 sekon. Tentukan
a. Selang waktu
b. Jarak dan perpindahan
c. Kelajuan rata-rata dan kecepatan rata-rata
F. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1. Pendahuluan o Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan o Guru mengecek kemampuan prasarat yang dibutuhkan. | (5 menit) |
2. Kegiatan Inti o Siswa mengemukakan konsep tentang gerak, gerak lurus. guru meluruskan jika ada kekurangan o Menahami tentang jarak dan perpindahan dengan memepelajari Menuliskan persamaan kelajuan rata-rata , kecepatan rata-rata o Mengambarkan grafik jarak terhadap waktu o Mempelajari prosedur menghitung kelajuan sesaat | (65 menit) |
3. Penutup o Memberikan kesimpulan bahwa - Posisi adalah letak suatu benda pada waktu tertentu terhadap acuan tertentu - Perpindahan adalah perubahan posisi - Jarak adalah panjang suatu lintasan yang ditempuh dalam selang waktu o Memberikan tugas pada siswa | (10 menit) |
G. Metode pembelajaran
Model : cooperative learning
Metode : ceramah
Tanya jawab
H. Media Belajar
o Kanginan,Marthen.2008.Buku FISIKA SMA X, Jakarta: erlangga
o Ruswanto,Bambang.2006.asas-asa fisika 1A 1 SMA.
o Tipler,P.A.2006.Fisika untuk sains dan tehnik, Jakarta: erlangga
o
I. Penilaian
Teknik penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Esay
Contoh instrumen
1. Benda dikatakan bergerak jika …………………………
2. Jelaskan istilah-istilah berikut dengan tepar
a. Jarak
b. Perpindahan
c. Lintasan
d. Posisi
3. Ahmar berenang menempuh kolam renang yang panjangnya 50 m selama 20 sekon. Lalu dia putar balik dan kembaloke posisi semula dalam waktu 22 sekon. Hitung rata-rata kecepatan ahmad
a. Bagian pertama prjalanannya
b. Bagian kedua perjalanannya
c. Seluruh perjalanan
4. Perhatikan gambar!
a. Jika titik nol ditetapkansebagai acuan, tentukan
1) Posisi A, B, D, dan E
2) Perpindahan dari A ke B, A ke C, D ke B, dan E ke A
b. Jawablah pertanyaan a jika titik C ditetapkan sebagai titik acuan
Guru Pamong (Dinul Bachri,S.Pd) | | Jatinangor, Mahasiswa Praktikan (Avep Ahmad Muasir) |
| Mengetahui Kepala sekolah Muh.Supriadi,S.Ag,S.H,M.H | |
No comments:
Post a Comment