Saturday, October 23, 2010

memuslimkan orang islam

pada minggu pagi seperti biasa saya sedang beres-beres di masjid. selang beberapa waktu ada tamu datang. sebetulnya bukan tamu dari luar beliau adalah salah satu warga di lingkungan RW tempat masjid saya. maksud beliau bertamu ternyata ingin ikut mengetik surat untuk warga yang isinya peberitahuan foging. foging akan dilaksanakan pada hati senin (besok ketika saya menulis ini).
Namun karena memang saya banyak kerjaan juga saya meneruskan beres-beres, kemudian mandi dan lain sebagainya aktifitas yang biasa saya lakukan. setelah saya selesai bersih-bersih badan dan membersihkan sekitar kamar saya kami berdua bercakap-cakap.
perbincangan itu diawali dengan beliu bercerita bahwa kalau sebenarnya orang islam tuh belum tentu muslim. karena kenapa? karena hal ini bisa dilihat dari perilaku kita sehari-hari yang belum sesuai dengan konsep islam. coba saja lihat ke sekeliling kamar. seharusnya seorang muslim itu menjaga kebersihan. sebagaimana keterangan hadits "atthohuru syatrul iman" bahwa kesucian ituy setengah dari iman. orang yang benar-benar muslim tidak akan membiarkan pakaian menumpuk tidak rapi. seorang muslim tidak akan nyaman bila disekitarnya terdapa banyak sampah.
bahkan seorang muslim yang baik akan selalu mengurus harta bendanya dengan baik. apabila seorang muslim mempunyai motor, maka ia akan merawat motornya dengan baik. kotor sedikit dibersihkan. ketika mesin sudah kurang enak terrasa, tidak akan dibiarrkan, tetapi langsung di servis agar kondisi mesin tetap prima. hal tersebutpun telah dicontohkan oleh nabi Muhammad. Nabi selalu merawat kuda-kudanya. perbedaanya hanyalah dahulu kendaraannya kuda sekarang kendaraannya berupa sepeda motor atau mobil.
setelah diamati, seseorang yang selalu merawat kendaraan taua secara umum harta bendanya memang kehidupannya terus meningkat. ketika sebelumnya hanya punya motor jadul, tetapi sekarang bisa membeli motor yang bagus dengan harga yang lumayan. hal ini masuk logika karena ketika sepeda yang selalu ia rawat di jual akan mempunyai harga yang tinggi. karena kondisi motor masih dalam keadaan prima.
kasus lain kenapa seseorang yang islam belum tentu muslim karena sebenarnya banyak sekali dosa-dosa yang kita perbuat sehari-hari. perbuatan tersebut sudah sering, atau bahkan jadi kebiasaan padahal halitu dosa. kalo meminjam istilah pesantren dinamakan ummul balwa. maksudnya adalah perbuatan sehari-hari yang sudah dianggap biasa dan tidak terasa dosa padahal itu dosa.
seperti perbuatan tidak memakai kerudung bagi perempuan yang sudah baligh. tidak memakai kerudung merupakan hal yang sudah lumrah. padahal memakai kerudung merupakan suatu kewajiban bagi seorang perempuan, karena kerudung menutup aurat.
maka marilah kita semua memuslimkan diri kita yang sudah islam tadi. semoga allah selalu membimbing kita ke dalam ridhoNya. Amin

No comments:

Post a Comment