Tuesday, October 26, 2010

Pandangan Islam mengenai makan

sore hari ketika saya naik TMB di bulan oktober. kebetulan waktu itu banyak sekali siswa SMP yang naik, ada siswa laki-laki dan siswa perempuan. awalnya saya agak kesal juga karena mereka itu ribut sekali. pendengaran saya alihak ke apapun agar tidak mendengar ribut mereka.
setelah beberapa saat di keributab itu terdenga celetukan "ih susah banget sih aku mau makan, ga bisa duduk"
saya kira dia itu makan bakso atau apa yang gampang tumpah. sehingga saya mengalihan mata saya ke arah siswa perempuan itu. saya takut kalo makanannya nanti tumpah dan mengenai saya. hal itu sebenarnya yang saya khawatirkan. tetapi ternyata dia hanya memegang coklat pasta yang bisa di makan walaupun sambil berlari.
setelah saya perhatikan ada temannya yang bernama monika. monika ini lumayan cantik, kalo ga di bilang cantik sekali. saya pun beberapa kali menatap wajahnya. entah monika itu sadar atau tidak kalu saya mempehatikan dan sealul melihat ke wajahnya. monika menyuruhnya agar menyender saja supaya bisa makan ciklat itu.
saya pikir 'ah mungkin siswa ini tidak bisa makan coklat karena mobil yang sedang melaju. sehinggamenggangu kalo dia ingin memakan ciklat itu'. tetapi ternyata bukan itu hal yang mereka persoalkan. tetapi tidak boleh makan sambil berdiri.
ketika itu saya langsung teringa ada sebuah hadits yang artinya "sesungguhnya jangan sekali-kali kalian makan/minum dalam keadaan berdiri. memang dalam islam kita tidak dianjurkan untuk makan sambil berdiri.
saya juga membaca di salahsatu web bahwa
Bila kita minum sambil duduk, air yang kita minum akan disaring oleh sphincter. Sphincter adalah suatu struktur maskuler ( berotot ) yang bisa membuka ( sehingga air kemih dapat lewat ) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disalurkan pada pos-pos penyaringan yang berada di ginjal. Nah jika kita minum berdiri, air yang kita minum tanpa disaring lagi langsung menuju kantung kemih sehingga terjadi pengendapan disaluran ureter. Limbah-limbah ( pengendapan ) yang menyisa diureter inilah yang bisa menyebabkan penyakit kristal ginjal yang merupakan salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Salah satu gejalanya adalah susah buang air kecil

No comments:

Post a Comment