Wednesday, September 30, 2015

RPP IPA kelas 9


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
SMPN 1 Subang
Mata pelajaran:
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester:
IX / Ganjil
Alokasi Waktu:
2 x 40 menit

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianut
KI 2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya nya
KI 3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       KOMPETENSI DASAR
C.       INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

1.1.1 Menunjukkan sikap mengagumi kompleksitas ciptaan tuhan tentang aspek IPA serta mewujudkannya dalam kehidupan sehari-hari


2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;
2.1.1.Menunjukkan ketekunan, tanggung jawab, saling menghargai dalam kegiatn belajar dan bekerja baik secara individu maupun kelompok

3.1 Mendeskripsikan struktur dan fungsi sistem reproduksi pada manusia, kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi, dan
penerapan pola hidup yang menunjang kesehatan reproduksi
3.1.13. Menjelaskan berbagai macam penyakit pada sistem reproduksi manusia
3.1.14. Menjelaskan upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi Manusia

4.1 Menyajikan hasil penelusuran informasi dari berbagai sumber tentang penyakit menular seksual dan upaya pencegahannya.

4.1.2. Menyajikan laporan hasil studi tentang penyakit pada system Reproduksi

4.1.3. Membuat poster tentang upaya pencegahan dan penularan penyakit seksual


D.       Materi Pembelajaran
1.       Materi reguler
Penyakit pada Sistem Reproduksi Manusia
Sistem reproduksi sangat rawan terhadap kelainan dan penyakit. Kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi dapat disebabkan oleh bakteri, jamur, maupun virus. Kelainan dan penyakit ini dapat ditularkan dari orang tua (yang terinfeksi) kepada anaknya, akibat transfusi darah yang terinfeksi, ditularkan akibat gaya hidup yang tidak baik seperti gaya hidup seks bebas dan menggunakan jarum suntik
untuk obat terlarang atau narkoba.
1) Gonorhoe (GO)
Penyaki Gonorhoe disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.
Gejala penyakit ini adalah rasa sakit dan keluar nanah pada saat
kencing, serta keputihan berwarna kuning hijau pada wanita. Penyakit
ini dapat menyebabkan
kebutaan pada bayi yang baru lahir.
2) Sifilis (Raja Singa)
Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum. Gejala awal penyakit ini adalah luka pada tempat masuknya bakteri ke dalam tubuh, biasanya pada daerah sekitar kelamin.
3) Herpes Simplex Genitalis
Penyakit herpes simplex genitalis disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe II, yang menyerang kulit di daerah genitalia luar, anus, dan vagina. Gejala penyakit ini berupa gatal-gatal, pedih, dan kemerahan pada kulit di daerah kelamin.
4) HIV/ AIDS
Penyakit AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV
(Human Immune Deficiency Virus) yang menyerang sistem imunitas
atau kekebalan tubuh penderita. Saat ini penyakit yang disebabkan
oleh virus HIV ini lebih dikenal dengan istilah AIDS (Acquired Immuno
Deficiency Syndrome).
3) Keputihan
Keputihan yaitu penyakit kelamin yang terjadi pada perempuan
dengan ciri-ciri terdapat cairan berwarna putih kekuningan atau
putih keabu-abuan pada bagian vagina. Penyakit ini bisa diakibatkan oleh infeksi jamur Candida albicans, bakteri, virus dan parasit.
Upaya Pencegahan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia
a. Menggunakan celana dalam yang berbahan katun dan bertesktur
lembut. Hindari bahan yang bersifat panas, kurang menyerap
keringat dan berbahan ketat (misalnya jeans).
b. Biasakan membilas dengan bersih organ reproduksi setiap selesai
buang air kecil maupun buang air besar.
c. Mengganti celana dalam minimal 2 – 3 kali sehari.
d. Memotong rambut yang ada di daerah organ reproduksi apabila
sudah panjang, karena apabila terlalu panjang akan menjadi sarang
kuman.
e. Bagi kamu yang perempuan, apabila sedang mengalami menstruasi,
gantilah pembalut sesering mungkin.
f. Bagi kamu yang perempuan, hindari menggunakan sabun pembersih
daerah kewanitaan dan patyliner secara terus menerus.
2.       Materi Remedial
Materi remedial merupakan materi reguler. Materi ini diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Materi yang diberikan disesuaikan dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta didik pada indikator-indikator pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya (reguler).
Perkiraan materi remedial
Penyebab penyakit pada system reproduksi manusia
1.Penyaki Gonorhoe disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae.
2.Sifilis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum.
3.Penyakit herpes simplex genitalis disebabkan oleh virus Herpes simplex tipe II
4.Penyakit AIDS adalah penyakit yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus)
5.Penyakit keputihan bisa diakibatkan oleh infeksi jamur Candida albicans, bakteri, virus dan parasit.
3. Materi Pengayaan
Upaya Pencegahan Penyakit Sistem Reproduksi Manusia (Berupa tugas pembuatan Poster).


E.        Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan Keempat: (.2JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan









·  Menyiapkan peserta didik untuk belajar dengan berdoa terlebih dahulu dan mengabsen siswa serta mengkondisikan siswa untuk duduk dalam posisi berkelompok
·   Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang kelainan dan penyakit pada alat reproduksi manusia , dengan tugas lapangan tentangn kelainan dan penyakit pada alat reproduksi manusia pada pertemuan sebelumnya.
·       Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

2 menit
  ( 5 menit untuk waktu sebenarnya)
Kegiatan Inti

































Kegiatan Penutup



Basic Concept
(Konsep Dasar
)

·  Disajikan gambar-gambar tentang penyakit pada system reproduksi

·   Peserta didik diminta bertanya tentang apa yang mereka amati pada gambar yang disajikan
16 menit
(65 menit untuk waktu yang sebenarnya)






























2 menit
(10 menit untuk waktu yang sebenarnya)



Defining the Problem (Definisi Masalah)
·       Peserta didik diharapkan bertanya tentang masalah penyakit pada system reproduksi yang terjadi pada masyarakat

Self Learning (Belajar Mandiri/kelompok)





·   Peserta didik menggali informasi tentang penyakit pada system reproduksi dan upaya pencegahan penyakit pada system reproduksi melalui buku siswa, dan media lain yang relevan dilengkapi dengan himpunan data hasil studi lapangan tentang penyakit pada sistem reproduksi

·    Peserta didik mengolah data hasil menggali informasi dan hasil melakukan studi lapangan tentang penyakit pada system reproduksi  dan upaya pencegahan penyakit pada system reproduksi
·      Peserta didik menarik simpulan dari hasil studi lapangan dan media lain tentang penyakit pada system reproduksi
·      Guru membimbing peserta didik sambil melakukan penilaian autentik ketika kegiatan berlangsung
Exchange Knowledge (Menyajikan/ Bertukar Pengetahuan)
·      Peserta didik mempresentasikan hasil studi lapangan dan media lain tentang penyakit pada system reproduksi  dan upaya pencegahan penyakit pada system reproduksi
·      Peserta didik merespon hasil presentasi dengan pertanyaan
·      Peserta didik merespon hasil presentasi dengan tanggapan dan sanggahan
Analysis & Evaluation (menarik kesimpulan)
·       Peserta didik menarik simpulan dari hasil pembelajaran dengan dibimbing oleh guru


·      Siswa merangkum materi dengan menuliskan ide masing-masing dari kegiatan pembelajaran yang diperolehnya
·      Guru melakukan refleksi dengan menyuruh siswa menuliskan hal-hal yang sudah diketahui dan yang belum diketahui
·      Guru memberikan tugas pengayaan tentang pembuatan poster pencegahan penyakit pada system reproduksi manusia yang akan dikumpulkan minggu depan.



F.        Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
Teknik penilaian yang digunakan yaitu sebagai berikut.
Teknik penilaian

 Bentuk instrumen
Observasi sikap
Lembar pengamatan sikap dan rubrik
Tes tertulis
Tes uraian dan pilihan ganda
Keterampilan
Penilaian produk

2.       Instrumen penilaian
Instrumen observasi sikap
No
Nama Peserta Didik
Aspek perilaku yang dinilai
Keterangan
Bekerja sama
Rasa ingin tahu
Tekun
Menghargai pendapat orang lain
1






2






3






Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria
berikut.
4 = sangat baik
3 = baik                            
2 = cukup
1 = kurang
Petunjuk Penskoran :
Jawaban sangat baik diberi skor 4, baik diberi skor 3, cukup diberi skor 2
dan kurang diberi skor 1.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :

       x 4 =  Skor Akhir
Instrumen Pengetahuan       
a.Pilihan ganda
1. Terdapat ciri penyakit sebagai berikut:
1. Gejala awal berupa borok pada tempat masuknya bakteri
2. Biasanya menyerang daerah sekitar kelamin
3. Disebabkan oleh Treponema pallidum
Ciri-ciri penyakit di atas dimiliki oleh orang yang menderita penyakit....
a. Gonorhea
b. Herpes Simplex Genitalis
c. Sifilis
d. HIV/AIDS
Jawaban : B
Jawaban yang benar diberi skor 1.
b. Soal uraian                          
1. Penyakit pada system reproduksi dapat disebabkan oleh beberapa factor, salah satunya adalah kurang menjaga kebersihan organ reproduksi. Upaya menjaga kebersihan apa yang dapat kamu lakukan sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit pada alat reproduksi.

Jawaban soal uraian
a. Menggunakan celana dalam yang berbahan katun dan bertesktur lembut. Hindari bahan yang bersifat panas, kurang menyerap keringat dan berbahan ketat (misalnya jeans).
b. Biasakan membilas dengan bersih organ reproduksi setiap selesai buang air kecil maupun buang air besar.
c. Mengganti celana dalam minimal 2 – 3 kali sehari.
d. Memotong rambut yang ada di daerah organ reproduksi apabila sudah panjang, karena apabila terlalu panjang akan menjadi sarang kuman.
eApabila sedang mengalami menstruasi, mengganti pembalut sesering mungkin.
f. Hindari menggunakan sabun pembersih daerah kewanitaan dan patyliner secara terus menerus.


Penilaian :
Skor 4  Jika jawaban lengkap dengan penjelasannya
Skor 3 jika jawaban lengkap tetapi masih terdapat kekurangan pada penjelasannya
Skor 2 jika jawaban kurang lengkap dan terdapat penjelasan
Skor 1 jika jawaban kurang lengkap
Penilaian produk
No
Indikator
Hasil Penilaian
(Baik)
(Cukup)
(Kurang)
1
Tampilan Poster



2
Sumber



3
Kelengkapan isi



4
Waktu pengumpulan



Jumlah Skor yang Diperoleh




Rubrik Penilaian
No
Indikator
Rubrik
1
Tampilan Poster
3. Tampilan sangat menarik
2. Tampilan cukup menarik.
1. Tampilan kurang menarik
No Indikator
2
Sumber
3. Sumber disebutkan dengan jelas
2. Sumber disebutkan tapi kurang jelas
1. Sumber disebutkan tapi tidak relevan
3
Kelengkapan Isi
3. Isi poster lengkap dan informatif.
2. Isi poster lengkap kurang informatif.
1. Isi poster kurang lengkap dan kurang informatif
4
Waktu
pengumpulan
3. Pengumpulan laporan tepat waktu.
2. Pengumpulan laporan kurang tepat waktu.
1. Pengumpulan laporan tidak tepat waktu.

Kriteria Penilaian :
   X 100 = Skor Akhir


3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
a.        Remedial : Peserta didik ditugaskan membuat rangkuman tentang penyebab penyakit menular pada alat perkembangbiakan manusia
b.       Siswa ditugaskan untuk membuat poster tentang pencegahan penyakit menular pada alat perkembang biakan manusia
G.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat
 Power poin mengenai kelainan dan penyakit menular pada alat perkembangbiakan manusia, proyektor,
2.     Bahan
Kertas , spidol, pewarna
3.     Sumber Belajar
Buku siswa, internet, hasil pengamatan di lapangan

No comments:

Post a Comment