RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
|
: SMP IT Al Araf
|
Mata pelajaran
|
: Ilmu Pengetahuan alam
|
Kelas/Semester:
|
: IX / 2
|
Alokasi Waktu:
|
: 2 x 40 menit
|
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
: Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
KI 2
: Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3
: Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
KI 4
: Mengolah, menyaji, dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai
dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut
pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas
ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem,
dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan
ajaran agama yang dianutnya.
|
C.
Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukkan sikap kagum akan penciptaan sifat kemagnetan bumi yang adal di
sekitar kita
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1
menunjukkan sikap rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan kritis ketika
pembelajaran tentang kemagnetan
|
3.7 Mendeskripsikan konsep
medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk
teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan
untuk mencari makanan dan migrasi
|
3.7.1 Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
3.7.2 Menjelaskan prinsip induksi
elektromagnetik
3.7.3 Menyebutkan contohcontoh penerapan
induksi elektromagnetik dalam kehidupan seharihari.
|
4.6 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan
prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
|
4.6.1.
Membuat pengangkat besi sederhana
|
D. Materi Pembelajaran
1.
Materi regular
a.
Magnet dapat dibuat
dengan 3 cara
1)
Menggosok
|
2)
induksi (mendekatkan)
|
3)
induksi elektromagnetik
|
b.
Induksi
elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan
medan magnet atau medan magnet yang mampu meng hasilkan listrik. Contoh penerapan induksi
elektromagnetik dalam kehidupan seharihari adalah generator, dinamo AC/DC,
dan transformator.
2.
Materi
pengayaan
Prinsip kerja induksi
elektromagnetik pada alat-alat dalam kehidupan sehari-hari.
3.
Meteri
remedial
Induksi elektromagnetik membahas
tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan
magnet yang mampu menghasilkan listrik.
E.
Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan kedua
Langkah
Pembelajaran
|
Sintak
Model Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
Basic Concept
(Konsep Dasar)
Defining the Problem (Definisi Masalah)
Self Learning (Belajar Mandiri/kelompok)
Exchange Knowledge (Menyajikan/ Bertukar
Pengetahuan)
Analysis & Evaluation (menarik kesimpulan)
|
·
Guru mengucapkan
salam.
·
Peserta didik
melakukan doa bersama dengan dipimpin oleh ketua kelas.
·
Guru memeriksa
kehadiran peserta didik.
·
Peserta didik mempersiapkan
diri dan perlengkapan untuk belajar.
·
Guru melakukan
apersepsi tenang materi pembelajaran sebelumnya tentang listrik dan konsep
magnet.
·
Peserta didik menyimak
KI, KD dan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran yaitu tentang cara
membuat magnet dan cara menghilangkan sifat magnet
|
10
menit
|
Kegiatan
Inti **)
|
Peserta
didik mengamati demontrasi yang dilakukan oleh guru. Demontrasi guru berisi
tentang pembuatan magnet dengan cara induksi dengan cara induksi
Peserta
didik diberikan kesempatan menanya kenapa saat dua buah paku di gantung di
magnet paku yang bawah tetap menempel tetapi ketika magnet di lepas paku
yang berada paling bawah ikut terlepas dari paku diatasnya.
Siswa
juga diberi kesematan bertanya jika belum memahami lembar kerja.
Peserta
didik mengumpulkan informasi dengan melakukan langkah kerja sesuai dengan
aktivitas 6.2 membuat magnet pada buku siswa.
Guru
membimbing siswa dalam melakukan langkah kerja aktivitas 6.2
Selain
dengan percobaan siswa juga mencari informasi dengan study pustaka
Siswa
mendiskusikan informasi yang telah diperoleh ketika melakukan langkah
kerja.
Siswa
mencoba membuat kesimpulan cara-cara pembuatan magnet, aspek-aspek yang
perlu diperhatikan ketika membuat magnet dan sifat-sifat magnet yang
diperoleh.
Perwakilan
kelompok memaparkan hasil kerjanya di depan kelas. Siswa yang lain
menanggapi pemaparan temannya yang ada didepan kelas sehingga terjadi
diskusi kelas dengan guru sebagai fasilitator.
|
|
Kegiatan
Penutup
|
·
Peserta didik menyimpulkan
materi yang telah di bahas dengan arahan guru
·
Peserta didik
mengevaluasi apa yang telah dilakukan pada praktikum hari itu kenapa
berhasil (jika berhasil) dan kenapa gagal (jika gagal)
·
Peserta didik mengerjakan
posttest dengan soal ditampilkan di papan tulis oleh guru.
·
Peserta didik menyimak
informasi materi yang akan di bahas pada pertemuan selanjutnya yaitu gaya
lorentz.
·
Peserta didik menerima
tugas untuk membuat pengangkat besi sederhana di rumah kemudian membawanya
ke sekolah.
·
Guru mengucapkan salam
penutup.
|
|
F.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
a.
Teknik penilaian
|
b.
Bentuk penilaian
|
Observasi
(penilaian sikap)
|
Lembar
observasi sikap dan rubric
|
Produk
(penilaian keterampilan)
|
Lembar
penilaian produk
|
Ter
tulis (pengetahuan)
|
Tes
pilihan ganda dan uraian!
|
2. Instrumen penilaian
a.
penilaian sikap
Instrumen:
No
|
Nama Siswa
|
Aspek sikap yang
dinilai
|
Jumlah score
|
NILAI
( 1 – 4 )
|
rasa ingin tahu
|
objektif
|
jujur
|
teliti
|
1
|
A
|
|
|
|
|
|
|
2
|
B
|
|
|
|
|
|
|
3
|
C
|
|
|
|
|
|
|
4
|
D
|
|
|
|
|
|
|
5
|
E
|
|
|
|
|
|
|
6
|
F
|
|
|
|
|
|
|
7
|
G
|
|
|
|
|
|
|
8
|
H
|
|
|
|
|
|
|
9
|
I
|
|
|
|
|
|
|
10
|
J
|
|
|
|
|
|
|
11
|
K
|
|
|
|
|
|
|
12
|
L
|
|
|
|
|
|
|
13
|
M
|
|
|
|
|
|
|
14
|
N
|
|
|
|
|
|
|
15
|
O
|
|
|
|
|
|
|
16
|
P
|
|
|
|
|
|
|
17
|
Q
|
|
|
|
|
|
|
18
|
R
|
|
|
|
|
|
|
19
|
S
|
|
|
|
|
|
|
20
|
T
|
|
|
|
|
|
|
Penghitungan
Nilai N =
Kriteria
4 :
Sangat Baik (SB)
3 :
Baik ( B )
2 :
Cukup ( C )
1 : Kurang
( K )
penilaian
keterampilan
LEMBAR OBSERVASI
Topic : teori dasar kemagnetan
Kelas : IX.A
No
|
Nama
|
Persiapan
percobaan
|
Pelaksanaan
percobaan
|
Kegiatan
akhir percobaan
|
Jumlah
skor
|
1
|
A
|
|
|
|
|
2
|
B
|
|
|
|
|
3
|
C
|
|
|
|
|
4
|
D
|
|
|
|
|
5
|
E
|
|
|
|
|
6
|
F
|
|
|
|
|
7
|
G
|
|
|
|
|
8
|
H
|
|
|
|
|
9
|
I
|
|
|
|
|
10
|
J
|
|
|
|
|
11
|
K
|
|
|
|
|
12
|
L
|
|
|
|
|
13
|
M
|
|
|
|
|
14
|
N
|
|
|
|
|
15
|
O
|
|
|
|
|
16
|
P
|
|
|
|
|
17
|
Q
|
|
|
|
|
18
|
R
|
|
|
|
|
19
|
S
|
|
|
|
|
21
|
T
|
|
|
|
|
Penilaian
Keterangan :
4 = Sangat Baik (SB)
3 = Baik (B)
2 = Cukup (C)
1 = Kurang (K)
Rubrik penilaian
No
|
Keterampilan
yang dinilai
|
Skor
|
rubrik
|
1
|
Persiapan
percobaan
|
30
|
-
Menyediakan alat dan bahan secara lengkap sesuai dengan keperluan percobaan
- Menyediakan LK
- Menggunakan jas laboratorium
|
20
|
Ada
2 aspek yang terpenuhi
|
10
|
Ada
1 aspek yang terpenuhi
|
2
|
Pelaksanaan
percobaan
|
30
|
- Memotong panjang kawat sesuai dengan
aturan dalam LK
- Menghubungkan kabel dan multimeter dengan
benar
- Membaca hambatan pada multimeter dengan
benar
|
20
|
Ada
2 aspek yang terpenuhi
|
10
|
Ada
1 aspek yang terpenuhi
|
3
|
Kegiatan
akhir percobaan
|
30
|
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke tempat semula
- Membuang sampah pada tempatnya
|
20
|
Ada
2 aspek yang terpenuhi
|
10
|
Ada
1 aspek yang terpenuhi
|
penilaian
tengatahuan
Pilihlah jawaban yang benar!
No.
|
soal
|
IPK
|
Kunci
jawaban
|
1.
|
Perhatikan
gambar berikut!
Jika sebuah paku
dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada
paku adalah …
a. paku akan meleleh
b.
paku mampu mengalirkan listrik
c. paku dapat menjadi magnet
d.
paku tidak mengalami reaksi apapun
|
1
|
C
|
3.
|
Peralatan
berikut yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik adalah….
a. kipas angin c. lampu
b. jam tangan d.
kompor
|
3
|
A
|
Jawablah pertanyaan ini dengan benar
|
Apa
yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik……
|
2
|
Induksi elektromagnetik membahas tentang
konsep arus listrik
yang
dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet
yang
mampu menghasilkan listrik.
|
Penilaian
:
Ketentuan
: bobot skor benar setiap butir soal PG adalah = 1
: bobot skor benar setiap
butir soal uraian adalah = 1-4 sesuai dengan bobot jawaban
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran remedial
dilakukan jika ada siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar pada KD 3.7 dengan
melakukan pertemuan di luar jam pelajaran dan ujian ulang
Pengayaan dilakukan
untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa mengenai materi yang dipelajari
G. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media
Laptop, infokus,
2.
Bahan/Alat
Alat-alat yang diperlukan untuk praktikum pembuatan magnet dan induksi
eleektromagnetik
3. Sumber Belajar
Buku siswa kelas IX
Internet
LKS
Guru
|
No comments:
Post a Comment