Wednesday, November 4, 2015

RPP IPA kelas 9 14


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMP IT Al Araf
Mata pelajaran
: Ilmu Pengetahuan alam
Kelas/Semester:
: IX / 2
Alokasi Waktu:
: 2 x 40 menit

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1  :  Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3  :  Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4  :  Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak  (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.       Kompetensi Dasar
1.1     Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.

C.       Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1 Menunjukkan sikap kagum akan penciptaan sifat kemagnetan bumi yang adal di sekitar kita


2.1     Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari 

2.1.1 menunjukkan sikap rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan kritis ketika pembelajaran tentang kemagnetan

3.7     Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi

3.7.1  Menjelaskan 3 cara membuat magnet.
3.7.2  Menjelaskan prinsip induksi elektromagnetik
3.7.3  Menyebutkan contoh­contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari­hari.
4.6    Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/atau induksi elektromagnetik
4.6.1. Membuat pengangkat besi sederhana

D.       Materi Pembelajaran
1.     Materi regular
a.     Magnet dapat dibuat dengan 3 cara
1)         Menggosok


2)         induksi (mendekatkan)

3)         induksi elektromagnetik


b.     Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet yang mampu meng  hasilkan listrik. Contoh penerapan induksi elektromagnetik dalam kehidupan sehari­hari adalah generator, dinamo AC/DC, dan transformator.
2.     Materi pengayaan
Prinsip kerja induksi elektromagnetik pada alat-alat dalam kehidupan sehari-hari.
3.     Meteri remedial
Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet yang mampu menghasilkan listrik.

E.        Kegiatan Pembelajaran

   Pertemuan kedua

Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan















Basic Concept
(Konsep Dasar)






Defining the Problem (Definisi Masalah)




Self Learning (Belajar Mandiri/kelompok)










Exchange Knowledge (Menyajikan/ Bertukar Pengetahuan)

Analysis & Evaluation (menarik kesimpulan)

·      Guru mengucapkan salam.
·      Peserta didik melakukan doa bersama dengan dipimpin oleh ketua kelas.
·      Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
·      Peserta didik mempersiapkan diri dan perlengkapan untuk belajar.
·      Guru melakukan apersepsi tenang materi pembelajaran sebelumnya tentang listrik dan konsep magnet.
·      Peserta didik menyimak KI, KD dan indikator pencapaian kompetensi pembelajaran yaitu tentang cara membuat magnet dan cara menghilangkan sifat magnet
10 menit
Kegiatan Inti **)































Peserta didik mengamati demontrasi yang dilakukan oleh guru. Demontrasi guru berisi tentang pembuatan magnet dengan cara induksi dengan cara induksi

Peserta didik diberikan kesempatan menanya kenapa saat dua buah paku di gantung di magnet paku yang bawah tetap menempel tetapi ketika magnet di lepas paku yang berada paling bawah ikut terlepas dari paku diatasnya.
Siswa juga diberi kesematan bertanya jika belum memahami lembar kerja.

Peserta didik mengumpulkan informasi dengan melakukan langkah kerja sesuai dengan aktivitas 6.2 membuat magnet pada buku siswa.
Guru membimbing siswa dalam melakukan langkah kerja aktivitas 6.2
Selain dengan percobaan siswa juga mencari informasi dengan study pustaka
Siswa mendiskusikan informasi yang telah diperoleh ketika melakukan langkah kerja.
Siswa mencoba membuat kesimpulan cara-cara pembuatan magnet, aspek-aspek yang perlu diperhatikan ketika membuat magnet dan sifat-sifat magnet yang diperoleh.

Perwakilan kelompok memaparkan hasil kerjanya di depan kelas. Siswa yang lain menanggapi pemaparan temannya yang ada didepan kelas sehingga terjadi diskusi kelas dengan guru sebagai fasilitator.



Kegiatan Penutup
·         Peserta didik menyimpulkan materi yang telah di bahas dengan arahan guru
·         Peserta didik mengevaluasi apa yang telah dilakukan pada praktikum hari itu kenapa berhasil (jika berhasil) dan kenapa gagal (jika gagal)
·         Peserta didik mengerjakan posttest dengan soal ditampilkan di papan tulis oleh guru.
·         Peserta didik menyimak informasi materi yang akan di bahas pada pertemuan selanjutnya yaitu gaya lorentz.
·         Peserta didik menerima tugas untuk membuat pengangkat besi sederhana di rumah kemudian membawanya ke sekolah.
·         Guru mengucapkan salam penutup.




F.        Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
a.     Teknik penilaian
b.     Bentuk penilaian
Observasi (penilaian sikap)
Lembar observasi sikap dan rubric
Produk (penilaian keterampilan)
Lembar penilaian produk
Ter tulis (pengetahuan)
Tes pilihan ganda dan uraian!


2.       Instrumen penilaian
a.     penilaian sikap
Instrumen:
No
Nama Siswa
Aspek sikap yang dinilai
Jumlah score
NILAI
( 1 – 4 )

rasa ingin tahu
objektif
jujur
teliti
1
A






2
B






3
C






4
D






5
E






6
F






7
G






8
H






9
I






10
J






11
K






12
L






13
M






14
N






15
O






16
P






17
Q






18
R






19
S






20
T







Penghitungan Nilai N  =   
Kriteria
4 : Sangat Baik (SB)
3 : Baik ( B )
2 : Cukup ( C )
1 : Kurang ( K )













penilaian keterampilan
LEMBAR OBSERVASI
Topic : teori dasar kemagnetan
Kelas : IX.A
No
Nama
Persiapan percobaan
Pelaksanaan percobaan
Kegiatan akhir percobaan
Jumlah skor
1
A




2
B




3
C




4
D




5
E




6
F




7
G




8
H




9
I




10
J




11
K




12
L




13
M




14
N




15
O




16
P




17
Q




18
R




19
S




21
T






Penilaian

Keterangan :
4 = Sangat Baik (SB)
3 = Baik (B)
2 = Cukup (C)
1 = Kurang (K)









Rubrik penilaian
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
rubrik
1
Persiapan percobaan
30
- Menyediakan alat dan bahan secara lengkap sesuai dengan keperluan percobaan
-  Menyediakan LK 
-  Menggunakan jas laboratorium
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang  terpenuhi
2
Pelaksanaan percobaan
30
-  Memotong panjang kawat sesuai dengan aturan dalam LK
-  Menghubungkan kabel dan multimeter dengan benar
-  Membaca hambatan pada multimeter dengan benar
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang  terpenuhi
3
Kegiatan akhir percobaan
30
-  Membersihkan meja praktikum
-  Mengembalikan alat ke tempat semula
-  Membuang sampah pada tempatnya
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang  terpenuhi

penilaian tengatahuan
Pilihlah jawaban yang benar!
No.
soal
IPK
Kunci jawaban
1.
Perhatikan gambar berikut!
Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada paku adalah …
a.  paku akan meleleh
b. paku mampu mengalirkan listrik
c.  paku dapat menjadi magnet
d. paku tidak mengalami reaksi apapun
1
C
3.
Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip induksi elektromagnetik adalah….
a.  kipas angin                                                        c.  lampu
b.  jam tangan                                                        d. kompor
3
A
Jawablah pertanyaan ini dengan benar

Apa yang dimaksud dengan induksi elektromagnetik……
2
  Induksi elektromagnetik membahas tentang konsep arus listrik
yang dapat menghasilkan medan magnet atau medan magnet
yang mampu menghasilkan listrik.
Penilaian :
Ketentuan : bobot skor benar setiap butir soal PG adalah = 1
                    : bobot skor benar setiap butir soal uraian adalah = 1-4 sesuai dengan bobot jawaban

3.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Pembelajaran remedial dilakukan jika ada siswa yang belum mencapai ketuntasan belajar pada KD 3.7 dengan melakukan pertemuan di luar jam pelajaran dan ujian ulang
Pengayaan dilakukan untuk menambah pengetahuan dan wawasan siswa mengenai materi yang dipelajari

G.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media
Laptop, infokus,
2.     Bahan/Alat
Alat-alat yang diperlukan untuk praktikum pembuatan magnet dan induksi eleektromagnetik
3.     Sumber Belajar
Buku siswa kelas IX
Internet
LKS
Guru

No comments:

Post a Comment