Wednesday, November 4, 2015

RPP IPA kelas 9 .16


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
SMP NEGERI 3 SUBANG
Mata pelajaran:
IPA
Kelas/Semester:
IX / 2
Alokasi Waktu:
2 X 40 MENIT ( 1 TM )

A.       Kompetensi Inti (KI)
KI 1.        Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 .       Menghargai dan menghayati perilaku jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun, percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.        Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4.        Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari

B.KOMPETENSI DASAR
C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Mensyukuri nikmat yang telah diberikan   Tuhan
1.1.2 Berdo’a sebelum belajar
2.1 Menunjukkan prilaku ilmiah ( memiliki rasa ingin tahu,objektif, jujur,teliti,cermat, tekun,hati-hati,bertanggung jawab, terbuka, kritis, kreatif, inovatif dan peduli terhadap lingkungan) dalam aktifitas sehari-hari
2.1.1 Menunjukkan sikap jujur, teliti,cermat dan bertanggung jawab
3.8 Mengidentifikasi  proses dan hasil pewarisan sifat serta penerapannya dalam pemulian makhluk hidup
3.8.1Menjelaskan istilah-istilah dalam pewarisan sifat pada makhluk hidup
4.7  Melakukan percobaan sederhana untuk menemukan hukum pewarisan sifat makhluk hidup. 

4.7.1Membuat bagan persilangan sesuai dengan data yang sudah disajikan








B.       Materi Pembelajaran
Hukum Pewarisan Sifat
Teori penurunan sifat diperkenalkan pertama kali oleh Gregor Mendel yang mendapat julukan sebagai bapak klasifikasi.
Istilah-istilah dalam pewarisan sifat :
-          Parental : Induk yang akan disilangkan
-          Filial        : Keturunan
-          Gamet    : Sel kelamin
-          Fenotip  : Sifat yang tampak
-          Genotif   : Sifat yang tidak tampak
-          Dominan: Sifat yang muncul yang mengalahkan sifat yang lainnya
-          Resesif    :Sifat yang tidak muncul yang terkalahkan
Persilangan monohibrida
Persilangan yang memperhatikan satu sifat beda pada induk

Materi Pengayaan :
Persilangan dihibrida
Kacang biji bulat warna kuning dengan genotip BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotip b hijau tentukanbkk, jika bulat kuning dominan terhadap lonjong tentukan :
a.        F1       b. F2,jika disilangkan sesamanya

Materi Remedial
Materi regular yang diberikan kepada peserta didik yang belum memahami/mencapai ketuntasan dalam pembelajaran
Proses persilangan monohybrid dalam menentukan rasio fenotip dan genotip

C.       Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan Pertama: ( 2 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Kegiatan Pendahuluan







Menciptakan stimulasi







Identifikasi masalah





Mengumpulkan data


Mengolah data

Pembuktian

Menarik kesimpulan



Refleksi
-Guru mengucapkan salam
-Menyiapkan peserta didik untuk belajar
-Menanyakan presensi
-Mengajak peserta didik berdoa
-Mengulas Materi sebelumnya
-Guru memaparkan KI  dan KD
-Menyampaikan manfaat mempelajari materi pewarisan sifat
-Peserta didik diberi motivasi dengan cara mengamati gambar persilangan tanaman ercis             ( Pisum Sativum )
diharapkan peserta didik bertanya berdasarkan gambar yang diamati

-Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan pewarisan sifat sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya

-Guru bertanya, apa yang dapat kalian temukan dari gambar tersebut
Diharapkan peserta didik dapat membuat kesimpulan sementara

 -Peserta didik dibagi menjadi 9 kelompok

-Peserta didik bersama kelompok melakukan pengamatan dan menyelesaikan proses persilangan dengan satu sifat beda pada tanaman bunga ercis

Kemudian dilanjutkan dengan mencari kemungkinan rasio fenotip dan genotip yang muncul pada persilangan tersebut

Peserta didik bersama kelompok mengolah data hasil pengamatan dan diskusi kelompok

Peserta didik menarik kesimpulan dari hasil diskusi
Peserta didik mempresentasikan hasil di depan kelas


2 menit
(10 menit )






Kegiatan Inti **)








50 menit
Kegiatan Penutup
Guru bersama siswa merefleksi hasil kegiatan

Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang berkinerja baik

Pemberian tugas penyelesaian soal-soal latihan yang berhubungan dengan materi  yang dipelajari

Menyampaikan materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya.

20 menit


D.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
Metode
Bentuk Instrumen
• Sikap
• Lembar Pengamatan Sikap dan Rubrik
• Tes Unjuk kerja
• Tes Penilaian Hasil Pengamatan (Observasi)
• Tes Tertulis
• Tes Uraian

1.       Instrumen
a.        Lembar Pengamatan Siswa
1.   Lembar pengamatan Sikap 
                                 Lembar Observasi sikap pada kegiatan  diskusi

NO
NAMA
DISIPLIN
TANGGUNG
JAWAB
JUJUR
TELITI












Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan. Kriterianya  yaitu: 4 = sangat baik ; 3 = baik ; 2 = cukup ; 1 = kurang
Nilai = jumlah skor   x 100
                   16
 
2.       Instrument penilaian kompetensi pengetahuan
Tes tertulis : a. Pilihan ganda

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat

1.       Parental merupakan istilah yang terdapat pada pewarisan sifat yang artinya adalah….
a.        Induk       b. Keturunan     c. Sifat yang sering muncul  d. Sifat yang terkalahkan

Kunci jawaban A  Skor  1

b.       Soal Uraian
Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat
1.       Buah A memiliki genotip BB dengan bentuk buah bulat,sementara buah B memiliki genotip bb dengan bentuk buah lonjong.
A.       Apabila kedua buah tersebut disilangkan , tentukanlah kombinasi gen antara buah A dan buah B menggunakan table Punnet!
B.       Apabila gen B dominan terhadap gen b ,maka tentukan fenotip dari hasil kombinasi gen yang kamu lakukan.

Kunci jawaban skor 5
a.        Parental BB X bb
Filial    Bb         
b.       BB = Bulat          Bb = Bulat            bb = lonjong

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
        Remedial : Ayo kalian diskusikan
        Diskusikan dengan teman sebangkumu fenomena pewarisan sifat pada jenis cuping telinga ( melekat dan terpisah ). Buatlah diagram persilangan dari ayah yang memilikikarakter cuping yang terpisah dengan genotip GG ( Dominan ) dan ibu yang memiliki karakter cuping yang melekat dengan genotip gg ( resesif ). Bagaimana karakter cuping anaknya ? Bagaimana karakter cuping cucu mereka jika anaknya menikah dengan orang yanf memiliki cuping melekatbdengan genotip gg ( resesip )
    
              Pengayaan
          Kacang biji bulat warna kuning dengan genotip BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotip b hijau tentukanbkk, jika bulat kuning dominan terhadap lonjong tentukan :
b. F1       b. F2,jika disilangkan sesamanya

         
E.        Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat   : Komputer, LCD
2.     Bahan           
3.     Sumber Belajar:- Buku IPA Kelas IX, Puskurbuk 2013
        -LKS


No comments:

Post a Comment