RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 . Menghargai dan menghayati perilaku
jujur,disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,gotong royong), santun,
percaya diri,dalam berinteraksisecara efektif denganlingkungan sosial dan
alamdalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3. Memahami
dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
B.
Materi
Pembelajaran
Hukum Pewarisan Sifat
Teori penurunan sifat
diperkenalkan pertama kali oleh Gregor Mendel yang mendapat julukan sebagai
bapak klasifikasi.
Istilah-istilah dalam
pewarisan sifat :
-
Parental : Induk yang akan disilangkan
-
Filial :
Keturunan
-
Gamet : Sel kelamin
-
Fenotip : Sifat yang
tampak
-
Genotif : Sifat yang
tidak tampak
-
Dominan: Sifat yang muncul yang mengalahkan sifat yang
lainnya
-
Resesif :Sifat yang
tidak muncul yang terkalahkan
Persilangan monohibrida
Persilangan yang
memperhatikan satu sifat beda pada induk
Materi Pengayaan :
Persilangan dihibrida
Kacang biji bulat warna kuning dengan genotip BBKK
disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan genotip b hijau
tentukanbkk, jika bulat kuning dominan terhadap lonjong tentukan :
a.
F1 b. F2,jika
disilangkan sesamanya
Materi
Remedial
Materi
regular yang diberikan kepada peserta didik yang belum memahami/mencapai
ketuntasan dalam pembelajaran
Proses
persilangan monohybrid dalam menentukan rasio fenotip dan genotip
C.
Kegiatan
Pembelajaran
D.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
1.
Instrumen
a.
Lembar Pengamatan Siswa
1. Lembar pengamatan Sikap
Lembar Observasi sikap pada
kegiatan diskusi
Cara pengisian lembar penilaian
sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.
Kriterianya yaitu: 4 = sangat baik ; 3
= baik ; 2 = cukup ; 1 = kurang
Nilai = jumlah skor
x 100
16
2.
Instrument penilaian kompetensi pengetahuan
Tes tertulis : a. Pilihan ganda
Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat
1.
Parental merupakan istilah yang terdapat pada pewarisan
sifat yang artinya adalah….
a.
Induk b. Keturunan c. Sifat yang sering muncul d. Sifat yang terkalahkan
Kunci jawaban A
Skor 1
b.
Soal Uraian
Jawablah
pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat
1.
Buah A memiliki genotip BB dengan bentuk buah
bulat,sementara buah B memiliki genotip bb dengan bentuk buah lonjong.
A.
Apabila kedua buah tersebut disilangkan , tentukanlah
kombinasi gen antara buah A dan buah B menggunakan table Punnet!
B.
Apabila gen B dominan terhadap gen b ,maka tentukan fenotip
dari hasil kombinasi gen yang kamu lakukan.
Kunci jawaban skor 5
a.
Parental BB X bb
Filial
Bb
b.
BB = Bulat Bb
= Bulat bb = lonjong
3.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
Remedial : Ayo kalian diskusikan
Diskusikan
dengan teman sebangkumu fenomena pewarisan sifat pada jenis cuping telinga (
melekat dan terpisah ). Buatlah diagram persilangan dari ayah yang
memilikikarakter cuping yang terpisah dengan genotip GG ( Dominan ) dan ibu
yang memiliki karakter cuping yang melekat dengan genotip gg ( resesif ).
Bagaimana karakter cuping anaknya ? Bagaimana karakter cuping cucu mereka
jika anaknya menikah dengan orang yanf memiliki cuping melekatbdengan genotip
gg ( resesip )
Pengayaan
Kacang biji bulat warna kuning
dengan genotip BBKK disilangkan dengan kacang biji lonjong warna hijau dengan
genotip b hijau tentukanbkk, jika bulat kuning dominan terhadap lonjong
tentukan :
b. F1 b. F2,jika disilangkan sesamanya
E.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat :
Komputer, LCD
2.
Bahan
3.
Sumber Belajar:- Buku IPA Kelas IX, Puskurbuk 2013
-LKS
|
|||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
Wednesday, November 4, 2015
RPP IPA kelas 9 .16
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment