RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester :
IX / 2
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 2 JP )
A.
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab,
peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja
individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.7 Mendeskripsikan konsep medan
magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta
pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan
dan migrasi
4.7 Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/
atau induksi elektromagnetik
C.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1
Menunjukkan
sikap kagum akan penciptaan sifat kemagnetan bumi yang adal di sekitar kita
2.1.1
Menunjukkan
sikap rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan kritis ketika pembelajaran tentang
kemagnetan
2.2.1 Menunjukkan
sikap menghargai pekerjaan teman satu kelompoknya
3.7.1
Menjelaskan
pengertian magnet.
3.7.2
Membedakan
feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.7.3
Menyebutkan contoh
feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.7.4
Menjelaskan 3 cara
menghilangkan sifat magnet.
D. Materi Pembelajaran
1. Materi Kegiatan Inti
a) Konsep Kemagnetan
Magnet
terbuat dari logam seperti besi dan baja. Magnet memiliki
berbagai
bentuk dan dinamakan sesuai bentuknya, seperti yang bisa
kamu
lihat pada Gambar 1, berikut :
Penentuan kutub magnet
batang dapat dilakukan dengan percobaan
Sederhana berupa batang magnet di atas gabus
yang terapung di atas air, gambar 2.:
b) Sifat Magnet Bahan
Dari manakah kekuatan magnet berasal?
Apa beda gaya magnet
dengan
gaya listrik? Mari mengingat materi tentang gaya listrik! Gaya
listrik
berasal dari adanya interaksi antara muatan listrik, sedangkan
gaya
magnet berasal dari adanya interaksi antara kutub-kutub magnet
yang
ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik (elektron) pada benda.
Pada
benda non magnetik, kutub utara dan kutub selatan partikel elementer
magnet
pada benda tersebut tersebar secara acak, sehingga benda tidak
memiliki
sifat magnet. Pada beberapa jenis logam tertentu, seperti besi
dan
baja, sejumlah magnet elementer magnet dapat disusun berbaris
pada
arah tertentu hingga benda bersifat sebagai magnet. Inilah jenis benda
yang
tergolong magnetik
Bagaimanakah
kekuatan magnet pada masing-masing benda
tersebut?
Berdasarkan sifat interaksi bahan terhadap magnet,benda diklasifikasikan
menjadi
tiga kelompok, yaitu feromagnetik,
diamagnetik,
dan paramagnetik.
2. Materi Pengayaan
Prinsip Kemagnetan dalam tubuh hewan
E.
Kegiatan Belajar Mengajar
1.
Pertemuan
Pertama
Langkah
Pemb.
|
Sintaks
Model
Pemb.
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
A
Pendahuluan
|
-Mengamati
-Menanya
|
-Guru memberi salam dan menyapa peserta
didik.
-Peserta didik
berdoa untuk memulai pelajaran.
- Guru mengaitkan
materi sebelumnya dengan
materi yang akan
dipelajari (ada penayangan
Gambar 1.)
- Guru
menyampaikan garis besar cakupan
materi pertmuan ini.
-Disertai penayangan gambar 2 atau video
guru menyampaikan manfaat materi
pembelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari.
|
10 menit
|
B
Kegiatan
Inti
|
-Menanya
-Mengumpulkan
data
|
-Guru mengkondisikan kelas untuk berkelompok
agar dapat
melaksanakan percobaan (termasuk membagikan LKS 6.1 per kelompok)
|
60 menit
|
-Menanya
-Mengumpulkan
data
|
Sesuai LKS siswa perkelompok
mempersiapkan peralatan dan bahan yang digunakan untuk pembelajaran hari ini
|
||
|
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
data
-Mengasosiasi
|
Melakukan
percobaan dan mencatat hasil percobaan dan mendiskusikan hasil percobaan
dalam kelompok (LKS 6.1)
|
|
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
data
-Mengasosiasi
-Menyajikan
|
Membahas
hasil diskusi kelompok dengan mempresentasikan jawaban di depan kelas (konsep
gaya magnet)
Jangan lupa
guru menilai siswa (Penil.Sikap & Penilaian Proses)
Siswa juga
membaca buku siswa atau sumber lain (sesuai kreativitas masing-masing siswa)
sebagai bahan rujukan/konfirmasi, termasuk kepada guru.
|
||
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
data
-Mengasosiasi
-Menyajikan
-Bertukar
Pengetahuan
-Analisis
-Evaluasi
|
-Siswa
dipersilahkan menyimpulkan dari hasil seluruh
kelompok.
-Siswa
mendengarkan kesimpulan guru tentang medan
Magnet
|
||
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
data
-Mengasosiasi
-Menyajikan
-Bertukar
Pengetahuan
-Analisis
-Evaluasi
|
-Guru
memberi penghargaan kepada kelompok yang
berkinerja baik.
-Siswa diminta
untuk menyerahkan kepada guru
laporan/hasil Praktikum kelompok.
|
C
Penutup
|
|
-Guru menyampaikan informasi
materi Sifat Magnet Bahan sebagai materi pertemuan berikutnya, siswa diminta
mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan tugas siswa.
|
10 menit
|
|
-Siswa diberi postes (penilaian
hasil pembelajaran).
|
||
|
-Guru mengakhiri pembelajaran
dengan salam.
|
F.
Penilaian
a.Teknik
|
b.Bentuk Instrumen
|
Lembar Penilaian Sikap
|
Observasi
|
|
Penilaian Diri
|
Penilaian Pengetahuan :
|
|
Tes Tertulis
|
Tes PG
|
Penilaian Praktik
|
Cheklist
|
1. Penilaian Sikap
a. Observasi
1)
Kegiatan
Pengamatan
a) Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah yaitu disiplin,
tanggung jawab, jujur, teliti, kreatif dan peduli dalam melakukan pengamatan
dan pengukuran sifat
magnet bahan.
b) Lembar
Penilaian :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Jujur
|
Teliti
|
Kreatif
|
Peduli
|
Jumlah Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c) Rubrik Pemberian Skor :
-
Skor 4 : jika selalu berperilaku
dalam kegiatan
-
Skor 3 : jika sering berperilaku
dalam kegiatan
-
Skor 2 : jika kadang-kadang
berperilaku dalam kegiatan
-
Skor 1 : jika tidak pernah
berperilaku dalam kegiatan
Jumlah Skor
Nilai = X 100
Skor maksimum
d) Predikat dan Nilai :
Predikat
|
Nilai
|
Sangat Baik
(SB)
|
80 ≤ SB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
K < 60
|
2)
Kegiatan Diskusi
a) Indikator : Peserta didik menunjukkan
perilaku sosial yaitu kerja sama,
santun, toleran, responsif, proaktif, dan bijaksana sebagai wujud kemampuan
memecahkan masalah dan membuat keputusan.
b)
Lembar Penilaian :
No
|
Nama Peserta Didik
|
Kerja sama
|
Santun
|
Toleran
|
Responsif
|
Proaktif
|
Bijaksana
|
Jumlah Skor
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
c) Rubrik Pemberian Skor :
-
Skor 4 : jika selalu berperilaku dalam
kegiatan
-
Skor 3 : jika sering berperilaku
dalam kegiatan
-
Skor 2 : jika kadang-kadang
berperilaku dalam kegiatan
-
Skor 1 : jika tidak pernah
berperilaku dalam kegiatan
Jumlah Skor
Nilai = X 100
Skor maksimum
d) Predikat dan Nilai :
Predikat
|
Nilai
|
Sangat Baik
(SB)
|
80 ≤ SB ≤ 100
|
Baik (B)
|
70 ≤ B ≤ 79
|
Cukup (C)
|
60 ≤ C ≤ 69
|
Kurang (K)
|
K < 60
|
b. Penilaian Diri
1)
Lembar Penilaian Diri Peserta Didik :
PENILAIAN
DIRI
Tugas :
Pengamatan dan Pengukuran Nama
: ...................................
Kelas : ...................................
Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V
pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!
|
|||
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan dengan
sungguh-sungguh dan disiplin
|
|
|
2
|
Saya melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan dengan penuh
tanggung jawab demi menggali kreativitas diri
|
|
|
3
|
Selama melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan saya bekerja
sama dengan teman satu meja
|
|
|
4
|
Saya mencatat data hasil pengukuran sifat magnet bahan dengan
teliti sesuai fakta
|
|
|
5
|
Saya melakukan tugaspengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan sesuai
dengan waktu yang telah ditentukan
|
|
|
6
|
Saya membaca buku sumber untuk mempermudah kegiatan pengamatan
dan pengukuran sifat
magnet bahan
|
|
|
7
|
Saya membaca buku sumber lain yang mendukung kegiatan
pembelajaran
|
|
|
8
|
Saya melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan benda lain
yang ada di dalam kelas
|
|
|
9
|
Saya melakukan pengukuran sifat magnet bahan dengan
berbagai satuan
|
|
|
10
|
Saya mengkonfirmasi hasil pengukuran dengan satuan baku yang digunakan secara
internasional
|
|
|
*) Pemberian skor : YA = 2, TIDAK = 1
Rekapitulasi Penilaian Diri :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Topik/Sub Topik : Teori Dasar Kemagnetan / Sifat Kemagnetan Benda
Kelas : 9 (Sembilan)
|
|||||||||||||
No
|
Nama Peserta Didik
|
Skor Pernyataan
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
Pengetahuan
Indikator
: Berdasarkan data pengamatan, hasil
pengukuran sifat
magnet bahan, peserta didik dapat :
-
Menjelaskan pengertian Sifat Kemagnetan Bahan
-
Menyebutkan tiga macam sifat bahan/benda
-
Melakukan pengukuran sifat magnet bahan
-
Menyebutkan contohnya masing-masing.
a. Teknik
Penilaian : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
No
|
Indikator
|
Butir
Instrumen
|
1
|
Menjelaskan pengertian magnet
|
Apakah yang dimaksud dengan magnet?
|
2
|
Menjelaskan pengertian kemagnetan
|
Apakah yang dimaksud dengan kemagnetan?
|
3
|
Menyebutkan tiga macam sifat bahan magnet
|
Sebutkan tiga sifat bahan magnet yang kamu ketahui?
|
4
|
Menyebutkan contoh-contoh benda/bahan
feromagnet, paramagnet, dan diamagnet
|
Sebutkan contoh-contoh benda/bahan
feromagnet, paramagnet, dan diamagnet !
|
5
|
Menjelaskan satuan panjang yang digunakan secara
internasional
|
Sebutkan satuan panjang yang biasa dipakai secara
internasional!
|
3.
Keterampilan
a.
Teknik Penilaian :Tes
Praktik.
b.
Bentuk Instrumen : Check list
Kisi - kisi
No.
|
Keterampilan
|
Butir
Instrumen
|
|
Menyajikan hasil pengamatan.
|
Tes Praktik1
|
|
Memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada benda.
|
Tes Praktik1
|
|
Mengomunikasikan hasil pengamatan secara
tertulis dan lisan.
|
Tes Praktik1
|
|
Melakukan pengukuran sifat magnet bahan.
|
Tes Praktik2
|
|
Memprediksi hasil pengukuran yang telah
dilakukan secara individu.
|
Tes Praktik2
|
G.
Sumber dan Media Belajar
1. BSE untuk Kelas IX SMP Suharyanto dan buku
lainnya yang relevan.
2. Lembar Kerja Siswa dan Kunci Lembar
Kerja Siswa
3. Alat Pembelajaran : Video dan Animasi, Powerpoint
Sukabumi, ...........................................................
Menyetujui,
|
||
Dosen Pembimbing I
……………………………
NIP.
|
Dosen Pembimbing II
……………………………
NIP.
|
Guru Pamong
Devi Soviandi,S.Pd.
NIP. 196806061994121001
|
Mengetahui :
Kepala SMP PESANTREN HUSNAYAIN,
SAELANI, M.Pd.
NIY. -
|
No comments:
Post a Comment