Wednesday, November 4, 2015

RPP IPA Kelas 9 .15



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Mata Pelajaran                        : IPA
Kelas / Semester                      : IX / 2
Alokasi Waktu                        : 2 x 40 menit   ( 2 JP )

A.      Kompetensi Inti
KI   1 :   Menghargai dan Menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI   2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI   3 :   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI   4 :   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.       Kompetensi Dasar
1.1              Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1       Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2       Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3       Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4       Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
3.7       Mendeskripsikan konsep medan magnet, induksi elektromagnetik,dan penggunaannya dalam produk teknologi, serta pemanfaatan medan magnet dalam pergerakan/navigasi hewan untuk mencari makanan dan migrasi
4.7       Membuat karya sederhana yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik dan/ atau induksi elektromagnetik


C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1.1        Menunjukkan sikap kagum akan penciptaan sifat kemagnetan bumi yang adal di sekitar kita
2.1.1        Menunjukkan sikap rasa ingin tahu, bertanggung jawab dan kritis ketika pembelajaran tentang kemagnetan
2.2.1    Menunjukkan sikap menghargai pekerjaan teman satu kelompoknya
3.7.1        Menjelaskan pengertian magnet.
3.7.2        Membedakan feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.7.3        Menyebutkan contoh feromagnetik, paramagnetik, dan diamagnetik.
3.7.4        Menjelaskan 3 cara menghilangkan sifat magnet.

D.   Materi Pembelajaran
1. Materi Kegiatan Inti
a)         Konsep Kemagnetan
Magnet terbuat dari logam seperti besi dan baja. Magnet memiliki
berbagai bentuk dan dinamakan sesuai bentuknya, seperti yang bisa
kamu lihat pada Gambar 1, berikut :
 



 Penentuan kutub magnet batang dapat dilakukan dengan percobaan
  Sederhana berupa batang magnet di atas gabus yang terapung di atas air, gambar 2.:
           
b)       Sifat Magnet Bahan
            Dari manakah kekuatan magnet berasal? Apa beda gaya magnet
dengan gaya listrik? Mari mengingat materi tentang gaya listrik! Gaya
listrik berasal dari adanya interaksi antara muatan listrik, sedangkan
gaya magnet berasal dari adanya interaksi antara kutub-kutub magnet
yang ditimbulkan oleh gerakan muatan listrik (elektron) pada benda.


Pada benda non magnetik, kutub utara dan kutub selatan partikel elementer
magnet pada benda tersebut tersebar secara acak, sehingga benda tidak
memiliki sifat magnet. Pada beberapa jenis logam tertentu, seperti besi
dan baja, sejumlah magnet elementer magnet dapat disusun berbaris
pada arah tertentu hingga benda bersifat sebagai magnet. Inilah jenis benda
yang tergolong magnetik
Bagaimanakah kekuatan magnet pada masing-masing benda
tersebut? Berdasarkan sifat interaksi bahan terhadap magnet,benda diklasifikasikan
menjadi tiga kelompok, yaitu feromagnetik, diamagnetik, dan paramagnetik.

2.       Materi Pengayaan
          Prinsip Kemagnetan dalam tubuh hewan


E.       Kegiatan Belajar Mengajar

1.      Pertemuan Pertama
Langkah
Pemb.
Sintaks
Model
Pemb.
Deskripsi
Alokasi
Waktu

A

Pendahuluan
-Mengamati
-Menanya
-Guru memberi salam dan menyapa peserta
 didik.
-Peserta didik berdoa untuk memulai pelajaran.
- Guru mengaitkan materi  sebelumnya  dengan
  materi yang akan dipelajari (ada penayangan
  Gambar 1.)
- Guru menyampaikan garis besar cakupan
  materi pertmuan ini.
-Disertai penayangan gambar 2 atau video
  guru  menyampaikan manfaat materi
  pembelajaran yang akan dipelajari dalam
  kehidupan sehari-hari.

10 menit

B

Kegiatan Inti
-Menanya
-Mengumpulkan
 data

-Guru mengkondisikan kelas untuk berkelompok
 agar dapat melaksanakan percobaan (termasuk membagikan LKS 6.1 per kelompok)
60 menit
-Menanya
-Mengumpulkan
 data

Sesuai LKS siswa perkelompok mempersiapkan peralatan dan bahan yang digunakan untuk pembelajaran hari ini

-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
 data
-Mengasosiasi

Melakukan percobaan dan mencatat hasil percobaan dan mendiskusikan hasil percobaan dalam kelompok (LKS 6.1)
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
 data
-Mengasosiasi
-Menyajikan
Membahas hasil diskusi kelompok dengan mempresentasikan jawaban di depan kelas (konsep gaya magnet)
Jangan lupa guru menilai siswa (Penil.Sikap & Penilaian Proses)
Siswa juga membaca buku siswa atau sumber lain (sesuai kreativitas masing-masing siswa) sebagai bahan rujukan/konfirmasi, termasuk kepada guru.
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
 data
-Mengasosiasi
-Menyajikan
-Bertukar Pengetahuan
-Analisis
-Evaluasi
-Siswa dipersilahkan menyimpulkan dari hasil seluruh 
  kelompok.
-Siswa mendengarkan kesimpulan guru tentang medan
  Magnet
-Mengamati
-Menanya
-Mengumpulkan
 data
-Mengasosiasi
-Menyajikan
-Bertukar Pengetahuan
-Analisis
-Evaluasi
-Guru memberi penghargaan kepada kelompok yang
  berkinerja baik.
-Siswa diminta untuk menyerahkan kepada guru
  laporan/hasil Praktikum kelompok.






C
Penutup

-Guru menyampaikan informasi materi Sifat Magnet Bahan sebagai materi pertemuan berikutnya, siswa diminta mempersiapkan segala sesuatu yang terkait dengan tugas siswa.
10 menit

-Siswa diberi postes (penilaian hasil pembelajaran).

-Guru mengakhiri pembelajaran dengan salam.


F.       Penilaian

a.Teknik
b.Bentuk Instrumen
Lembar Penilaian Sikap
Observasi

Penilaian Diri
Penilaian Pengetahuan :

Tes Tertulis
Tes PG
Penilaian Praktik
Cheklist
 
1. Penilaian Sikap
a. Observasi
1)   Kegiatan Pengamatan
a) Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah yaitu disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti, kreatif dan peduli dalam melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan.
b) Lembar Penilaian :
No
Nama Peserta Didik
Disiplin
Tanggung Jawab
Jujur
Teliti
Kreatif
Peduli
Jumlah Skor
1








2








3








...








c) Rubrik Pemberian Skor :
-        Skor 4 : jika selalu berperilaku dalam kegiatan
-        Skor 3 : jika sering berperilaku dalam kegiatan
-        Skor 2 : jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
-        Skor 1 : jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan

                   Jumlah Skor
Nilai =                                  X 100
               Skor maksimum

d) Predikat dan Nilai :
Predikat
Nilai
Sangat Baik (SB)
80 ≤ SB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
K < 60

2) Kegiatan Diskusi
a) Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku sosial yaitu  kerja sama, santun, toleran, responsif, proaktif, dan bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
b) Lembar Penilaian :
No
Nama Peserta Didik
Kerja sama
Santun
Toleran
Responsif
Proaktif
Bijaksana
Jumlah Skor
1








2








3








...








c) Rubrik Pemberian Skor :
-          Skor 4 : jika selalu berperilaku dalam kegiatan
-          Skor 3 : jika sering berperilaku dalam kegiatan
-          Skor 2 : jika kadang-kadang berperilaku dalam kegiatan
-          Skor 1 : jika tidak pernah berperilaku dalam kegiatan

                   Jumlah Skor
Nilai =                                  X 100
               Skor maksimum

d) Predikat dan Nilai :
Predikat
Nilai
Sangat Baik (SB)
80 ≤ SB ≤ 100
Baik (B)
70 ≤ B ≤ 79
Cukup (C)
60 ≤ C ≤ 69
Kurang (K)
K < 60


b. Penilaian Diri
1) Lembar Penilaian Diri Peserta Didik :
PENILAIAN DIRI

Tugas : Pengamatan dan Pengukuran                                 Nama : ...................................
                                                                                                    Kelas  : ...................................

Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya!
No
Pernyataan
Ya
Tidak
1
Saya melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan dengan sungguh-sungguh dan disiplin


2
Saya melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan dengan penuh tanggung jawab demi menggali kreativitas diri


3
Selama melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan saya bekerja sama dengan teman satu meja


4
Saya mencatat data hasil pengukuran sifat magnet bahan dengan teliti sesuai fakta


5
Saya melakukan tugaspengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan


6
Saya membaca buku sumber untuk mempermudah kegiatan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan


7
Saya membaca buku sumber lain yang mendukung kegiatan pembelajaran


8
Saya melakukan pengamatan dan pengukuran sifat magnet bahan benda lain yang ada di dalam kelas


9
Saya melakukan pengukuran sifat magnet bahan dengan berbagai satuan


10
Saya mengkonfirmasi hasil pengukuran  dengan satuan baku yang digunakan secara internasional


*) Pemberian skor : YA = 2, TIDAK = 1








Rekapitulasi Penilaian Diri :
Mata Pelajaran           : Ilmu Pengetahuan Alam
Topik/Sub Topik      : Teori Dasar Kemagnetan / Sifat Kemagnetan Benda
Kelas                            : 9 (Sembilan)
No
Nama Peserta Didik
Skor Pernyataan
Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
1













2













3













4













5













6













...














2.         Pengetahuan
Indikator :  Berdasarkan data pengamatan, hasil pengukuran sifat magnet bahan, peserta didik dapat :
-          Menjelaskan pengertian Sifat Kemagnetan Bahan
-          Menyebutkan tiga macam sifat bahan/benda
-          Melakukan pengukuran sifat magnet bahan
-          Menyebutkan contohnya masing-masing.
a. Teknik Penilaian  : Tes Tulis
b. Bentuk Instrumen : Uraian
No
Indikator
Butir Instrumen
1
Menjelaskan pengertian magnet
Apakah yang dimaksud dengan magnet?
2
Menjelaskan pengertian kemagnetan
Apakah yang dimaksud dengan kemagnetan?
3
Menyebutkan tiga macam sifat bahan magnet
Sebutkan tiga sifat bahan magnet yang kamu ketahui?
4
Menyebutkan contoh-contoh benda/bahan feromagnet, paramagnet, dan diamagnet
Sebutkan contoh-contoh benda/bahan feromagnet, paramagnet, dan diamagnet !
5
Menjelaskan satuan panjang yang digunakan secara internasional
Sebutkan satuan panjang yang biasa dipakai secara internasional!






3.   Keterampilan
                                   a.            Teknik Penilaian    :Tes Praktik.
                                  b.            Bentuk Instrumen  : Check list
        
         Kisi - kisi
No.
Keterampilan
Butir Instrumen
  1.  
Menyajikan hasil pengamatan.
Tes Praktik1
  1.  
Memprediksi peristiwa yang akan terjadi pada benda.
Tes Praktik1
  1.  
Mengomunikasikan hasil pengamatan secara tertulis dan lisan.
Tes Praktik1
  1.  
Melakukan pengukuran sifat magnet bahan.
Tes Praktik2
  1.  
Memprediksi hasil pengukuran yang telah dilakukan secara individu.
Tes Praktik2


G.      Sumber  dan Media Belajar
1.      BSE untuk Kelas IX SMP Suharyanto dan buku lainnya yang relevan.
2.      Lembar Kerja Siswa dan Kunci Lembar Kerja Siswa
3.      Alat Pembelajaran : Video dan Animasi, Powerpoint


Sukabumi, ...........................................................
Menyetujui,

Dosen Pembimbing I




……………………………
         NIP.
Dosen Pembimbing II




……………………………
          NIP.            
Guru Pamong




Devi Soviandi,S.Pd.
NIP. 196806061994121001

Mengetahui :
Kepala SMP PESANTREN HUSNAYAIN,



SAELANI, M.Pd.
NIY.                    -

No comments:

Post a Comment