Thursday, October 8, 2015

RPP IPA kelas 9.8


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah:
SMPN 1 Cisalak
Mata pelajaran:
IPA
Kelas/Semester:
IX/Ganjil
Alokasi Waktu:
2 x 40 menit (1 kali tatap muka)

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar
1.1.        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama.
2.1.        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari.
3.4.        Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.         Mendeskripsikan hasil identifikasi unsur berdasarkan uji nyala
2.         Mengidentifikasi unsur melalui percobaan uji nyala
3.         Menyajikan hasil percobaan uji nyala api unsur

D.      Materi Pembelajaran
1)    Materi regular
Identifikasi Unsur
a.    Salah satu penerapan konsep identifikasi unsur yaitu pada pembakaran kembang api. Kembang api mengandung senyawa-senyawa tertentu. Bila kembang api dibakar maka molekul-molekul yang ada di dalam senyawa tersebut menyerap energi dan menyebabkan elektron-elektron pada atomnya mengalami perpindahan antar kulit atom. Perpindahan elektron dari kulit atom yang lebih rendah ke tinggi akan menyerap energi sedangkan perpindahan elektron dari kulit yang lebih tinggi ke rendah akan melepaskan energi. Energi yang dilepaskan tersebut akan terlihat sebagai cahaya. Masing-masing atom mempunyai jarak antarkulit atom yang berbeda sehingga energi yang diserap atau dilepaskan juga akan berbeda. Perbedaan tersebut menyebabkan terjadinya warna-warna yang berbeda..
b.    Warna khas yang dihasilkan oleh unsur-unsur pada keadaan terbakar tersebut dapat digunakan untuk mengetahui keberadaan suatu unsur dalam suatu materi secara kualitatif. Prinsip tersebut digunakan oleh ilmuwan untuk mengidentifikasi kadar suatu unsur pada suatu bahan. Bila membakar suatu senyawa dan menghasilkan warnawarna tertentu yang menunjukkan bahwa dalam senyawa itu terdapat unsur tertentu disebut dengan uji nyala, namun saja tidak semua unsur mempunyai warna yang khas oleh sebab itu uji nyala ini hanya digunakan untuk mengetahui kandungan beberapa unsur.

2)    Materi pengayaan
Materi pengayaan mengenai sejarah penemuan uji identifkasi oleh para ilmuwan terdahulu

3)    Materi remedial
Prediksi materi remedial yang perlu disampaikan yaitu mengenai subtopik identifikasi unsur dikaitkan dengan subtopik konfigurasi dan kestabilan elekteron.

E.       Kegiatan Pembelajaran
  1. Pertemuan ke-2 (2JP)
Kegiatan
Langkah-langkah Discovery learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-    Peserta didik disiapkan untuk belajar
-    Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang kelistrikan pada manusia dan hewan; dengan kelistrikan pada benda-benda bermuatan yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya (listrik statis).
-    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
-    Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
-    Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
5 menit
Kegiatan Init
Stimulation (Stimulasi/
Pemberian rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup sub topik Identifikasi Unsur dengan cara mengajak peserta didik untuk mengamati gambar dan animasi lampu neon yang berisi berbagai macam gas mulia, gambar kembang api yang sedang menyala dengan cahaya yang berwarna warni serta gambar perbedaan warna dari pembakaran unsur natrium, kalium dan litium.
5 menit
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
-    Peserta didik mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan Identifikasi Unsur melalui gambar yang ditayangkan.
-    Peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan Identifikasi Unsur sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya.
-    Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dengan mencatat pertanyaan dalam kertas kemudian mengemukakannya di depan kelas setelah mengamati tayangan pada gambar.
-    Contoh pertanyaan yang diharapkan dari peserta didik:
· Mengapa warna lampu neon tersebut berwarna-warni?
· Bagaimana kembang api  bias menghasilkan warna yang beragam?
· Mengapa unsur natrium, kalium dan litium ketika dibakar menghasilkan warna yang berbeda-beda?
-    Peserta didik mengemukakan pertanyaan yang telah dirumuskan.
-    Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
5 menit
Data collection (Pengumpulan Data)
-    Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan  untuk menjawab pertanyaan yang pada kegiatan identifikasi masalah. Informasi  ini diperoleh melalui kegiatan:
·   membaca literatur tentang Identifikasi Unsur.
·   mengamati gambar molekul, uji nyala api dll
-    membaca tabel tentang unsur-unsur penyusun tubuh dll.
-    Peserta didik bersiap diri untuk melakukan kegiatan percobaan.
-    Peserta didik diberi LK percobaaan.
-    Peserta didik mengkaji LK dan mengecek alat serta bahan yang diperlukan untuk keperluan percobaan
-    Peserta didik melakukan percobaan mengenai Identifikasi Unsur Melalui Pembakaran (Uji nyala api).
-    Guru melakukan penilaian autentik
-    Dari percobaan tersebut peserta didik memperoleh data identifikasi unsur melalui pembakaran (uji nyala).
-    Peserta didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
20
Data Processing (Pengolahan Data)
-   Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi  yang diperoleh dengan cara:
·      mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari hasil pengamatan gambar dan bahan bacaan literatur tentang Identifikasi Unsur.
·      memperhatikan pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh dari bahan bacaan dan pengamatan gambar.
-   peserta didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
-   Guru melakukan penilaian autentik
20
Verification (Pembuktian)
-   Peserta didik menggali informasi dari sumber yang relevan atau bertanya kepada guru.
-   Peserta didik membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah dirumuskan dengan cara:
·      memeriksa secara cermat rumusan hipotesis
·      mencocokkan rumusan hipotesis tentang Identifikasi Unsur dengan informasi yang berhasil ditemukan atau bertanya kepada guru apakah sesuai atau tidak
·      Peserta didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
-   Guru melakukan penilaian autentik
10
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
-   Peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan informasi dan diskusi misalnya dengan cara:
·      menyimpulkan bahwa “Warna nyala kuning pada pembakaran garam muncul karena adanya transisi (perpindahan) elektron dari kulit yang lebih tinggi ke kulit yang lebih rendah. Begitu juga warna hijau dari pembakaran NPK. Masing-masing unsur akan menghasilkan warna yang berbeda ketika dilakukan pembakaran”.
-   Peserta didik mengkomunikasikannya dalam bentuk laporan hasil percobaan serta menyampaikan di depan kelas.
-   Pada tahap ini terjadi diskusi antar peserta didik dan diberikan kesempatan untuk mengemukakan pertanyaan atau hal-hal yang tidak dimengerti baik pada peserta didik yang mempersentasikan ataupun  pada guru.
-   Guru melakukan penilaian autentik
10 menit
Kegiatan Penutup

-   Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-   Peserta didik ditugaskan membuat kliping tentang sejarah penemuan uji identifikasi unsur dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
-   Guru melakukan refleksi sekaligus penilain autentik berupa pemberian kuis tentang Identifikasi Unsur
5menit

F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Tes tulis
Pilihan ganda, uraian
Observasi terhadap diskusi, Tanya jawab, dan percakapan
Format observasi
Penugasan
Pekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakter tugas

2.       Instrumen penilaian
a.    Penilakian Kompetensi Sikap
1.       Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Praktikum dan Diskusi
No
Nama Siswa
Rasa ingin tahu
Jujur
Hati-hati
Kritis
Kerja sama
1
………………





2
………………






Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.


Kriterianya penilaian lembar observasi:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

2.       Lembar penilaian diri

Penilaian Diri
Topik: ………………                                                                                                Nama: ……………….
                                                                                                                               Kelas : ……………….

Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.

No
Pernyataan
Sudah memahami
Belum memahami
1
Memahami molekul-molekul dan atom penyusun benda mati dan tubuh makhluk hidup


2
Memahami atom dan partikel-partikel penyusun atom


3
Memahami teori perkembangan atom


4
Memahami proton, neutron, dan elektron.


5
Memahami proton, neutron, dalam atom dengan nomor atom dan nomor massa


6
Memahami terbentuknya ion


7
Memahami pentingnya fungsi ion dalam tubuh manusia


8
Memahami proses pembentukan ikatan kovalen


9
Memahami hasil identifikasi unsur berdasarkan uji nyala


10
Memahami karakteristik bahan-bahan dalam kehidupan seharihari.


11
Memahami data hasil identifikasi perbedaan zat dalam benda mati dan makhluk hidup secara sederhana.


12
Memahami unsur melalui percobaan uji nyala



Skor:
Ya= 2
Tidak 1
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:



3.       Penilaian antarpeserta didik
Instrumen:
Penilaian antar Peserta Didik

Topik/Subtopik: ………………                                      Nama Teman yang dinilai: ……………….                                                                          
Tanggal : …………………………                                      Nama Penilaian: ………………………………

- Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran IPA
- Berikan tanda v pada kolom yang disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu.
- Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu

No
Perilaku
Dilakukan
1
Mau menerima pendapat teman
Ya
Tidak
2
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya


3
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan


4
Mau bekerja sama dengan semua teman



Pengolahan Penilaian:
1.  Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no 1, 2, dan 4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perlaku positif Ya = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1, Tidak = 2.
2.  Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil penilaian menggunakan format berikut.
No
Nama
Skor Perilaku
Jumlah
Nilai
1
2
3
4
5
1
……………………….


























Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:



4.    Jurnal
JURNAL
Nama Peserta Didik: …………………………………………………..
Kelas: ………………………………………………………………………….
Aspek yang: ………………………………………………………………..

No
Hari/Tanggal
Kejadian
Keterangan/Tindak Lanjut










b.    Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Soal Uraian:
Perhatikan gambar berikut ini!

c
 
b
 
a
 



 



Seorang siswa melakukan percobaan uji nyala unsur Natrium, Kalium, Litium. Diperoleh gambar seperti diatas. Berdasarkan hasil percobaan tersebut, identifikasi mengapa hal tersebut dapat terjadi?

Kunci Jawaban
Warna nyala kuning pada pembakaran Natrium muncul karena adanya transisi (perpindahan) elektron dari kulit yang lebih tinggi ke kulit yang lebih rendah. Begitu juga warna birupada pembakaran Kalium, serta warna merah pada Litium. Masing-masing unsur akan menghasilkan warna yang berbeda ketika dilakukan pembakaran”.

Rubrik Penilaian
Kata Kunci
Skor
Pembakaran/uji nyala
3
Transisi elektron
5
Warna khas
2
Skor Maksimal
10


Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:




c.     Penilain Diskusi


Nama Peserta Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak


















Keterangan diisi dengan ceklis (V)

Kriterianya penilaian lembar observasi:
Ya = jumlah skor 2
Tidak =jumlah skor 0




d.    Penilaian Tugas

TUGAS

Carilah informasi sebanyak-banyaknya di perpustakaan atau internet tentang sejarah penemuan uji identifikasi unsur yang telah dilakukan oleh para ilmuwan terdahulu! Identifikasi alat dan bahan apa saja yang diperlukan! Informasi-informasi yang telah ditemukkan disusun menjadi sebuah kliping yang menarik lengkap dengan laporan proyek. Kerjakan tugas ini secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 4-5 siswa.

Kriterianya penilaian lembar observasi:
Kriteria
Skor
Tugas dikumpulkan tepat waktu dan sesuai konsep
100
Tugas tidak terlambat 2 hari, sesuai konsep
90
Tugas dikumpulkan tepat waktu, terdapat miskonsepsi
80
Tugas terlambat 2 hari, terdapat miskonsepsi
70
Tugas terlambat 4 hari, sesuai konsep
60
Tugas terlambat 4 hari,  terdapat miskonsepsi
50
Tugas terlambat 6 hari, sesuai konsep
40
Tugas terlambat 6 hari, terdapat miskonsepsi
30
Tugas terlambat 8 hari, sesuai konsep
20
Tugas terlambat 8 hari, terdapat miskonsepsi
10
Tidak mengumpulkan tugas
0




c.     Penilaian Kompetensi Keterampilan

Instrumen                            

Lembar pengamatan
Topik: ………………………………
Kelas: ………………………………

No
Nama
Persiapan Percobaan
Pelaksanaan Percobaan
Kegiatan Akhir Percobaan
Jumlah Skor













Rubrik
No
Keterampilan yang dinilai
Skor
Rubrik
1
Persiapan Percobaan
30
-    Menyediakan alat dan bahan secara lengkap sesuai dengan keperluan percobaan
-    Menggunakan jas laboratorium
-    Pretes jurnal awal percobaan
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang terpenuhi
2
Pelaksanaan Percobaan
30
-    Menyiapkan kawat tembaga 10 cm yang telah dijepit salah satu ujungnya dengan pinset sesuai dengan aturan dalam LK
-    Menyentuhkan ujung kawat yang lain pada garam dan pupuk NPK
-    Membakar ujung kawat yang telah disentuhkan pada garam dan pupuk NPK pada pembakar spirtus yang memiliki nyala biru.
20
Ada 2 aspek yang terpenuhi
10
Ada 1 aspek yang terpenuhi
3
Kegiatan akhir Percobaan
30
-    Membersihkan meja praktikum
-    Mengembalikan alat ke tempat semula
-    Membuang sampah pada tempatnya
20
-    Ada 2 aspek yang tersedia
10
-    Ada 1 aspek yang tersedia


3.         Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
·      JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok tersebut.
·      Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
·      Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.

Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 2,67 dengan cara diberikan tugas membuat kliping tentang sejarah penemuan identifikasi unsur oleh para ilmuwan terdahulu.

G.     Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat
-     Video kembang api
-     Video uji yala
-     Gambar lampu neon berbagai warna
2.     Bahan
-     Lembar kerja
3.     Sumber Belajar
Buku IPA Terpadu Kelas IX dan sumber lainnya (Internet, buku literatur)

No comments:

Post a Comment