RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah:
|
SMP IT AL-MUTAQIN
|
Mata pelajaran:
|
ILMU PENGETAHUAN ALAM
|
Kelas/Semester:
|
IX / GANJIL
|
Alokasi Waktu:
|
1 Tatap muka 2 jp
|
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
KI 4.
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi
Dasar
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama.
2.
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama
dalam aktivitas sehari-hari.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
Mendeskripsikan
atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan
karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.3 dan KD
4.3.
§ Menganalisis
data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
§ Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu
wilayah.
§
Membuat
grafik perubahan komposisi penduduk di suatu wilayah berdasarkan data
perubahan jumlah penduduk pada kurun waktu tertentu.
Kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.3 dan KD
4.3.
§ Menganalisis
data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
§ Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu
wilayah.
§
Membuat grafik
perubahan komposisi penduduk di suatu wilayah berdasarkan data perubahan
jumlah penduduk pada kurun waktu tertentu.
D.
Materi
Pembelajaran
1)
Materi regular
1.
Kelahiran (Natalitas)
Agar dapat
mengetahui jumlah kelahiran bayi hidup setiap 1.000 penduduk di suatu wilayah
dalam kurun waktu satu tahun maka perludilakukan penghitungan angka
kelahiran. Angka kelahiran dapatdihitung dengan menggunakan rumus berikut ini
x 1000
2.. Kematian (Mortalitas)
Agar dapat mengetahui jumlah
kematian setiap 1.000 penduduk di suatu wilayah dalam waktu satu tahun maka
perlu dilakukan penghitungan angka
kematian. Angka kematian dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.
x 1000
E.
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
-
Peserta didik disiapkan untuk belajar
-
Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan
disampaikan dengan materi sebelumnya
-
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
-
Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
-
Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
|
5 menit
|
Kegiatan Init
|
Stimulation (Stimulasi/
Pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topiki dinamika penduduk dengan sub
topik,kelahiran,kematian,migrasi
|
5 menit
|
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah)
|
-
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
berkaitan dengan dengan kelahiran,kematian,perpindahan penduduk
-
Peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin
masalah yang berkaitan dengan dinamika penduduk sampai peserta didik dapat
berpikir dan bertanya.
-
Peserta didik diberikan
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dengan mencatat pertanyaan dalam
kertas kemudian mengemukakannya di depan kelas setelah mengamati tayangan
pada gamba.
- Peserta
didik mengemukakan pertanyaan yang telah dirumuskan.
-
Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau
jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
|
5 menit
|
Data collection (Pengumpulan Data)
|
-
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyaan
yang pada kegiatan identifikasi masalah. Informasi ini diperoleh melalui kegiatan:
-
Peserta didik mencoba mendatangi instansi
pemerintahan yang berkaitan dengan dinamika penduduk.
-
Peserta didik bersiap diri untuk melakukan kegiatan percobaan.
-
Peserta didik diberi LK percobaaan.
-
Peserta didik mengkaji LK dan mengecek alat yang diperlukan untuk keperluan percobaan
-
Peserta didik melakukan
percobaan mengenai perhitungan dinamika penduduk
-
Guru melakukan penilaian autentik
-
Dari percobaan tersebut
peserta didik memperoleh data tingkat kelahiran,kematian,serta perpindahan
penduduk
-
Peserta didik bertanya kepada Guru mengenai
hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
|
20
|
Data Processing (Pengolahan Data)
|
-
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk
mengolah informasi yang diperoleh
dengan cara:
· mendiskusikan
hasil pengumpulan informasi dari hasil pengamatan grafik
· memperhatikan
pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh dari
bahan bacaan dan pengamatan grafik.
-
peserta
didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang
belum dimengerti.
-
Guru melakukan penilaian autentik
|
20
|
Verification (Pembuktian)
|
-
Peserta didik menggali informasi dari sumber yang
relevan atau bertanya kepada guru.
-
Peserta didik membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis yang telah dirumuskan dengan cara:
· memeriksa
secara cermat rumus tingkat kelahiran,kematian’dan perpindahan penduduk
· Peserta
didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang
belum dimengerti.
-
Guru melakukan penilaian autentik
|
10
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
-
Peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan
informasi dan diskusi misalnya dengan cara:
· menyimpulkan
bahwa .tingkat kelahiran tahun 2010 lebih tinggi dari tahun 2011
-
Peserta didik
mengkomunikasikannya dalam bentuk laporan hasil percobaan serta
menyampaikan di depan kelas.
-
Pada tahap ini terjadi
diskusi antar peserta didik dan diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pertanyaan atau hal-hal yang tidak dimengerti baik pada peserta didik yang
mempersentasikan ataupun pada guru.
-
Guru melakukan penilaian autentik
|
10 menit
|
Kegiatan Penutup
|
|
-
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-
Peserta didik ditugaskan membuat kliping tentang sejarah penemuan uji identifikasi unsur
dan
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
-
Guru melakukan refleksi sekaligus penilain autentik berupa pemberian
kuis tentang Identifikasi Unsur
|
5menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
penilaian
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda, uraian
|
Observasi terhadap
diskusi, Tanya jawab, dan percakapan
|
Format observasi
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan
secara individu atau kelompok sesuai dengan karakter tugas
|
2. Instrumen
penilaian
1.
Penilakian Kompetensi Sikap
1.
Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Praktikum dan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Jujur
|
Hati-hati
|
Kritis
|
Kerja sama
|
1
|
………………
|
|
|
|
|
|
2
|
………………
|
|
|
|
|
|
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan.
Kriterianya penilaian lembar observasi:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
2. Lembar penilaian diri
Penilaian Diri
Topik: ………………
Nama: ……………….
Kelas : ……………….
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai
dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Sudah memahami
|
Belum memahami
|
1
|
Memahami perubahan kepadatan penduduk setiap tahun nya
|
|
|
2
|
Memahami cara perhitungan angka kelahiran
|
|
|
3
|
Memahami cara perhitungan angka kematian
|
|
|
Ya= 2
Tidak 1
Nilai peserta
didik dapat menggunakan rumus:
|
G.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik
penilaian
1.Penilain Diskusi
Nama Peserta Didik
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
Pengungkapan gagasan yang orisinil
|
Kebenaran konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan diisi dengan ceklis (V)
Kriterianya penilaian lembar observasi:
Ya = jumlah skor 2
Tidak =jumlah skor 0
|
H.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
2.
Bahan
3.
Sumber Belajar
|
No comments:
Post a Comment