Thursday, October 8, 2015

RPP IPA kelas 9. 7


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
 SMP IT AL-MUTAQIN
Mata pelajaran:
 ILMU PENGETAHUAN ALAM
Kelas/Semester:
  IX / GANJIL
Alokasi Waktu:
1 Tatap muka 2 jp
A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4.
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B.      Kompetensi Dasar
1.1.        Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama.
2.1.        Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari.
3.4.        Mendeskripsikan atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.3 dan KD 4.3.
§ Menganalisis data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
§ Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.
§  Membuat grafik perubahan komposisi penduduk di suatu wilayah berdasarkan data perubahan jumlah penduduk pada kurun waktu tertentu.
Kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.3 dan KD 4.3.
§ Menganalisis data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
§ Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.
§  Membuat grafik perubahan komposisi penduduk di suatu wilayah berdasarkan data perubahan jumlah penduduk pada kurun waktu tertentu.

D.       Materi Pembelajaran
1)    Materi regular
1.       Kelahiran (Natalitas)
    Agar dapat mengetahui jumlah kelahiran bayi hidup setiap 1.000 penduduk di suatu wilayah dalam kurun waktu satu tahun maka perludilakukan penghitungan angka kelahiran. Angka kelahiran dapatdihitung dengan menggunakan rumus berikut ini
                x 1000
             2.. Kematian (Mortalitas)
       Agar dapat mengetahui jumlah kematian setiap 1.000 penduduk di suatu wilayah dalam waktu satu tahun maka perlu  dilakukan penghitungan angka kematian. Angka kematian dapat dihitung dengan menggunakan rumus berikut ini.
x 1000
E.       Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan
Langkah-langkah Discovery learning
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

-    Peserta didik disiapkan untuk belajar
-    Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan dengan materi sebelumnya
-    Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
-    Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
-    Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
5 menit
Kegiatan Init
Stimulation (Stimulasi/
Pemberian rangsangan)
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topiki dinamika penduduk  dengan sub topik,kelahiran,kematian,migrasi
5 menit
Problem statement (pernyataan/ identifikasi masalah)
-    Peserta didik mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan dengan kelahiran,kematian,perpindahan penduduk
-    Peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan dinamika penduduk sampai peserta didik dapat berpikir dan bertanya.
-    Peserta didik diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dengan mencatat pertanyaan dalam kertas kemudian mengemukakannya di depan kelas setelah mengamati tayangan pada gamba.
-    Peserta didik mengemukakan pertanyaan yang telah dirumuskan.
-    Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
5 menit
Data collection (Pengumpulan Data)
-    Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan  untuk menjawab pertanyaan yang pada kegiatan identifikasi masalah. Informasi  ini diperoleh melalui kegiatan:
-    Peserta didik mencoba mendatangi instansi pemerintahan yang berkaitan dengan dinamika penduduk.
-    Peserta didik bersiap diri untuk melakukan kegiatan percobaan.
-    Peserta didik diberi LK percobaaan.
-    Peserta didik mengkaji LK dan mengecek alat  yang diperlukan untuk keperluan percobaan
-    Peserta didik melakukan percobaan mengenai perhitungan dinamika penduduk
-    Guru melakukan penilaian autentik
-    Dari percobaan tersebut peserta didik memperoleh data tingkat kelahiran,kematian,serta perpindahan penduduk
-    Peserta didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
20
Data Processing (Pengolahan Data)
-   Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk mengolah informasi  yang diperoleh dengan cara:
·      mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari hasil pengamatan grafik
·      memperhatikan pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh dari bahan bacaan dan pengamatan grafik.
-   peserta didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
-   Guru melakukan penilaian autentik
20
Verification (Pembuktian)
-   Peserta didik menggali informasi dari sumber yang relevan atau bertanya kepada guru.
-   Peserta didik membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah dirumuskan dengan cara:
·      memeriksa secara cermat rumus tingkat kelahiran,kematian’dan perpindahan penduduk
·      Peserta didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
-   Guru melakukan penilaian autentik
10
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
-   Peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan informasi dan diskusi misalnya dengan cara:
·      menyimpulkan bahwa .tingkat kelahiran tahun 2010 lebih tinggi dari tahun 2011
-   Peserta didik mengkomunikasikannya dalam bentuk laporan hasil percobaan serta menyampaikan di depan kelas.
-   Pada tahap ini terjadi diskusi antar peserta didik dan diberikan kesempatan untuk mengemukakan pertanyaan atau hal-hal yang tidak dimengerti baik pada peserta didik yang mempersentasikan ataupun  pada guru.
-   Guru melakukan penilaian autentik
10 menit
Kegiatan Penutup

-   Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-   Peserta didik ditugaskan membuat kliping tentang sejarah penemuan uji identifikasi unsur dan dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
-   Guru melakukan refleksi sekaligus penilain autentik berupa pemberian kuis tentang Identifikasi Unsur
5menit
F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Tes tulis
Pilihan ganda, uraian
Observasi terhadap diskusi, Tanya jawab, dan percakapan
Format observasi
Penugasan
Pekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan secara individu atau kelompok sesuai dengan karakter tugas

2.       Instrumen penilaian
1.    Penilakian Kompetensi Sikap
1.       Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Praktikum dan Diskusi
No
Nama Siswa
Rasa ingin tahu
Jujur
Hati-hati
Kritis
Kerja sama
1
………………





2
………………






Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan.


Kriterianya penilaian lembar observasi:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang

2.       Lembar penilaian diri

Penilaian Diri
Topik: ………………                                                                                                Nama: ……………….
Kelas : ……………….

Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.

No
Pernyataan
Sudah memahami
Belum memahami
1
Memahami perubahan kepadatan penduduk setiap tahun nya


2
Memahami cara perhitungan angka kelahiran


3
Memahami cara perhitungan angka kematian



Ya= 2
Tidak 1
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:



G.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian

1.Penilain Diskusi


Nama Peserta Didik
Pernyataan
Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinil
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak


















Keterangan diisi dengan ceklis (V)

Kriterianya penilaian lembar observasi:
Ya = jumlah skor 2
Tidak =jumlah skor 0





H.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat
2.     Bahan
3.     Sumber Belajar

No comments:

Post a Comment