RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah:
|
SMPN 6 SIMPENAN SATU ATAP KAB. SUKABUMI
|
Mata pelajaran:
|
IPA
|
Kelas/Semester:
|
IX / Ganjil
|
Alokasi Waktu:
|
2 x 40 Menit
|
A. Kompetensi Inti (KI) KI 1 :
KI 1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar
|
C. Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
1.1 Mengagumi keteraturan dan
kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam
ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam
pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
1.1.1 Menunjukkan
perilaku rasa syukur terhadap
keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan
tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia
dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggung jawab;terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan
bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1 Menunjukkan
perilaku bekerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta
bijaksana
sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud
implementasi alam melaksanakan percobaan dan
melaporkan hasil percobaan
|
|
2.3 Menunjukkan perilaku bijaksana dan
bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
|
|
2.4
Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
|
|
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk
dan dampaknya bagi lingkungan
|
Kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.3 dan KD
4.3.
3.3.1
Menganalisis data jumlah
penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
3.3.2
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di
suatu wilayah.
3.3.3
Membuat grafik perubahan komposisi
penduduk di suatu wilayah berdasarkan data perubahan jumlah penduduk pada
kurun waktu tertentu.
3.3.4
Menghitung angka kelahiran
dan angka kematian penduduk di suatu wilayah.
3.3.5
Mengidentifikasi jenis
migrasi berdasarkan beberapa kasus migrasi.
3.3.6
Memprediksi penyebab terjadinya kepadatan
penduduk di kota-kota besar.
3.3.7
Menyebutkan dampak peningkatan jumlah
penduduk terhadap masalah lingkungan.
3.3.8
Menjelaskan keterkaitan
antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang dihasilkan oleh penduduk.
3.3.9
Mengidentifikasi beberapa jenis pencemaran
yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
3.3.10 Menjelaskan
keterkaitan antara pertumbuhan penduduk dengan ketersediaan
air bersih.
3.3.11 dampak
yang akan terjadi terhadap ketersediaan air bersih jika jumlah penduduk
semakin meningkat.
3.3.12 Menjelaskan
keterkaitan antara peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang
dan sumber daya.
3.3.13 Membuat
artikel tentang permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar siswa yang
terjadi akibat peningkatan jumlah penduduk.
|
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi
Reguler
Materi pembelajaran
reguler ini pada terdiri dari dua materi pokok.
Dampak Peningkatan Jumlah
Penduduk terhadap Masalah Lingkungan
a.
Penurunan Kualitas Lingkungan Akibat Limbah/Sampah
b.
Berkurangnya Ketersediaan Udara Bersih
2. Materi
Remedial
Materi remedial merupakan materi reguler. Materi ini diberikan kepada
peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar. Materi yang
diberikan disesuaikan dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta
didik pada indikator-indikator
pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan
strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya (reguler).
E. Kegiatan
Pembelajaran
- Pertemuan Pertama: 2 JP)
Langkah Pembelajaran
|
Sintak Model
Pembelajaran
|
Deskripsi
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Problem Based Learnin
(PBL)
|
·
Guru
mengucapkan salam
·
Menyiapkan
peserta didik untuk belajar.
·
Guru
melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan
tentang Penurunan Kualitas Lingkungan Akibat Limbah / Sampah
·
Guru mengulas materi sdebelumnya yang berkaitan dengan “Penurunan Kualitas Lingkungan Pengaruh
Jumlah Penduduk terhadap Sampah yang dihasilkan,
diantaranya :
-
Kelahiran (natalitas)
-
Kematian (mortalitas)
-
Perpindahan (migrasi)
·
Guru
menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dan rencana kegiatan.
·
Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·
Guru
membagi peserta didik menjadi 4
kelompok.
|
|
Kegiatan Inti
|
Stimulation
(Stimulasi/ Pemberian rangsangan
|
§
Guru menunjukkan kepada peserta didik sebuah
foto/gambar yang menunjukkan
menumpuknya sampah di tepi jalan di tengah-tengah lingkungan padat
penduduk.
§
Peserta didik mengamati gambar yang ditunjukkan oleh
guru.
§
Peserta didik diminta memberikan tanggapan dan pendapat
terhadap gambar/foto yang diberikan.
§
Peserta didik
diberikan kesempatan untuk
menetap permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan
denngan gambar yang diamati.
Contoh pertanyaannya yaitu:
Mengapa sampah dapat menumpuk?
|
|
|
Problem
Statement
(Pertanyaan/Identifi
kasi
masalah)
|
§
Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan pertanyaan/masalah yang akan dicari
penyelesiaannya.
§ Peserta didik diberi tugas untuk
menggali informasi dari buku IPA kelas IX tentang Penurunan Kualitas Lingkungan Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Sampah yang dihasilkan secara
berkelompok.
§ Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau jawaban
sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
|
|
|
Data
Collection
(Pengumpulan
Data)
|
§
Peserta didik mengumpulkan informasi untuk
membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah tentang pengaruh jumlah penduduk terhadap
sampah yang dihasilkan.
§
Peserta didik berdiskusi dalam kelompok mencari solusi terkait dengan
masalah yang telah diidentifikasi.
§
Guru membagikan Lembar Kerja “Menghitung Volume Sampah yang dihasilkan oleh Rumah Tangga”.
§
Peserta didik melakukan penyelidikan melalui
Lembar Kerja dengan menugaskannya di luar pembelajaran.
§ Guru membimbing penyelidikan yang dilakukan peserta didik.
|
|
|
Data Processing
(Pengolahan
Data)
|
§
Peserta didik mencatat data hasil
penyelidikan kelompok dalam Lembar Kerja.
|
|
|
Verification
(Pembuktian)
|
§
Peserta didik mengolah data yang diperoleh
dari kelompoknya.
§
Peserta didik menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.
|
|
|
Generalization
(Menarik
kesimpulan)
|
§Peserta didik dan guru
mengevaluasi hasil
penyelidikan melalui diskusi kelas.
§Peserta didik
dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah tentang jumlah penduduk
dan sampah di lingkungan sekitar. Peserta diharapkan menggunakan buku
sumber untuk membantu mengevaluasi
hasil diskusi.
§Selanjutnya peserta
didik diminta mempresentasikan hasil penyelidikan dan
diskusi di depan kelas;
dilanjutkan dengan penyamaan persepsi.
§Kelompok peserta didik
yang berhasil memecahkan permasalahan diberi pengahargaan.
§
Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah
dipelajari peserta didik (dapat
menggunakan paper and pencil test
atau authentic assessment).
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
§ Peserta didik
menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk laporan tertulis.
|
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
a. Penilaian Kompetensi Sikap Melalui Observasi
Penilaian Sikap Kegiatan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Bekerja sama
|
Santun
|
Toleran
|
Responsif
|
Proaktif
|
Bijaksana
|
1
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
2
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
3
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
4
|
..................
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
i.
Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)
Tes Tulis Soal Pilihan Ganda
1. Di antara aktivitas berikut yang secara
langsung dapat membantu mengurangi polusi udara di kota adalah....
a.
menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor
b.
menggunakan materi yang dapat didegradasi secara alami
c.
menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi
d. mengganti
bahan bakar bensin dengan biosolar
2. Pembakaran bahan bakar fosil telah
meningkatkan kandungan karbondioksida di atmosfer. Dampak yang mungkin
terjadi akibat kenaikan kandungan karbondioksida di bumi adalah....
a. iklim yang lebih hangat
b.
menurunnya permukaan air laut
c. kelembaban udara yang lebih tinggi
d. lebih banyak ozon di atmosfer
3. Cara mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah
rumah tangga adalah ....
a. Membakar
sampah plastik dan kertas satu minggu sekali
b. Membawa
tas dari rumah setiap pergi berbelanja.
c. Mengganti
penggunaan LPG dengan kayu bakar.
d. Menimbun sampah rumah tangga di lahan kosong.
4. Perkiraan jumlah air tawar dari
keseluruhan jumlah air di bumi adalah....
a. 100%
b. 90%
c. 70%
d. 2%
Kunci jawaban
Nomor
|
1
|
2
|
3
|
4
|
Jawaban
|
c
|
a
|
d
|
d
|
2)
Tes Tulis Soal Uraian
Sebuah kota dibangun untuk
setengah juta penduduk, namun sekarang di
prediksi jumlah penduduknya meningkat sekitar satu juta penduduk dalam
10 tahun. Deskripsikan dua masalah lingkungan yang mungkin akan dihadapi kota
tersebut akibat peningkatan jumlah
penduduk tersebut!
3)
Penugasan
Mata Pelajaran
|
:
|
IPA
|
Kelas/Semester
|
:
|
IX / Ganjil
|
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3
Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi
lingkungan
4.3 Menyajikan hasil
penelusuran informasi tentang
perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Dampak Peningkatan
Jumlah Penduduk terhadap Masalah Lingkungan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
|
|
|
|
jawaban
Berikut ini permasalahan lingkungan
yang akan muncul di kota tersebut
akibat meningkatnya jumlah
penduduk
· Pencemaran akibat limbah serta sampah rumah tangga
· Berkurangnya ketersediaan air bersih
· Berkurangnya ketersediaan udara bersih
· Berkurangnya lahan hijau dan lahan pertanian
2. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Upaya Pengolahan Air Untuk Menjaga Ketersediaan Air
Bersih
G. Media /alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
Gambar Kerja
2.
Bahan
Lembar Kerja
3.
Sumber Belajar : Buku
IPA Terpadu Kelas IX dan sumber lainnya
|
No comments:
Post a Comment