Thursday, October 8, 2015

RPP IPA kelas 9 6


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
SMPN 6 SIMPENAN SATU ATAP KAB. SUKABUMI
Mata pelajaran:
IPA
Kelas/Semester:
IX / Ganjil
Alokasi Waktu:
2 x 40 Menit

A.      Kompetensi Inti (KI) KI 1  :
KI 1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3.  Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4.  Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.      Kompetensi Dasar
C.      Indikator Pencapaian Kompetensi
1.1   Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
1.1.1 Menunjukkan perilaku rasa syukur terhadap  keteraturan dan kompleksitas ciptaan
Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan
manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya.
2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;terbuka;  kritis;  kreatif;  inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari 
2.1.1 Menunjukkan perilaku bekerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta
bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi alam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 

2.3   Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari 

2.4 Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari

3.3  Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
Kompetensi yang dapat dijabarkan dari KD 3.3 dan KD 4.3.
3.3.1          Menganalisis data jumlah penduduk di suatu daerah dalam kurun waktu tertentu.
3.3.2          Mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan jumlah penduduk di suatu wilayah.
3.3.3           Membuat grafik perubahan komposisi penduduk di suatu wilayah berdasarkan data perubahan jumlah penduduk pada kurun waktu tertentu.
3.3.4           Menghitung angka kelahiran dan angka kematian penduduk di suatu wilayah.
3.3.5          Mengidentifikasi jenis migrasi berdasarkan beberapa kasus migrasi.
3.3.6            Memprediksi penyebab terjadinya kepadatan penduduk di kota-kota besar.
3.3.7           Menyebutkan dampak peningkatan jumlah penduduk terhadap masalah lingkungan.
3.3.8          Menjelaskan keterkaitan antara jumlah penduduk dengan jumlah sampah yang dihasilkan oleh penduduk.
3.3.9           Mengidentifikasi beberapa jenis pencemaran yang terjadi di lingkungan dan cara mengatasinya.
3.3.10       Menjelaskan keterkaitan antara pertumbuhan penduduk dengan ketersediaan air bersih.
3.3.11      dampak yang akan terjadi terhadap ketersediaan air bersih jika jumlah penduduk semakin meningkat.
3.3.12      Menjelaskan keterkaitan antara peningkatan jumlah penduduk dengan ketersediaan ruang dan sumber daya.
3.3.13       Membuat artikel tentang permasalahan yang muncul di lingkungan sekitar siswa yang terjadi akibat peningkatan jumlah penduduk.

D.      Materi Pembelajaran
1.    Materi Reguler
Materi  pembelajaran reguler ini pada terdiri dari dua materi pokok.
              Dampak Peningkatan Jumlah Penduduk terhadap Masalah Lingkungan
a.         Penurunan Kualitas Lingkungan  Akibat Limbah/Sampah
b.        Berkurangnya Ketersediaan Udara Bersih
2.    Materi Remedial
Materi remedial merupakan materi reguler. Materi ini diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai  ketuntasan  belajar. Materi yang diberikan disesuaikan dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta didik pada indikator-indikator  pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya (reguler).

E.       Kegiatan Pembelajaran

  1. Pertemuan Pertama:  2 JP)
Langkah Pembelajaran
Sintak Model Pembelajaran
Deskripsi
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Problem Based Learnin
(PBL)
·       Guru mengucapkan salam
·       Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
·       Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang Penurunan Kualitas Lingkungan Akibat Limbah / Sampah
·       Guru mengulas materi sdebelumnya yang berkaitan dengan Penurunan Kualitas Lingkungan  Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Sampah yang dihasilkan, diantaranya :
-          Kelahiran (natalitas)
-          Kematian (mortalitas)
-          Perpindahan (migrasi)
·       Guru menyampaikan  kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
·       Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
·       Guru membagi peserta didik menjadi 4  kelompok.

Kegiatan Inti

Stimulation
(Stimulasi/ Pemberian rangsangan
§ Guru menunjukkan kepada peserta didik sebuah foto/gambar  yang menunjukkan menumpuknya sampah di tepi jalan di tengah-tengah lingkungan padat penduduk.
§ Peserta didik mengamati gambar yang ditunjukkan oleh guru.
§ Peserta didik diminta memberikan tanggapan dan pendapat terhadap gambar/foto yang diberikan.
§ Peserta didik  diberikan kesempatan untuk  menetap permasalahan dalam bentuk pertanyaan yang berhubungan denngan gambar yang diamati.
Contoh pertanyaannya yaitu:
Mengapa sampah dapat menumpuk?








Problem Statement
(Pertanyaan/Identifi
kasi masalah)
§ Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan  pertanyaan/masalah yang akan dicari penyelesiaannya.  
§ Peserta didik diberi tugas untuk menggali informasi dari buku IPA kelas IX tentang Penurunan Kualitas Lingkungan  Pengaruh Jumlah Penduduk terhadap Sampah yang dihasilkan secara berkelompok.
§ Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.


Data Collection
(Pengumpulan
Data)
§ Peserta didik mengumpulkan informasi untuk membangun ide mereka sendiri dalam memecahkan masalah  tentang pengaruh jumlah penduduk terhadap sampah yang dihasilkan. 
§ Peserta didik berdiskusi dalam  kelompok mencari solusi terkait dengan masalah yang telah diidentifikasi.
§ Guru membagikan Lembar Kerja “Menghitung Volume Sampah yang dihasilkan oleh Rumah Tangga”.
§ Peserta didik melakukan penyelidikan melalui  Lembar Kerja dengan menugaskannya di luar pembelajaran.
§ Guru membimbing penyelidikan yang dilakukan peserta didik.


Data Processing
(Pengolahan Data)
§ Peserta didik mencatat data hasil penyelidikan  kelompok  dalam Lembar Kerja.



Verification
(Pembuktian)
§ Peserta didik mengolah data yang diperoleh dari kelompoknya.
§ Peserta didik menjawab pertanyaan pada Lembar Kerja.



Generalization
(Menarik
kesimpulan)
§Peserta didik  dan guru  mengevaluasi  hasil penyelidikan  melalui diskusi kelas.
§Peserta didik dibimbing guru menganalisis hasil pemecahan masalah tentang jumlah penduduk dan sampah di lingkungan sekitar. Peserta diharapkan menggunakan buku sumber untuk  membantu mengevaluasi hasil diskusi. 
§Selanjutnya peserta didik diminta  mempresentasikan  hasil penyelidikan  dan  diskusi  di depan kelas; dilanjutkan dengan penyamaan persepsi. 
§Kelompok peserta didik yang berhasil memecahkan permasalahan diberi pengahargaan.
§ Guru melakukan evaluasi hasil belajar mengenai materi yang telah dipelajari peserta didik (dapat menggunakan  paper and pencil test atau authentic assessment).

Kegiatan Penutup

§ Peserta didik menyajikan hasil pengolahan data dalam bentuk laporan tertulis.



F.       Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.       Teknik penilaian
a.    Penilaian Kompetensi Sikap Melalui  Observasi

Penilaian  Sikap Kegiatan Diskusi

No
Nama Siswa
Bekerja sama
Santun
Toleran
Responsif
Proaktif
Bijaksana
1
..................






2
..................






3
..................






4
..................
















                    i.           Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
1)         Tes Tulis Soal Pilihan Ganda
1.  Di antara aktivitas berikut yang secara langsung dapat membantu mengurangi polusi udara di kota adalah....
a. menggunakan masker saat mengendarai sepeda motor
b. menggunakan materi yang dapat didegradasi secara alami
c. menggunakan transportasi umum daripada kendaraan pribadi
d. mengganti bahan bakar bensin dengan biosolar
2.  Pembakaran bahan bakar fosil telah meningkatkan kandungan karbondioksida di atmosfer. Dampak yang mungkin terjadi akibat kenaikan kandungan karbondioksida di bumi adalah....
a.  iklim yang lebih hangat
b. menurunnya permukaan air laut
c.  kelembaban udara yang lebih tinggi
d.  lebih banyak ozon di atmosfer
3. Cara mengurangi pencemaran lingkungan akibat limbah rumah tangga adalah ....
a. Membakar sampah plastik dan kertas satu minggu sekali
b. Membawa tas dari rumah setiap pergi berbelanja.
c. Mengganti penggunaan LPG dengan kayu bakar.
d. Menimbun sampah rumah tangga di lahan kosong.
4.  Perkiraan jumlah air tawar dari keseluruhan jumlah air di bumi adalah....
a.  100%
b. 90%
c.  70%
d. 2%

Kunci jawaban
Nomor
1
2
3
4
Jawaban
c
a
d
d

2)          Tes Tulis Soal Uraian

Sebuah kota dibangun untuk setengah juta penduduk, namun sekarang di  prediksi jumlah penduduknya meningkat sekitar satu juta penduduk dalam 10 tahun. Deskripsikan dua masalah lingkungan yang mungkin akan dihadapi kota tersebut akibat  peningkatan jumlah penduduk tersebut!














3)         Penugasan

Mata Pelajaran       
:
IPA
Kelas/Semester      
:
IX / Ganjil
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Mendeskripsikan penyebab perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
4.3   Menyajikan hasil penelusuran informasi tentang   perkembangan penduduk dan dampaknya bagi lingkungan
Topik/Subtopik
:
Dampak Peningkatan Jumlah Penduduk terhadap Masalah Lingkungan
Indikator Pencapaian Kompetensi
:






 jawaban
Berikut ini permasalahan lingkungan yang akan muncul di kota tersebut
akibat meningkatnya jumlah penduduk
·      Pencemaran akibat limbah serta sampah rumah tangga
·      Berkurangnya ketersediaan air bersih
·      Berkurangnya ketersediaan udara bersih
·      Berkurangnya lahan hijau dan lahan pertanian



2.       Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
Upaya Pengolahan Air Untuk Menjaga Ketersediaan Air Bersih

G.     Media /alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat
Gambar Kerja
2.     Bahan
Lembar Kerja

3.     Sumber Belajar : Buku IPA Terpadu Kelas IX dan sumber lainnya








No comments:

Post a Comment