Wednesday, October 7, 2015

RPP IPA kelas 9. 4


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah                :
SMP Negeri 1 Subang
Mata pelajaran   :
IPA
Kelas/Semester :
IX / Ganjil
Alokasi Waktu   :
3 X 40 menit

A. Kompetensi Inti
B. Kompetensi Dasar
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

1.1  Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
1.1.1  Mensyukuri keanekaragaman  bentuk fisik ciptaan tuhan
1.1.2 Mematuhi aturan / hukum yang   telah digariskan oleh tuhan yang maha esa agar lingkungan tetap lestari

2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli  (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif
   dengan  lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

2.1  Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2   Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3  Menunjukkan perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
 2.4  Menunjukkan penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari

2.1.1  Memunculkan rasa ingin tahu dan dapat menghargai                                                      
         pendapat orang lain

3   Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural)       berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya  terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.2  Memahami reproduksi pada tumbuhan dan hewan, sifat                                keturunan, serta kelangsungan makhluk hidup

3.2.1. Menjelaskan reproduksi aseksual pada tumbuhan.
3.2.2. Menjelaskan reproduksi seksual pada tumbuhan.
3.2.3. Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang berperan dalam  
         proses reproduksi aseksual.
3.2.4. Menyebutkan macam reproduksi aseksual pada tumbuhan.
3.2.5. Menjelaskan perbedaan reproduksi seksual dan reproduksi aseksual pada tumbuhan.
3.2.6. Mengidentifikasi alat reproduksi seksual pada tumbuhan.
3.2.7. Menjelaskan proses penyerbukan.
3.2.8. Menyebutkan macam-macam perantara penyerbukan.
3.2.9. Menjelaskan proses pembuahan.
3.2.10.Menjelaskan proses penyebaran biji.

4   Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
     merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
     menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.2 Menyajikan karya hasil perkembangbiakan padatumbuhan                             Indikator Pencapaian Kompetensi
4.2.1  Mengambar alat reproduksi seksual pada tumbuhan.tidak                                                             sempurna dan sempurna
4.2.2. Melakukan penanaman singkong  
          denan cara setek                                               4.2.3. Melakukan percobaan
          mencangkok pada tumbuhan
         tinggi



D.   Materi Pembelajaran
1. Materi reguler
a. Tumbuhan dan hewan dapat melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual.
b. Reproduksi seksual adalah reproduksi yang melibatkan sel kelamin (sel sperma dan sel telur) serta melalui proses fertilisasi (peleburan inti sel sperma dan inti sel telur) untuk membentuk zigot. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Reproduksi aseksual ialah reproduksi tanpa melalui proses fertilisasi. Reproduksi berlangsung dengan menggunakan potongan bagian tubuh tumbuhan yang selanjutnya dapat tumbuh menjadi individu baru.
c.  Reproduksi aseksual pada tumbuhan adalah perbanyakan tumbuhan tanpa melewati
     proses fertilisasi dan menggunakan bagian tubuh tumbuhan untuk menghasilkan tumbuhan baru. Reproduksi aseksual disebut juga reproduksi vegetatif.
d. Tumbuhan Angiospermae bereproduksi secara aseksual alami dengan menggunakan rizhoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, tunas adventif daun, dan tunas. Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel dan stek.
e.  Reproduksi seksual pada tumbuhan melibatkan sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan dari perkembangan benang sari dan sel telur yang dihasilkan pada putik. Reproduksi seksual pada tumbuhan diawali dengan peristiwa penyerbukan. Setelah proses penyerbukan dilanjutkan dengan pembuahan atau fertilisasi membentuk zigot.
f.  Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari atau polen ke kepala putik. Setelah peristiwa penyerbukan akan terjadi proses fertilisasi atau pembuahan yang membentuk zigot. Zigot akan berkembang menjadi embrio. Embrio akan berkembang menjadi biji.
g. Jenis penyerbukan berdasarkan perantaranya antara lain: anemogami, entomogami, ornitogami, kiropterogami, dan antropogami.
h.  Jenis penyebaran biji berdasarkan perantaranya antara lain: anemokori,hidrokori, zookori, dan antropokori.
2.  Materi remedial
a. Reproduksi pada tumbuha secara aseksual.
b. Reproduksi pada tumbuhan gymnospermae
3.  Materi Pengayaan
a.  Mencari informasi untuk perkembangbiakan buatan cara okulasi, menyabung.

E.  Kegiatan Pembelajaran
     1. Pertemuan Ke 1
Langkah Pembelajaran
Sintaks Model Discovery Learning
Deskripsi
Alokasi Waktu








Kegiatan Pendahuluan







-    Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
Berdoa sebelum memulai PBM
Guru mengecek kehadiran
-    Apersepsi
-        Menghubungkan materi yang akan disampaikan sebelumnya tentang Reproduksi pada Manusia
-    Motivasi
-       Guru menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dan rencana kegiatan.

-          Setelah  diminta mengamati macam -macam gambar  cara perkembangbiakan tumbuhan, video perkembangbiakan buatan. bunga sepatu.
-          Peserta didik diminta mengungkapkan hal-hal yang diketahuinya tentang gambar tersebut berkenaan dengan kemampuan reproduksinya.
-       Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
-       Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.






15 menit
Kegiatan Inti **)









Stimulation (Stimulasi/
Pemberian rangsangan)

·         Peserta  didik diberikan motivasi dengan tayangan bermacam-macam hewan dan cara reproduksinya
·         Peserta didik mengamati tayangan macam-macam gambar cara berkembangbiak tumbuhan secara seksual dan aseksual serta secara alami dan buatan.

90  menit

Problem Statement (Pertanyaan/
Identifikasi masalah)

·         Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan tayangan gambar.
·         Peserta didik diminta merumuskan satu pertanyaan setelah berkaitan dengan tayangan di atas.
·         Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.

Data Collection (Pengumpulan Data)

·         Peserta didik menggali informasi dengan membaca buku sumber yang relevan  untuk  mengidentifikasi  kemampuan reproduksi tumbuhan,
      Dari informasi yang diperoleh tentang reproduksi aseksual pada tumbuhan.
·         Peserta didik  mengisi LKS 1 tentang Pengelompokkan aseksual dan aseksual pada tumbuhan gymnospermae dan asngiospermae berdasarkan kemampuan cara bereproduksinya

Data Processing (Pengolahan Data)

·         Dalam kelompoknya peserta didik berdiskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan gambar dan bahan bacaan/literature, video tentang cara perkembangbiakan tumbuhan angiospermae dan gymnospermae baik alami maupun buatan
·         Peserta didik mengasosiasi informasi yang diperoleh sehingga dapat menjawab pertanyaan di dalam LKS 2.


Verification (Pembuktian)

·         Peserta didik mereview hasil kerjanya dengan berdiskusi di kelompoknya dihubungkan dengan dengan konsep yang berhasil ditemukan dari buku sumber/literature sehingga diperoleh kesimpulan


Generalization (Menarik kesimpulan)

·         Peserta didik mengkomunikasikan  hasil kegiatan kelompoknya dalam diskusi kelas dan direfleksi oleh seluruh anggota kelas sehingga didapatkan kesimpulan akhir dan dapat merangkum hasil pembelajarannya.

Kegiatan Penutup

·     Peserta didik dan guru mereviu hasil kegiatan pembelajaran.
·     Peserta didik ditugaskan membuat proyek dan produk dari kegiatan menanam pohon singkong dengan cara setek dan mencangkok serta divideokan untuk dikumpulkan 3 bulan kedepan
·     Peserta didik mengisi Kuis tentang Reproduksi tumbuhan secara aseksual dan seksual angiospermae dan gymnospermae





15 menit

F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.    Teknik penilaian
Teknik penilaian yang digunakan yaitu sebagai berikut.
No
Metode Penilaian / Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
1
Observasi
Lembar  pengamatan sikap dan rubrik
2
Tes Tulis
Pilihan Ganda/ Essai


2.    Instrumen penilaian
1.       Penilaian Sikap
NO
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Ket
Berdoa di awal/ akhir KBM
 Santun
Rasa Ingin
Tahu
Disiplin
Peduli
Lingkungan
















Kriteria Penilaian : 4 (Sangat Baik)    3 (Baik)    2 (Cukup)     1 (Kurang)
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor yang Diperoleh  x 4= Skor Akhir
Skor Tertinggi

2.       Penilaiansikap melalui Penilaian  Diri
Penilaian diri sesuai Bab 2
                       Nama :                                                                                                                         Kelas :
No
Pernyataan
Selalu
Sering
Kadang-kadang
Tidak Pernah
1.
Saya berdoa sebelum/ sesudah belajar




2.
Saya suka merawat hewan di sekitar rumah




3.
Saya tidak membuang sampah ke sungai/ kolam




4.
Saya tidak suka berburu hewan disekitar rumah




5.
Saya tidak suka merusak sarang burung  yang ada disekitar rumah/sekolah





INSTRUMEN
Penilaian teman pada Bab II
Nama Penilai  :
Nama Teman Yang dinilai :                                                                                                         Kelas  :
No.
Pernyataan
Selalu
Sering
Kadang-Kadang
Tidak Pernah
1.
Teman saya tidak pernah membuang sampah ke sungai




2.
Teman saya tidak pernah merusak sarang burung




3.
Teman saya merawat binatang peliharaannya




4.
Teman saya aktif berdiskusi




5.
Teman saya tidak menyalin pekerjaan orang lain




6
Teman saya memberikan solusi pada setiap masalah




7.
Teman saya membantu teman lain yang tidak mengetahui konsep





Penilaian teman secara umum
Nama Penilai                        :
Nama Teman Yang dinilai :                                                                                                         Kelas  :
No.
Pernyataan
Skala
1
2
3
4
1.
Teman saya berkata benar, apa adanya kepada orang lain




2.
Teman saya mengerjakan sendiri tugas-tugas sekolah




3.
Teman saya mentaati peraturan (tata-tertib) yang diterapkan




4.
Teman saya memperhatikan kebersihan diri sendiri




5.
Teman saya mengembalikan alat kebersihan, laboratorium yang sudah selesai dipakai ke tempat penyimpanan semula




6.
Teman saya menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan petunjuk guru




7.
Teman saya menyelesaikan tugas tepat waktu apabila diberikan tugas oleh guru




8.
Teman saya berusaha bertutur kata yang sopan kepada orang lain




9.
Teman saya berusaha bersikap ramah terhadap orang lain




                  Keterangan :  4 = Selalu       3 = Sering      2 = Jarang        1 = Sangat jarang

Penilaian Jurnal Guru
JURNAL
Nama Peserta Didik       : ………..…...........................................……..
Kelas                             : ...................................................................
Aspek yang diamati              : ………...............................................................………..
Hari, Tanggal
Kejadian
Tanggal










Penilaian Pengetahuan
Instrumen:
A. Pilihlah jawaban yang paling benar !
1.  Reproduksi yang memungkinkan hewan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari satu induk adalah reproduksi secara ....
A. generatif               B. vegetatatif              C. seksual               D. alami
2. Yang merupakan kelompok hewan yang melakukan  reproduksi  aseksual  adalah ....
A. Sapi, ayam, ular boa                                 C. Cicak, planaria, cacing
B. Semut, hydra, Planaria                             D. Ubur-ubur, hydra, planaria
3. Perhatikan gambar siklus hidup Ubur-ubur di bawah ini
M
 
Pada gambar yang ditunjuk tanda panah menunjukan terjadi proses ….
A.       Perkembangbiakan seksual
B.       Perkembangbiakan aseksual
C.       Pembelahan sel secara meiosis
D.       Pembentukan tunas






4.   Perhatikan gambar berikut

Kemampuan organisme tersebut dinamakan….
A.    Fragmentasi
B.    Regenerasi
C.    Tunas
D.    Partenogenesis



5.     Fungsi pemberian perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak memproduksi sperma adalah untuk ....
a.  meningkatkan jumlah serangga betina
b.  mengurangi jumlah populasi serangga
c.  menghasilkan spesies baru serangga
d.  mencegah serangga kawin
Kunci Jawaban :
1. B         2. B         3. A        4. B     5. B
Penskoran :
    Nilai Akhir = Jawaban benar x 2


Penilaian Keterampilan Diskusi
Instrumen
Nama Siswa
Pertanyaan
Pengungkapan
gagasan yang
orisinal
Kebenaran
konsep
Ketepatan
penggunaan
istilah
DLL

Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak





























3.    Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 
a.   Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1).   Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
·         JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka  dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching), terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka  dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
·         Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah remedial dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.

2). Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 2,67 dengan cara diberikan tugas mengkaji tentang Inseminasi Buatan atau mengerjakan soal-soal yang bersifat HOTS (High Order Thinking Skills) terkait dengan materi Reproduksi Pada Hewan

G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
- Foto-foto
-Tayangan Video
 2. Bahan
- LKS
 3. Sumber belajar
Buku IPA Terpadu Kelas IX dan sumber lainnya (Internet, buku literature)

Lampiran :
LEMBAR KEGIATAN  PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran   : IPA
Kelas/ Semester : IX/ Ganjil
Judul                      : REPRODUKSI ASEKSUAL dan SEKSUAL PADA                    
                                 TUMBUHAN ANGIOS DAN GYMNOS
A.    Materi
Reproduksi adalah kemampuan Makhluk hidup untuk menghasilkan individu baru demi kelestarian jenisnya, reproduksi terjadi secara seksual dan aseksual
a. Tumbuhan dan hewan dapat melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual.
b. Reproduksi seksual adalah reproduksi yang melibatkan sel kelamin (sel sperma dan sel telur) serta melalui proses fertilisasi (peleburan inti sel sperma dan inti sel telur) untuk membentuk zigot. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi individu baru. Reproduksi aseksual ialah reproduksi tanpa melalui proses fertilisasi. Reproduksi berlangsung dengan menggunakan potongan bagian tubuh tumbuhan yang selanjutnya dapat tumbuh menjadi individu baru.
c.  Reproduksi aseksual pada tumbuhan adalah perbanyakan tumbuhan tanpa melewati
     proses fertilisasi dan menggunakan bagian tubuh tumbuhan untuk menghasilkan tumbuhan baru. Reproduksi aseksual disebut juga reproduksi vegetatif.
d. Tumbuhan Angiospermae bereproduksi secara aseksual alami dengan menggunakan rizhoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, tunas adventif daun, dan tunas. Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel dan stek.
e.  Reproduksi seksual pada tumbuhan melibatkan sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan dari perkembangan benang sari dan sel telur yang dihasilkan pada putik. Reproduksi seksual pada tumbuhan diawali dengan peristiwa penyerbukan. Setelah proses penyerbukan dilanjutkan dengan pembuahan atau fertilisasi membentuk zigot.
f.  Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari atau polen ke kepala putik. Setelah peristiwa penyerbukan akan terjadi proses fertilisasi atau pembuahan yang membentuk zigot. Zigot akan berkembang menjadi embrio. Embrio akan berkembang menjadi biji.
g. Jenis penyerbukan berdasarkan perantaranya antara lain: anemogami, entomogami, ornitogami, kiropterogami, dan antropogami.
h.  Jenis penyebaran biji berdasarkan perantaranya antara lain: anemokori,hidrokori, zookori, dan antropokori.

Ayo, Kita Diskusikan

Cobalah lengkapi Tabel 2.1 tentang cara reproduksi aseksual tumbuhan yang kamu ketahui! Cari sebanyak mungkin tumbuhan yang dapat kamu tulis pada Tabel 2.1. Berdiskusilah dengan temanmu untuk menyelesaikan tugas ini!
Tabel 2.1 Cara Reproduksi Aseksual Tumbuhan
No.
Jenis Tumbuhan
Bagian Tumbuhan yang ditanam
Buatan
Alami
Daun
Batang
Akar
Umbi
1.
Singkong

ü


ü

2.
Cocor bebek






3.
Bawang  Merah






4.
Kunyit







Jawablah pertanyaan berikut!
1.   Tumbuhan apa sajakah yang dapat bereproduksi dengan bantuan manusia?
2.  Tumbuhan apa sajakah yang dapat bereproduksi tanpa bantuan manusia atau secara alami?
3.  Coba jelaskan mengapa bagian tumbuhan dapat digunakan untuk menghasilkan individu baru?
4.  Susunlah kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah kamu lakukan!




Tabel 2,2 Nama cara Berkembangbiak

No
Gambar Tumbuhan
Cara Berkembangbiak
Golongan tumbuhan
1



2








































Amati dan Lengkapi Bagian-bagian bunga
     

           Gambar A                                                          Gambar B
1.   Amatilah bagian-bagian bunga!
2.  Gambarlah bunga yang kamu amati beserta bagian-bagiannya!
3.  Berilah keterangan pada gambar tersebut!
4.  Bandingkan bunga yang kamu amati dengan Gambar B
5.  Apakah bunga yang kamu amati mempunyai bagian-bagian yang sama dengan
     gambar B ?
6. Jika telah selesai, presentasikanlah hasil pengamatanmu di depan kelas!
7. Berilah keterangan Gambar A pada tempat yang telah disediakan dengan istilah  
    yang tepat. Bagian jantan pada bunga disebut__________(1) terdiri atas _______
    (2) dan__________(3). Bagian betina dari bunga disebut__________(4), yang terdiri atas__________(5), __________(6), dan__________(7). Bagian yang
berwarna dan menarik disebut __________(8). Bagian bunga no 9 adalah _________, dan nomor 10 adalah _______.

Simpulan Kelompok :

No comments:

Post a Comment