RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
|
SMP Negeri 1 Subang
|
Mata pelajaran :
|
IPA
|
Kelas/Semester :
|
IX / Ganjil
|
Alokasi Waktu :
|
3 X 40 menit
|
A. Kompetensi Inti
|
B. Kompetensi Dasar
|
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.1 Mensyukuri keanekaragaman bentuk fisik ciptaan tuhan
1.1.2 Mematuhi aturan / hukum
yang telah digariskan oleh tuhan
yang maha esa agar lingkungan tetap lestari
|
2 Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan
peduli lingkungan) dan bekerja sama dalam aktivitas sehari-hari
2.2 Menghargai kerja individu dan
kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi dalam
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
2.3 Menunjukkan
perilaku bijaksana dan bertanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
2.4 Menunjukkan
penghargaan kepada orang dalam aktivitas sehari-hari
|
2.1.1 Memunculkan rasa ingin tahu dan dapat
menghargai
pendapat orang lain
|
3
Memahami dan
menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.2 Memahami reproduksi pada tumbuhan dan
hewan, sifat keturunan,
serta kelangsungan makhluk hidup
|
3.2.1. Menjelaskan reproduksi
aseksual pada tumbuhan.
3.2.2. Menjelaskan reproduksi
seksual pada tumbuhan.
3.2.3. Mengidentifikasi bagian
tumbuhan yang berperan dalam
proses reproduksi aseksual.
3.2.4. Menyebutkan macam
reproduksi aseksual pada tumbuhan.
3.2.5. Menjelaskan perbedaan
reproduksi seksual dan reproduksi aseksual pada tumbuhan.
3.2.6. Mengidentifikasi alat
reproduksi seksual pada tumbuhan.
3.2.7. Menjelaskan proses
penyerbukan.
3.2.8. Menyebutkan macam-macam
perantara penyerbukan.
3.2.9. Menjelaskan proses
pembuahan.
3.2.10.Menjelaskan proses
penyebaran biji.
|
4
Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
4.2
Menyajikan karya hasil perkembangbiakan padatumbuhan Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
4.2.1 Mengambar alat reproduksi seksual pada
tumbuhan.tidak sempurna
dan sempurna
4.2.2. Melakukan penanaman
singkong
denan cara setek 4.2.3. Melakukan percobaan
mencangkok pada tumbuhan
tinggi
|
D.
Materi Pembelajaran
1. Materi reguler
a. Tumbuhan dan hewan dapat
melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual.
b. Reproduksi seksual adalah
reproduksi yang melibatkan sel kelamin (sel sperma dan sel telur) serta
melalui proses fertilisasi (peleburan inti sel sperma dan inti sel telur)
untuk membentuk zigot. Zigot akan tumbuh dan berkembang menjadi individu
baru. Reproduksi aseksual ialah reproduksi tanpa melalui proses fertilisasi.
Reproduksi berlangsung dengan menggunakan potongan bagian tubuh tumbuhan yang
selanjutnya dapat tumbuh menjadi individu baru.
c.
Reproduksi aseksual pada tumbuhan adalah perbanyakan tumbuhan tanpa
melewati
proses fertilisasi dan menggunakan bagian tubuh tumbuhan untuk
menghasilkan tumbuhan baru. Reproduksi aseksual disebut juga reproduksi
vegetatif.
d. Tumbuhan Angiospermae bereproduksi secara aseksual alami dengan menggunakan
rizhoma, stolon, umbi lapis, umbi batang, tunas adventif daun, dan tunas.
Reproduksi aseksual buatan dapat dilakukan melalui cangkok, merunduk,
menyambung, menempel dan stek.
e. Reproduksi seksual pada tumbuhan melibatkan
sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan dari perkembangan benang sari
dan sel telur yang dihasilkan pada putik. Reproduksi seksual pada tumbuhan
diawali dengan peristiwa penyerbukan. Setelah proses penyerbukan dilanjutkan dengan
pembuahan atau fertilisasi membentuk zigot.
f. Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya
serbuk sari atau polen ke kepala putik. Setelah peristiwa penyerbukan akan
terjadi proses fertilisasi atau pembuahan yang membentuk zigot. Zigot akan berkembang
menjadi embrio. Embrio akan berkembang menjadi biji.
g. Jenis penyerbukan berdasarkan
perantaranya antara lain: anemogami, entomogami, ornitogami, kiropterogami,
dan antropogami.
h. Jenis penyebaran biji berdasarkan
perantaranya antara lain: anemokori,hidrokori, zookori, dan antropokori.
2. Materi remedial
a.
Reproduksi pada tumbuha secara aseksual.
b.
Reproduksi pada tumbuhan gymnospermae
3. Materi Pengayaan
a. Mencari informasi untuk perkembangbiakan
buatan cara okulasi, menyabung.
E. Kegiatan
Pembelajaran
1.
Pertemuan Ke 1
Langkah
Pembelajaran
|
Sintaks Model Discovery Learning
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Pendahuluan
|
|
- Menyiapkan peserta didik untuk
belajar.
Berdoa
sebelum memulai PBM
Guru
mengecek kehadiran
- Apersepsi
-
Menghubungkan materi yang akan
disampaikan sebelumnya tentang Reproduksi pada Manusia
- Motivasi
- Guru
menyampaikan kompetensi dasar yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
-
Setelah
diminta mengamati macam -macam gambar cara perkembangbiakan tumbuhan, video
perkembangbiakan buatan. bunga sepatu.
-
Peserta didik diminta mengungkapkan
hal-hal yang diketahuinya tentang gambar tersebut berkenaan dengan
kemampuan reproduksinya.
- Guru
menyampaikan manfaat materi pembelajaran
- Guru
membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
|
15 menit
|
Kegiatan Inti **)
|
Stimulation (Stimulasi/
Pemberian
rangsangan)
|
·
Peserta didik diberikan motivasi dengan tayangan
bermacam-macam hewan dan cara reproduksinya
·
Peserta didik mengamati tayangan
macam-macam gambar cara berkembangbiak tumbuhan secara seksual dan aseksual
serta secara alami dan buatan.
|
90 menit
|
|
Problem Statement (Pertanyaan/
Identifikasi masalah)
|
·
Guru memberikan kesempatan pada peserta
didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan
tayangan gambar.
·
Peserta didik diminta merumuskan satu
pertanyaan setelah berkaitan dengan tayangan di atas.
·
Peserta didik diminta untuk membuat
hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
|
|
Data Collection (Pengumpulan Data)
|
·
Peserta didik menggali
informasi dengan membaca buku sumber yang relevan untuk
mengidentifikasi kemampuan
reproduksi tumbuhan,
Dari
informasi yang diperoleh tentang reproduksi aseksual pada tumbuhan.
·
Peserta didik mengisi LKS 1 tentang Pengelompokkan aseksual
dan aseksual pada tumbuhan gymnospermae dan asngiospermae berdasarkan
kemampuan cara bereproduksinya
|
|
Data Processing (Pengolahan Data)
|
·
Dalam
kelompoknya peserta didik berdiskusi untuk mengolah informasi yang diperoleh dari hasil pengamatan
gambar dan bahan bacaan/literature, video tentang cara perkembangbiakan
tumbuhan angiospermae dan gymnospermae baik alami maupun buatan
·
Peserta
didik mengasosiasi
informasi yang diperoleh sehingga dapat menjawab pertanyaan di dalam LKS 2.
|
|
Verification (Pembuktian)
|
·
Peserta
didik mereview hasil kerjanya dengan berdiskusi di kelompoknya dihubungkan
dengan dengan konsep yang berhasil ditemukan dari buku sumber/literature
sehingga diperoleh kesimpulan
|
|
Generalization (Menarik kesimpulan)
|
·
Peserta didik mengkomunikasikan hasil kegiatan kelompoknya dalam diskusi
kelas dan direfleksi oleh seluruh anggota kelas sehingga didapatkan
kesimpulan akhir dan dapat merangkum hasil pembelajarannya.
|
|
Kegiatan Penutup
|
|
·
Peserta didik dan guru mereviu hasil
kegiatan pembelajaran.
·
Peserta didik ditugaskan membuat proyek
dan produk dari kegiatan menanam pohon singkong dengan cara setek dan
mencangkok serta divideokan untuk dikumpulkan 3 bulan kedepan
·
Peserta didik mengisi Kuis tentang
Reproduksi tumbuhan secara aseksual dan seksual angiospermae dan
gymnospermae
|
15 menit
|
F. Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik penilaian
Teknik penilaian
yang digunakan yaitu sebagai berikut.
No
|
Metode Penilaian / Teknik
Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
1
|
Observasi
|
Lembar pengamatan
sikap dan rubrik
|
2
|
Tes Tulis
|
Pilihan Ganda/ Essai
|
2. Instrumen penilaian
1. Penilaian Sikap
NO
|
Nama Siswa
|
Aspek
Perilaku yang
Dinilai
|
Ket
|
Berdoa di awal/ akhir KBM
|
Santun
|
Rasa Ingin
Tahu
|
Disiplin
|
Peduli
Lingkungan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria Penilaian : 4 (Sangat Baik) 3 (Baik) 2 (Cukup) 1 (Kurang)
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Skor
yang Diperoleh x 4= Skor Akhir
Skor Tertinggi
2.
Penilaiansikap melalui Penilaian
Diri
Penilaian diri sesuai Bab 2
Nama :
Kelas :
No
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-kadang
|
Tidak Pernah
|
1.
|
Saya berdoa sebelum/
sesudah belajar
|
|
|
|
|
2.
|
Saya suka merawat hewan di
sekitar rumah
|
|
|
|
|
3.
|
Saya tidak membuang sampah
ke sungai/ kolam
|
|
|
|
|
4.
|
Saya tidak suka berburu
hewan disekitar rumah
|
|
|
|
|
5.
|
Saya tidak suka merusak
sarang burung yang ada disekitar
rumah/sekolah
|
|
|
|
|
INSTRUMEN
Penilaian teman pada Bab II
Nama Penilai :
Nama Teman Yang dinilai :
Kelas :
No.
|
Pernyataan
|
Selalu
|
Sering
|
Kadang-Kadang
|
Tidak
Pernah
|
1.
|
Teman
saya tidak pernah membuang sampah ke sungai
|
|
|
|
|
2.
|
Teman
saya tidak pernah merusak sarang burung
|
|
|
|
|
3.
|
Teman
saya merawat binatang peliharaannya
|
|
|
|
|
4.
|
Teman
saya aktif berdiskusi
|
|
|
|
|
5.
|
Teman
saya tidak menyalin pekerjaan orang lain
|
|
|
|
|
6
|
Teman
saya memberikan solusi pada setiap masalah
|
|
|
|
|
7.
|
Teman
saya membantu teman lain yang tidak mengetahui konsep
|
|
|
|
|
Penilaian teman secara umum
Nama Penilai :
Nama Teman Yang dinilai :
Kelas :
No.
|
Pernyataan
|
Skala
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
|
Teman saya berkata
benar, apa adanya kepada orang lain
|
|
|
|
|
2.
|
Teman saya mengerjakan
sendiri tugas-tugas sekolah
|
|
|
|
|
3.
|
Teman saya mentaati
peraturan (tata-tertib) yang diterapkan
|
|
|
|
|
4.
|
Teman saya
memperhatikan kebersihan diri sendiri
|
|
|
|
|
5.
|
Teman saya
mengembalikan alat kebersihan, laboratorium yang sudah selesai dipakai ke
tempat penyimpanan semula
|
|
|
|
|
6.
|
Teman saya menyelesaikan
pekerjaan sesuai dengan petunjuk guru
|
|
|
|
|
7.
|
Teman saya
menyelesaikan tugas tepat waktu apabila diberikan tugas oleh guru
|
|
|
|
|
8.
|
Teman saya berusaha
bertutur kata yang sopan kepada orang lain
|
|
|
|
|
9.
|
Teman saya berusaha
bersikap ramah terhadap orang lain
|
|
|
|
|
Keterangan : 4 = Selalu 3 = Sering 2 = Jarang 1 = Sangat jarang
Penilaian
Jurnal Guru
JURNAL
Nama Peserta Didik : ………..…...........................................……..
Kelas :
...................................................................
Aspek yang diamati : ………...............................................................………..
Hari, Tanggal
|
Kejadian
|
Tanggal
|
|
|
|
|
|
|
Penilaian Pengetahuan
Instrumen:
A. Pilihlah jawaban yang paling
benar !
1. Reproduksi
yang memungkinkan hewan mewarisi semua karakteristik atau sifat hanya dari
satu induk adalah reproduksi secara ....
A. generatif B.
vegetatatif C.
seksual D. alami
2. Yang merupakan kelompok hewan
yang melakukan reproduksi aseksual adalah ....
A. Sapi, ayam, ular boa C. Cicak, planaria, cacing
B. Semut, hydra, Planaria D. Ubur-ubur, hydra, planaria
3. Perhatikan gambar siklus hidup
Ubur-ubur di bawah ini
Pada gambar yang ditunjuk tanda
panah menunjukan terjadi proses ….
A.
Perkembangbiakan
seksual
B.
Perkembangbiakan
aseksual
C.
Pembelahan sel secara meiosis
D.
Pembentukan tunas
4. Perhatikan
gambar berikut
Kemampuan
organisme tersebut dinamakan….
A. Fragmentasi
B. Regenerasi
C. Tunas
D. Partenogenesis
5. Fungsi pemberian perlakuan khusus pada serangga jantan agar tidak
memproduksi sperma adalah untuk ....
a. meningkatkan jumlah serangga betina
b. mengurangi jumlah populasi serangga
c. menghasilkan spesies baru serangga
d. mencegah serangga kawin
Kunci Jawaban :
1.
B 2. B 3. A 4. B 5. B
Penskoran :
Nilai Akhir = Jawaban benar x 2
Penilaian Keterampilan Diskusi
Instrumen
Nama Siswa
|
Pertanyaan
|
Pengungkapan
gagasan yang
orisinal
|
Kebenaran
konsep
|
Ketepatan
penggunaan
istilah
|
DLL
|
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1). Pembelajaran Remedial
Pembelajaran
remedial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
·
JIka terdapat
lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial
teaching), terhadap kelompok tersebut.
·
Jika terdapat
30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya
terhadap kelompok tersebut.
·
Jika terdapat
kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67; maka
diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah remedial
dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator
pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.
2). Pengayaan
Pengayaan
diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 2,67 dengan cara
diberikan tugas mengkaji tentang Inseminasi Buatan atau mengerjakan soal-soal
yang bersifat HOTS (High Order Thinking Skills) terkait dengan materi
Reproduksi Pada Hewan
G. Media/Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/Alat
- Foto-foto
-Tayangan Video
2. Bahan
- LKS
3. Sumber belajar
Buku IPA Terpadu
Kelas IX dan sumber lainnya (Internet, buku literature)
Lampiran :
LEMBAR
KEGIATAN PESERTA DIDIK
Mata Pelajaran : IPA
Kelas/ Semester : IX/
Ganjil
Judul : REPRODUKSI ASEKSUAL
dan SEKSUAL PADA
TUMBUHAN
ANGIOS DAN GYMNOS
A. Materi
Reproduksi adalah kemampuan
Makhluk hidup untuk menghasilkan individu baru demi kelestarian jenisnya, reproduksi
terjadi secara seksual dan aseksual
a.
Tumbuhan dan hewan dapat melakukan reproduksi secara seksual dan aseksual.
b.
Reproduksi seksual adalah reproduksi yang melibatkan sel kelamin (sel
sperma dan sel telur) serta melalui proses fertilisasi (peleburan inti sel
sperma dan inti sel telur) untuk membentuk zigot. Zigot akan tumbuh dan
berkembang menjadi individu baru. Reproduksi aseksual ialah reproduksi
tanpa melalui proses fertilisasi. Reproduksi berlangsung dengan menggunakan
potongan bagian tubuh tumbuhan yang selanjutnya dapat tumbuh menjadi
individu baru.
c. Reproduksi aseksual pada tumbuhan adalah
perbanyakan tumbuhan tanpa melewati
proses fertilisasi dan menggunakan
bagian tubuh tumbuhan untuk menghasilkan tumbuhan baru. Reproduksi aseksual
disebut juga reproduksi vegetatif.
d.
Tumbuhan Angiospermae bereproduksi
secara aseksual alami dengan menggunakan rizhoma, stolon, umbi lapis, umbi
batang, tunas adventif daun, dan tunas. Reproduksi aseksual buatan dapat
dilakukan melalui cangkok, merunduk, menyambung, menempel dan stek.
e. Reproduksi seksual pada tumbuhan
melibatkan sel kelamin berupa sel sperma yang dihasilkan dari perkembangan
benang sari dan sel telur yang dihasilkan pada putik. Reproduksi seksual
pada tumbuhan diawali dengan peristiwa penyerbukan. Setelah proses
penyerbukan dilanjutkan dengan pembuahan atau fertilisasi membentuk zigot.
f. Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya
serbuk sari atau polen ke kepala putik. Setelah peristiwa penyerbukan akan
terjadi proses fertilisasi atau pembuahan yang membentuk zigot. Zigot akan
berkembang menjadi embrio. Embrio akan berkembang menjadi biji.
g.
Jenis penyerbukan berdasarkan perantaranya antara lain: anemogami,
entomogami, ornitogami, kiropterogami, dan antropogami.
h. Jenis penyebaran biji berdasarkan
perantaranya antara lain: anemokori,hidrokori, zookori, dan antropokori.
Ayo, Kita Diskusikan
Cobalah
lengkapi Tabel 2.1 tentang cara reproduksi aseksual tumbuhan yang kamu
ketahui! Cari sebanyak mungkin tumbuhan yang dapat kamu tulis pada Tabel
2.1. Berdiskusilah dengan temanmu untuk menyelesaikan tugas ini!
Tabel 2.1 Cara Reproduksi Aseksual Tumbuhan
No.
|
Jenis Tumbuhan
|
Bagian Tumbuhan yang ditanam
|
Buatan
|
Alami
|
Daun
|
Batang
|
Akar
|
Umbi
|
1.
|
Singkong
|
|
ü
|
|
|
ü
|
|
2.
|
Cocor bebek
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Bawang Merah
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kunyit
|
|
|
|
|
|
|
Jawablah pertanyaan berikut!
1. Tumbuhan apa
sajakah yang dapat bereproduksi dengan bantuan manusia?
2. Tumbuhan apa
sajakah yang dapat bereproduksi tanpa bantuan manusia atau secara alami?
3. Coba jelaskan
mengapa bagian tumbuhan dapat digunakan untuk menghasilkan individu baru?
4. Susunlah
kesimpulan berdasarkan hasil diskusi yang telah kamu lakukan!
Tabel 2,2 Nama cara Berkembangbiak
No
|
Gambar Tumbuhan
|
Cara Berkembangbiak
|
Golongan tumbuhan
|
1
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Amati dan Lengkapi Bagian-bagian
bunga
Gambar A
Gambar B
1. Amatilah bagian-bagian bunga!
2. Gambarlah bunga
yang kamu amati beserta bagian-bagiannya!
3. Berilah
keterangan pada gambar tersebut!
4. Bandingkan bunga
yang kamu amati dengan Gambar B
5. Apakah bunga
yang kamu amati mempunyai bagian-bagian yang sama dengan
gambar B ?
6. Jika telah selesai, presentasikanlah hasil pengamatanmu
di depan kelas!
7.
Berilah keterangan Gambar A pada tempat yang telah disediakan dengan
istilah
yang tepat. Bagian jantan pada bunga
disebut__________(1) terdiri atas _______
(2) dan__________(3). Bagian betina
dari bunga disebut__________(4), yang terdiri atas__________(5),
__________(6), dan__________(7). Bagian yang
berwarna
dan menarik disebut __________(8). Bagian bunga no 9 adalah _________, dan
nomor 10 adalah _______.
|
Simpulan Kelompok :
|
|
No comments:
Post a Comment