RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah:
|
SMP NURULGINA ABIDIN
|
Mata pelajaran:
|
IX
|
Kelas/Semester:
|
Ganjil
|
Alokasi Waktu:
|
2 x 40 menit [
satu kali tatap muka]
|
A.
KI. 1.Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutny Kompetensi
KI. 2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 .Memahami danmenerapkanpengetahuan (faktual,
konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa
ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, Budaya kejadian yang
kasat mata
KI.4.
Mengolah, menyaji,
danmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar,
danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang
samadalamsudutpandang/teori
B. Kompetensi
Dasar
1.1.Mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama
|
C.
Indikator pencapaian kopetens
Menunjukkan sikap mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang partikel penyusun benda mati dan makhluk
hidup
|
2.1.Menunjukkan perilakuilmiah (memiliki rasa
ingintahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;hati-hati;
bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatifdanpedulilingkungan)
danbekerjasamadalamaktivitassehari-hari
i3.4.Mendeskripsikan atom danpartikelpenyusunnya, ion
danmolekul,
sertahubungannyadengankarakteristik material yang
digunakan
dalamkehidupansehari-hari
|
Mengidentifikasi
ikarakteristik bahan-bahan dalam kehidupan sehari- hari
|
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Materi reguler
Karakteristik
suatu bahan ditentukan oleh jenis unsur penyusunnya dan struktur
molekul-molekul yang menyusun bahan itu. Contoh yang baik untuk menjelaskan pengaruh
struktur molekul terhadap karakteristik suatu bahan adalah intan dan grafit
yang kedua materi ini tersusun atas atom-atom yang sama tetapi berbeda
ikatan. Perbedaan ikatan dan struktur molekul-molekul penyusunnya menyebabkan
materi itu mempunyai sifat-sifat yang berbeda.
2.
Materi Pengayaan
3.
Materi Remedial
Materi
remedial merupakan materi reguler. Materi ini diberikan kepada peserta didik
yang belum mencapai ketuntasan belajar. Materi yang diberikan disesuaikan
dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta didik pada
indikator-indikator pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan
strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya (reguler).
Prediksi materi remedial yang akan diberikan yaitu tentang perbedaan sampah
organik dan anorganik serta membeda logo penggunaan dari tiap jenis plastik
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
|
Langkah-langkah Model Discovery Learning
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
-
Menyiapkan peserta
didik untuk belajar.
-
Guru melakukan apersepsi, dengan
cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang Karakteristik
Benda Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan materi sebelumnya
- Guru menyampaikan kompetensi
yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
- Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
- Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
|
|
|
Kegiatan Inti
|
Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsangan)
|
Pemberian stimulus dengan cara mengamati gambar
Peserta didik mengamati gambar intan dan grafit ,
Peserta didik mengamati benda-benda yang terbuat
dari pelastik dengan melihat
logo-logo dibawahnya
|
|
|
Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
|
Peserta didik dapat
menanyakan perbedaan intan dan grafit
Peserta didik dapat menanyakan logo-logo
yang ada dibawah benda-benda yang berasal dari pelastik tersebut
|
|
|
Data collection (Pengumpulan data)
|
Peserta didik mengamati
gambar intan dan grafit serta dapat mengamati logo dari logo pelasti
dibawahnya
Peserta didik menanykan
kesulitan dalam pengamatan pada gambar yang disajikan
Peserta didik dapat
mengidentifikasi apa kegunaan dari intan
peserta didik dapat
menggunakan sumber yang relevan
Peserta didikdapat
membedakan dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari
Peserta didikdapat membedakan
mana sampah organik
|
|
|
Data processing (Pengolahan Data)
|
Peserta didik dapatmembedakan grafit dan intan serta
dapatmembedakan logo yang dipakai pada plastik
|
|
|
. Verification (Pembuktian)
|
Meriview hasil pengamatan
|
|
|
Generalization (menarik kesimpulan)
|
Menarik kesimpulan
Kesimpulan tentang perbedaan intan dan grafit serta
pelastik yang harus dipai dan yang hanya sekali pakai
|
|
Kegiatan penutup
|
|
- Peserta
didik dan guru mereviu hasil kegiatan pembelajaran.
- Peserta
didik ditugaskan untuk membaca materi
berikutnya.
|
|
F.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.
Teknik
penilaian
b.
Instrumen
penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
c.
Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
G.
Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
2.
Bahan
3.
Sumber Belajar
|
No comments:
Post a Comment