Sunday, October 11, 2015

RPP IPA kelas 9. 9


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Sekolah:
 SMP NURULGINA ABIDIN
Mata pelajaran:
IX
Kelas/Semester:
Ganjil
Alokasi Waktu:
2 x 40  menit [ satu kali tatap muka]

A.         KI. 1.Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutny Kompetensi
KI. 2.Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya  
KI.3 .Memahami danmenerapkanpengetahuan (faktual, konseptual, danprosedural) berdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, Budaya kejadian yang kasat mata
KI.4.
 Mengolah, menyaji, danmenalardalamranahkonkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, danmembuat) danranahabstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, danmengarang) sesuaidengan yang dipelajari di sekolahdansumber lain yang samadalamsudutpandang/teori






B. Kompetensi Dasar
1.1.Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama

C.     Indikator  pencapaian kopetens
 Menunjukkan sikap mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang partikel penyusun benda mati dan makhluk hidup
2.1.Menunjukkan perilakuilmiah (memiliki rasa ingintahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun;hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatifdanpedulilingkungan) danbekerjasamadalamaktivitassehari-hari
i3.4.Mendeskripsikan atom danpartikelpenyusunnya, ion danmolekul,
sertahubungannyadengankarakteristik material yang digunakan
dalamkehidupansehari-hari







Mengidentifikasi ikarakteristik bahan-bahan dalam kehidupan sehari- hari


D.       Materi Pembelajaran
1.       Materi reguler
Karakteristik suatu bahan ditentukan oleh jenis unsur penyusunnya dan struktur molekul-molekul yang menyusun bahan itu. Contoh yang baik untuk menjelaskan pengaruh struktur molekul terhadap karakteristik suatu bahan adalah intan dan grafit yang kedua materi ini tersusun atas atom-atom yang sama tetapi berbeda ikatan. Perbedaan ikatan dan struktur molekul-molekul penyusunnya menyebabkan materi itu mempunyai sifat-sifat yang berbeda.
2.       Materi Pengayaan
3.       Materi Remedial
Materi remedial merupakan materi reguler. Materi ini diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Materi yang diberikan disesuaikan dengan bagian materi yang belum dikuasai oleh peserta didik pada indikator-indikator pencapaian kompetensi tertentu dan guru dapat menggunakan strategi/metode yang berbeda dengan pembelajaran sebelumnya (reguler). Prediksi materi remedial yang akan diberikan yaitu tentang perbedaan sampah organik dan anorganik serta membeda logo penggunaan dari tiap jenis plastik

E.        Kegiatan Pembelajaran
Langkah Pembelajaran
Langkah-langkah Model Discovery Learning
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan

- Menyiapkan peserta didik untuk belajar.
- Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan disampaikan tentang Karakteristik Benda Dalam Kehidupan Sehari-hari dengan materi sebelumnya
- Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
- Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
- Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.

Kegiatan Inti
Stimulation (Stimulasi/Pemberian rangsangan)

Pemberian stimulus dengan cara  mengamati gambar
Peserta didik mengamati gambar intan dan grafit ,
Peserta didik mengamati benda-benda yang terbuat dari  pelastik dengan melihat logo-logo dibawahnya


Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
Peserta didik dapat menanyakan perbedaan intan dan grafit
Peserta didik dapat menanyakan logo-logo yang ada dibawah benda-benda yang berasal dari pelastik tersebut


Data collection (Pengumpulan data)
Peserta didik mengamati gambar intan dan grafit serta dapat mengamati logo dari logo pelasti dibawahnya

Peserta didik menanykan kesulitan dalam pengamatan pada gambar yang disajikan

Peserta didik dapat mengidentifikasi apa kegunaan dari intan

peserta didik dapat menggunakan sumber yang relevan

Peserta didikdapat membedakan dapat dipakai dalam kehidupan sehari-hari

Peserta didikdapat membedakan mana sampah organik


Data processing (Pengolahan Data)
Peserta didik dapatmembedakan grafit dan intan serta dapatmembedakan logo yang dipakai pada plastik


. Verification (Pembuktian)

Meriview hasil pengamatan



Generalization (menarik kesimpulan)

Menarik kesimpulan

Kesimpulan tentang perbedaan intan dan grafit serta pelastik yang harus dipai dan yang hanya sekali pakai

Kegiatan penutup

- Peserta didik dan guru mereviu hasil kegiatan pembelajaran.
- Peserta didik ditugaskan untuk membaca materi berikutnya. 



F.        Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.        Teknik penilaian
b.       Instrumen penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan seterusnya
c.        Pembelajaran Remedial dan Pengayaan 

G.       Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.     Media/Alat
2.     Bahan
3.     Sumber Belajar

No comments:

Post a Comment