RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI.2 Menghargai dan
menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi,
gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI.3 Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI.4 Mengolah,
menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan
sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
D.
Materi Pembelajaran
1.
Materi reguler
A.
Batre dari Buah
Batre dapat dibuat
dari buah dengan cara memasang lempeng seng dan lempeng besi pada kedua sisi
buah. Lempeng seng berperan sebagai kutub negatif sedangkan lempeng besi
berperan sebagai kutub positif sehingga terdaapat beda potensial. Beda
potensial inilah yang mendorong elektron – elektron untuk bergerak sehingga
timbul arus listrik.
B.
Rangkaian Terbuka dan Rangkaian Tertutup
Rangkaian listrik
adalah rangkaian alat-alat listrik yang terdiri dari sumber arus listrik,
saklar, lampu (atau alat listrik lain) dan penghantar (kabel).
Rangkaian terbuka
adalah rangkaian listrik ketika saklar pada posisi off, tidak ada arus listrik
yang mengalir.
Rangkaian tertutup
adalah rangkaian listrik pada saat saklar pada posisi on, arus listrik akan
mengalir.
C.
Arus Listrik
Arus listrik adalah
muatan listrik yang mengalir tiap satuan waktu. Arus listrik akan mengalir
bila ada beda potensial listrik. Arus listrik mengalir dari potensial tinggi
ke potensial rendah.
2.
Materi pengayaan
A.
Soal – soal tingkat tinggi tentang rumus arus listrik
B.
Rangkaian Listrik dalam kehidupan sehari-hari
3.
Materi remedial
A.
Rumus arus listrik
I
Dengan I = arus listrik
(A)
Q=muatan Listrik ( C
)
T= waktu ( s )
B.
Hubungan antara arus listrik, hambatan dan tegangan listrik
V = I . R
Dengan V = tegangan listrik ( volt )
I = arus listrik (
ampere)
R = hambatan listrik
( ohm )
E.
Kegiatan Pembelajaran
F.
Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik penilaian
· Penilaian sikap
observasi
· Penilaian pengetahuan
Tes tertulis
· Penilaian keterampilan
Tes unjuk kerja / praktik
2.
Instrumen penilaian
Pertemuan Pertama
· Instrumen Penilaian sikap
Lembar Observasi
Cara pengisian
lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor pada kolom-kolom sesuai
hasil pengamatan terhadap peserta didik selama kegiatan. Kriterianya yaitu:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
Keterangan :
Nilai = x 4
Skala nilai 1 - 4
· Instrumen Penilaian
pengetahuan
Soal Uraian :
1.
Pada sebuah percobaan
lempeng seng dan lempeng besi ditempelkan pada dua sisi buah jeruk yang
berbeda, kemudian lempeng seng dan lempeng besi dihubungkan dengan
amperemeter. Bila diamati, jarum amperemeter akan bergerak. Jelaskan mengapa
bisa terjadi hal tersebut !
2.
Pada sebuah penghantar
mengaliir muatan listrik sebesar 5 Coulomb dalam waktu 10 sekon. Hitunglah
arus listrik yang mengalir !
Kunci Jawaban :
Jarum
ampermeter bergerak berarti dalam rangkaian tersebut ada arus listrik yang
mengalir. Hal ini terjadi karena terdapat beda potensial antara lempeng seng
dan lempeng besi, air jeruk berperan
sebagai elektolit.
Keterangan :
Nilai = x 4
Skala nilai 1 – 4
· Penilaian keterampilan
Tes unjuk kerja /
praktik
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajara remedial dan
pengayaan dilaksanakan setelah melaksanakan ulangan harian
G.
Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
Alat – alat praktikum listrik yaitu :
·
Papan
rangkaian
·
Kabel
penghubung
·
Amperemeter
·
Voltmeter
·
Saklar
·
Lampu
Alat penunjang pembelajaran
·
LCD
Proyektor
·
Laptop
2.
Bahan
·
Batre dan
bahan – bahan lain sesuai LKS
3.
Sumber Belajar
·
Buku
siswa
·
Buku
guru
·
Internet
·
Lembar
kerja siswa
H.
Lampiran
LEMBAR KERJA
SISWA
Judul Percobaan:
Kuat arus dan Tegangan
Tujuan :
Menghitung
kuat arus dan tegangan pada rangkaian dengan menggunakan basicmeter
Alat dan Bahan:
1.
Voltmeter 4. Sakelar
2.
Ampermeter
5. Baterai 4 buah
3.
Lampu
Cara
Kerja :
1.
Buatlah rangkaian tertutup sederhana seperti gambar dengan
menggunakan 1 buah baterai
2.
Tutup sakelar, amati voltmeter dan ampermeter, catat hasil
pengukuran ke dua alat tersebut ke dalam table
3.
Ulangi langkah 2 dengan mengganti sumber tegangan dengan 2
baterai, 3 baterai dan 4 baterai
4.
Catat hasil pengukuran ke dua alat tersebut ke dalam table
5.
Buka sakelar
6.
Hitunglah hambatan lampu dengan membandingkan kolom beda
potensial (V) dan kolom kuat arus (I)
7.
Buatlah grafik hubungan V – I di buku kerjamu
Table
hasil pengamatan
Pertanyaan
dan Diskusi
Dari kegiatan
di atas, diskusikanlah hal-hal di bawah ini :
1.
Bagaimanakah hasil perbandingan beda potensial dengan kuat arus
listrik dalam tiap-tiap percobaan ?
2.
Bagaimanakah nyala lampu dalam tiap-tiap percobaan ?
3.
Bagaimanakah bentuk grafik V – I
4.
Apa kesimpulanmu setelah melakukan percobaan ?
|
Tuesday, October 13, 2015
RPP IPA kelas 9. 12
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment