RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah:
|
SMPN 1 Cisalak
|
Mata pelajaran:
|
IPA
|
Kelas/Semester:
|
IX/Ganjil
|
Alokasi Waktu:
|
2 x 40 menit (1 kali tatap muka)
|
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI 1.
|
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang
dianutnya
|
KI 2.
|
Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya
diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam
dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
KI 3.
|
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak
mata
|
KI 4.
|
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan
ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam
sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi
Dasar
1.1.
Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang
aspek fisik dan kimiawi, kehidupan dalam ekosistem, dan peranan manusia dalam
lingkungan serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama.
2.
2.1.
Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu;
objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab;
terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dan bekerja sama
dalam aktivitas sehari-hari.
3.
3.1.
3.2.
3.3.
3.4.
Mendeskripsikan
atom dan partikel penyusunnya, ion dan molekul, serta hubungannya dengan
karakteristik material yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Mendeskripsikan hasil identifikasi unsur berdasarkan uji
nyala
2.
Mengidentifikasi unsur melalui percobaan uji nyala
3.
Menyajikan hasil percobaan uji nyala api unsur
D.
Materi Pembelajaran
1)
Materi regular
Identifikasi Unsur
a. Salah satu penerapan konsep
identifikasi unsur yaitu pada pembakaran kembang api. Kembang api mengandung
senyawa-senyawa tertentu. Bila kembang api dibakar maka molekul-molekul yang
ada di dalam senyawa tersebut menyerap energi dan menyebabkan
elektron-elektron pada atomnya mengalami perpindahan antar kulit atom.
Perpindahan elektron dari kulit atom yang lebih rendah ke tinggi akan
menyerap energi sedangkan perpindahan elektron dari kulit yang lebih tinggi
ke rendah akan melepaskan energi. Energi yang dilepaskan tersebut akan
terlihat sebagai cahaya. Masing-masing atom mempunyai jarak antarkulit atom
yang berbeda sehingga energi yang diserap atau dilepaskan juga akan berbeda.
Perbedaan tersebut menyebabkan terjadinya warna-warna yang berbeda..
b. Warna khas yang dihasilkan oleh
unsur-unsur pada keadaan terbakar tersebut dapat digunakan untuk mengetahui
keberadaan suatu unsur dalam suatu materi secara kualitatif. Prinsip tersebut
digunakan oleh ilmuwan untuk mengidentifikasi kadar suatu unsur pada suatu
bahan. Bila membakar suatu senyawa dan menghasilkan warnawarna tertentu yang
menunjukkan bahwa dalam senyawa itu terdapat unsur tertentu disebut dengan
uji nyala, namun saja tidak semua unsur mempunyai warna yang khas oleh sebab
itu uji nyala ini hanya digunakan untuk mengetahui kandungan beberapa unsur.
2)
Materi pengayaan
Materi pengayaan mengenai sejarah penemuan uji identifkasi
oleh para ilmuwan terdahulu
3)
Materi remedial
Prediksi materi remedial yang perlu disampaikan yaitu
mengenai subtopik identifikasi unsur dikaitkan dengan subtopik konfigurasi
dan kestabilan elekteron.
E. Kegiatan
Pembelajaran
- Pertemuan ke-2 (2JP)
Kegiatan
|
Langkah-langkah Discovery
learning
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
|
-
Peserta didik disiapkan untuk belajar
-
Guru melakukan apersepsi, dengan cara menghubungkan materi yang akan
disampaikan tentang kelistrikan pada manusia dan hewan; dengan kelistrikan
pada benda-benda bermuatan yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya
(listrik statis).
-
Guru menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dan rencana kegiatan.
-
Guru menyampaikan manfaat materi pembelajaran
-
Guru membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
|
5 menit
|
Kegiatan Init
|
Stimulation (Stimulasi/
Pemberian
rangsangan)
|
Peserta didik diberi
motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topik Partikel Penyusun Benda Mati dan Makhluk Hidup sub topik
Identifikasi Unsur dengan cara mengajak peserta didik untuk mengamati
gambar dan animasi lampu neon yang berisi berbagai macam gas mulia, gambar
kembang api yang sedang menyala dengan cahaya yang berwarna warni serta
gambar perbedaan warna dari pembakaran unsur natrium, kalium dan litium.
|
5 menit
|
Problem statement (pernyataan/
identifikasi masalah)
|
-
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
berkaitan dengan Identifikasi Unsur melalui gambar yang ditayangkan.
-
Peserta didik mengidentifikasi sebanyak mungkin
masalah yang berkaitan dengan Identifikasi Unsur sampai peserta didik dapat
berpikir dan bertanya.
-
Peserta didik diberikan
kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dengan mencatat pertanyaan dalam
kertas kemudian mengemukakannya di depan kelas setelah mengamati tayangan
pada gambar.
-
Contoh pertanyaan yang
diharapkan dari peserta didik:
· Mengapa warna lampu neon tersebut berwarna-warni?
· Bagaimana kembang api
bias menghasilkan warna yang beragam?
· Mengapa unsur natrium, kalium dan litium ketika dibakar
menghasilkan warna yang berbeda-beda?
- Peserta
didik mengemukakan pertanyaan yang telah dirumuskan.
-
Peserta didik diminta untuk membuat hipotesis atau
jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan.
|
5 menit
|
Data collection (Pengumpulan Data)
|
-
Peserta didik mengumpulkan informasi yang
relevan untuk menjawab pertanyaan
yang pada kegiatan identifikasi masalah. Informasi ini diperoleh melalui kegiatan:
· membaca
literatur tentang Identifikasi Unsur.
· mengamati
gambar molekul, uji nyala api dll
-
membaca tabel tentang unsur-unsur penyusun tubuh
dll.
-
Peserta didik bersiap diri untuk melakukan kegiatan percobaan.
-
Peserta didik diberi LK percobaaan.
-
Peserta didik mengkaji LK dan mengecek alat serta bahan
yang diperlukan untuk keperluan percobaan
-
Peserta didik melakukan
percobaan mengenai Identifikasi Unsur Melalui Pembakaran (Uji nyala api).
-
Guru melakukan penilaian autentik
-
Dari percobaan tersebut
peserta didik memperoleh data identifikasi unsur melalui pembakaran (uji
nyala).
-
Peserta didik bertanya kepada Guru mengenai
hal-hal yang kurang jelas atau hal yang belum dimengerti.
|
20
|
Data Processing (Pengolahan Data)
|
-
Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi untuk
mengolah informasi yang diperoleh
dengan cara:
· mendiskusikan
hasil pengumpulan informasi dari hasil pengamatan gambar dan bahan bacaan
literatur tentang Identifikasi Unsur.
· memperhatikan
pertanyaan - pertanyaan pada lembar kegiatan, dan menjawab
pertanyaan-pertanyaan tersebut berdasarkan informasi yang diperoleh dari
bahan bacaan dan pengamatan gambar.
-
peserta
didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang
belum dimengerti.
-
Guru melakukan penilaian autentik
|
20
|
Verification (Pembuktian)
|
-
Peserta didik menggali informasi dari sumber yang
relevan atau bertanya kepada guru.
-
Peserta didik membuktikan benar atau tidaknya
hipotesis yang telah dirumuskan dengan cara:
· memeriksa
secara cermat rumusan hipotesis
· mencocokkan
rumusan hipotesis tentang Identifikasi Unsur dengan informasi yang berhasil
ditemukan atau bertanya kepada guru apakah sesuai atau tidak
· Peserta
didik bertanya kepada Guru mengenai hal-hal yang kurang jelas atau hal yang
belum dimengerti.
-
Guru melakukan penilaian autentik
|
10
|
Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
-
Peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan
informasi dan diskusi misalnya dengan cara:
· menyimpulkan
bahwa “Warna nyala kuning pada
pembakaran garam muncul karena adanya transisi (perpindahan) elektron dari
kulit yang lebih tinggi ke kulit yang lebih rendah. Begitu juga warna hijau
dari pembakaran NPK. Masing-masing unsur akan
menghasilkan warna yang berbeda ketika dilakukan pembakaran”.
-
Peserta didik
mengkomunikasikannya dalam bentuk laporan hasil percobaan serta
menyampaikan di depan kelas.
-
Pada tahap ini terjadi
diskusi antar peserta didik dan diberikan kesempatan untuk mengemukakan
pertanyaan atau hal-hal yang tidak dimengerti baik pada peserta didik yang
mempersentasikan ataupun pada guru.
-
Guru melakukan penilaian autentik
|
10 menit
|
Kegiatan Penutup
|
|
-
Peserta didik dan guru mereview hasil kegiatan pembelajaran.
-
Peserta didik ditugaskan membuat kliping tentang sejarah penemuan uji identifikasi unsur
dan
dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
-
Guru melakukan refleksi sekaligus penilain autentik berupa pemberian
kuis tentang Identifikasi Unsur
|
5menit
|
F. Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
penilaian
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Tes tulis
|
Pilihan ganda, uraian
|
Observasi terhadap
diskusi, Tanya jawab, dan percakapan
|
Format observasi
|
Penugasan
|
Pekerjaan rumah dan/atau tugas yang dikerjakan
secara individu atau kelompok sesuai dengan karakter tugas
|
2. Instrumen
penilaian
a.
Penilakian Kompetensi Sikap
1.
Lembar Pengamatan Sikap pada Kegiatan Praktikum dan Diskusi
No
|
Nama Siswa
|
Rasa ingin tahu
|
Jujur
|
Hati-hati
|
Kritis
|
Kerja sama
|
1
|
………………
|
|
|
|
|
|
2
|
………………
|
|
|
|
|
|
Cara pengisian lembar penilaian sikap adalah dengan memberikan skor
pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan terhadap peserta didik selama
kegiatan.
Kriterianya penilaian lembar observasi:
4 = sangat baik
3 = baik
2 = cukup
1 = kurang
2. Lembar penilaian diri
Penilaian Diri
Topik: ………………
Nama: ……………….
Kelas : ……………….
Bacalah
baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda (V) pada kolom yang sesuai
dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
No
|
Pernyataan
|
Sudah memahami
|
Belum memahami
|
1
|
Memahami molekul-molekul dan
atom penyusun benda mati dan tubuh makhluk hidup
|
|
|
2
|
Memahami atom dan
partikel-partikel penyusun atom
|
|
|
3
|
Memahami teori perkembangan atom
|
|
|
4
|
Memahami proton, neutron, dan
elektron.
|
|
|
5
|
Memahami proton, neutron, dalam
atom dengan nomor atom dan nomor massa
|
|
|
6
|
Memahami terbentuknya ion
|
|
|
7
|
Memahami pentingnya fungsi ion
dalam tubuh manusia
|
|
|
8
|
Memahami proses pembentukan
ikatan kovalen
|
|
|
9
|
Memahami hasil identifikasi
unsur berdasarkan uji nyala
|
|
|
10
|
Memahami karakteristik
bahan-bahan dalam kehidupan seharihari.
|
|
|
11
|
Memahami data hasil identifikasi
perbedaan zat dalam benda mati dan makhluk hidup secara sederhana.
|
|
|
12
|
Memahami unsur melalui percobaan
uji nyala
|
|
|
Skor:
Ya= 2
Tidak 1
Nilai peserta
didik dapat menggunakan rumus:
|
3. Penilaian antarpeserta didik
Instrumen:
Penilaian antar Peserta Didik
Topik/Subtopik: ……………… Nama
Teman yang dinilai: ……………….
Tanggal : ………………………… Nama
Penilaian: ………………………………
-
Amati perilaku temanmu dengan cermat selama mengikuti pembelajaran IPA
- Berikan tanda v pada kolom yang
disediakan berdasarkan hasil pengamatanmu.
-
Serahkan hasil pengamatanmu kepada gurumu
No
|
Perilaku
|
Dilakukan
|
1
|
Mau menerima pendapat
teman
|
Ya
|
Tidak
|
2
|
Memaksa teman untuk menerima pendapatnya
|
|
|
3
|
Memberi solusi terhadap pendapat yang bertentangan
|
|
|
4
|
Mau bekerja sama dengan semua teman
|
|
|
Pengolahan Penilaian:
1.
Perilaku/sikap pada instrumen di atas ada yang positif (no
1, 2, dan 4) dan ada yang negatif (no 2) Pemberian skor untuk perlaku
positif Ya = 2, Tidak = 1. Untuk yang negatif Ya = 1, Tidak = 2.
2.
Selanjutnya guru dapat membuat rekapitulasi hasil
penilaian menggunakan format berikut.
No
|
Nama
|
Skor Perilaku
|
Jumlah
|
Nilai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
……………………….
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Nilai peserta
didik dapat menggunakan rumus:
|
4. Jurnal
JURNAL
Nama Peserta Didik: …………………………………………………..
Kelas: ………………………………………………………………………….
Aspek yang: ………………………………………………………………..
No
|
Hari/Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan/Tindak Lanjut
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Kompetensi Pengetahuan
Soal Uraian:
Perhatikan gambar berikut ini!
Seorang siswa melakukan percobaan uji nyala unsur Natrium,
Kalium, Litium. Diperoleh gambar seperti diatas. Berdasarkan hasil
percobaan tersebut, identifikasi mengapa hal tersebut dapat terjadi?
Kunci Jawaban
Warna nyala kuning
pada pembakaran Natrium muncul karena adanya
transisi (perpindahan) elektron dari kulit yang lebih tinggi ke kulit yang
lebih rendah. Begitu juga warna birupada pembakaran Kalium, serta warna merah pada Litium. Masing-masing unsur
akan menghasilkan warna yang berbeda ketika dilakukan pembakaran”.
Rubrik Penilaian
Kata Kunci
|
Skor
|
Pembakaran/uji nyala
|
3
|
Transisi elektron
|
5
|
Warna khas
|
2
|
Skor Maksimal
|
10
|
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus:
|
c.
Penilain Diskusi
Nama Peserta Didik
|
Pernyataan
|
Jumlah
|
Pengungkapan gagasan yang orisinil
|
Kebenaran konsep
|
Ketepatan penggunaan istilah
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Tidak
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan diisi dengan ceklis (V)
Kriterianya penilaian lembar observasi:
Ya = jumlah skor 2
Tidak =jumlah skor 0
|
d.
Penilaian Tugas
TUGAS
Carilah informasi sebanyak-banyaknya di perpustakaan
atau internet tentang sejarah penemuan uji identifikasi unsur yang telah
dilakukan oleh para ilmuwan terdahulu! Identifikasi alat dan bahan apa saja
yang diperlukan! Informasi-informasi yang telah ditemukkan disusun menjadi
sebuah kliping yang menarik lengkap dengan laporan proyek. Kerjakan tugas
ini secara berkelompok. Masing-masing kelompok terdiri atas 4-5 siswa.
Kriterianya penilaian lembar
observasi:
Kriteria
|
Skor
|
Tugas dikumpulkan
tepat waktu dan sesuai konsep
|
100
|
Tugas tidak
terlambat 2 hari, sesuai konsep
|
90
|
Tugas dikumpulkan
tepat waktu, terdapat miskonsepsi
|
80
|
Tugas terlambat 2
hari, terdapat miskonsepsi
|
70
|
Tugas terlambat 4
hari, sesuai konsep
|
60
|
Tugas terlambat 4
hari, terdapat miskonsepsi
|
50
|
Tugas terlambat 6
hari, sesuai konsep
|
40
|
Tugas terlambat 6
hari, terdapat miskonsepsi
|
30
|
Tugas terlambat 8
hari, sesuai konsep
|
20
|
Tugas terlambat 8
hari, terdapat miskonsepsi
|
10
|
Tidak mengumpulkan
tugas
|
0
|
|
c.
Penilaian Kompetensi Keterampilan
Instrumen
Lembar pengamatan
Topik: ………………………………
Kelas: ………………………………
No
|
Nama
|
Persiapan Percobaan
|
Pelaksanaan Percobaan
|
Kegiatan Akhir Percobaan
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rubrik
No
|
Keterampilan yang dinilai
|
Skor
|
Rubrik
|
1
|
Persiapan Percobaan
|
30
|
- Menyediakan alat dan bahan secara
lengkap sesuai dengan keperluan percobaan
- Menggunakan jas laboratorium
- Pretes jurnal awal percobaan
|
20
|
Ada 2 aspek yang terpenuhi
|
10
|
Ada 1 aspek yang terpenuhi
|
2
|
Pelaksanaan Percobaan
|
30
|
- Menyiapkan kawat tembaga 10 cm
yang telah dijepit salah satu ujungnya dengan pinset sesuai dengan aturan
dalam LK
- Menyentuhkan ujung kawat yang
lain pada garam dan pupuk NPK
- Membakar ujung kawat yang telah
disentuhkan pada garam dan pupuk NPK pada pembakar spirtus yang memiliki
nyala biru.
|
20
|
Ada 2 aspek yang terpenuhi
|
10
|
Ada 1 aspek yang terpenuhi
|
3
|
Kegiatan akhir Percobaan
|
30
|
- Membersihkan meja praktikum
- Mengembalikan alat ke tempat
semula
- Membuang sampah pada tempatnya
|
20
|
- Ada 2 aspek yang tersedia
|
10
|
- Ada 1 aspek yang tersedia
|
|
3.
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Pembelajaran Remedial
Pembelajaran remedial
dilakukan segera setelah kegiatan penilaian.
·
JIka terdapat lebih dari 50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah
2,67; maka dilaksanakan pembelajaran remedial (remedial teaching),
terhadap kelompok tersebut.
·
Jika terdapat 30%-50% peserta didik yang mendapat nilai di bawah 2,67;
maka dilaksanakan penugasan dan tutor sebaya terhadap kelompok tersebut.
·
Jika terdapat kurang dari 30% peserta didik yang mendapat nilai di bawah
2,67; maka diberikan tugas terhadap kelompok tersebut.
Setelah remedial
dilaksanakan kemudian dilaksanakan tes ulang pada indikator-indikator
pembelajaran yang belum tercapai oleh masing-masing peserta didik.
Pengayaan
Pengayaan diberikan kepada peserta didik yang mendapat nilai di atas 2,67
dengan cara diberikan tugas membuat kliping tentang sejarah penemuan
identifikasi unsur oleh para ilmuwan terdahulu.
G. Media/alat,
Bahan, dan Sumber Belajar
1.
Media/Alat
- Video kembang api
- Video uji yala
- Gambar lampu neon berbagai warna
2.
Bahan
- Lembar kerja
3. Sumber Belajar
Buku IPA
Terpadu Kelas IX dan sumber lainnya (Internet, buku literatur)
|
No comments:
Post a Comment